9 Cara Jitu Menghadapi Sidang Skripsi dengan Tenang

Ilustrasi menghadapi sidang skripsi

Bagi Anda yang kini sudah bergelar sarjana, pasti pernah merasakan tegangnya menjalani sidang skripsi. Rasa tegang dan gugup ini bahkan mampu membuat apa yang sudah dipersiapkan buyar saat berada di depan dosen penguji.

Nah, buat Anda yang akan menghadapi sidang skripsi tak perlu ikut tegang. Jangan sampai Anda harus mengulang sidang skripsi. Atau nilai sidang skripsi Anda jeblok.

Karena ada kok caranya agar sidang skripsi bisa berjalan lancar dan penuh ketenangan. Cara ini akan membuat Anda siap lahir batin demi melakoni tahapan pamungkas untuk menambahkan titel sarjana di belakang nama.

Nah, berikut ini 9 cara agar bisa menjalani sidang skripsi dengan tenang.  

1. Pahami betul materi skripsi

Ini menjadi poin utama agar Anda bisa tenang menjalani sidang skripsi. Karena, laiknya sebuah sidang, Anda pasti akan menerima banyak pertanyaan dari dosen penguji.

Nah, untuk bisa menjawab dengan baik tentu Anda harus memahami dengan baik materi skripsi Anda.

Tentu saja Anda tidak perlu menghapal kalimat per kalimat dari isi skripsi. Cukup pahami poin-poin penting dari skripsi. Dari mulai latar belakang hingga kesimpuan akhir.

Loading...

Untuk membantu agar tidak lupa saat berada di depan dosen penguji, ada baiknya Anda membuat sebuah catatan kecil tentang poin-poin penting dalam skripsi Anda. Sehingga Anda bisa lebih yakin saat sudah berada di depan para penguji.

2. Konsultasi dengan dosen pembimbing

Jangan cepat puas soal pemahaman isi skripsi. Telaah apakah masih ada isi skripsi yang sulit dipahami. Kalau Anda sendiri tidak bisa memahami, orang lain pun bisa lebih sulit lagi melakukannya.

Segera konsultasikan masalah yang muncul dengan dosen pembimbing. Diskusikan secara mendalam tentang masalah tersebut, hingga menemukan solusi. Sampai Anda benar-benar yakin bahwa tak ada lagi hal yang bisa membuat orang lain kebingungan.

Bahkan, Anda juga bisa memposisikan dosen pembimbing sebagai dosen penguji. Biarkan dia menyampaikan pertanyaan-pertanyaan soal materi skripsi Anda. Sehingga Anda bakal punya bayangan mengenai pertanyaan yang akan diajukan para dosen penguji.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

3. Tidur cukup pada malam sebelum sidang skripsi

Jangan pernah tidur larut saat menghadapi sidang skripsi. Hal ini harus Anda patuhi dengan kedisiplinan tinggi. Kalau Anda memang tak ingin sidang skripsi jadi berantakan.

Karena kurang tidur akan membuat Anda sulit fokus. Tak hanya fokus dalam melakukan presentasi, tapi juga  Anda bisa gagal fokus saat menjawab pertanyaan para dosen penguji.

Selain itu, tidur larut juga akan membuat kondisi tubuh tidak fit. Cenderung lemas. Padahal Anda dituntut alam keadaan bugar 100 persen ketika berada di depan dosen penguji bukan?

Karena itu, pastikan Anda punya waktu tidur yang cukup. Sehingga Anda bisa bangun lebih pagi untuk siap menjalankan sidang penentuan ini.

Baca juga: 7 Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

4. Wajib sarapan

Satu hal yang juga harus Anda lakukan pada hari H adalah mengisi perut di pagi hari. Ya, sarapan merupakan hal penting yang mutlak Anda lakukan jelang sidang skripsi.

Anda tentu tidak mau perut Anda berbunyi saat berada di depan dosen penguji bukan? Malu rasanya jika sampai hal tersebut terjadi. Selain itu, saat perut kosong Anda pasti akan kesulitan berkonsentrasi.

Karena itu, Anda wajib sarapan sebelum menjalani sidang skripsi. Secukupnya saja. Jangan berlebihan juga. Akan lebih baik jika sarapan dengan mengonsumsi karbohidrat dan protein yang sesuai kebutuhan.

Saat perut sudah terisi, pikiran Anda jauh bisa lebih berkonsentrasi. Sehingga Anda pun bisa lebih tenang, tak banyak memikirkan perut yang keroncongan.

5. Latihan berbicara di depan teman

Latihan berbicara di depan teman

Untuk bisa menghadapi sidang skripsi dengan tenang, Anda bisa saja melakukan latihan public speaking. Setidaknya, latihan ini bisa membantu Anda dalam menyampaikan materi yang lebih mudah dipahami oleh para dosen penguji.

Bagaimana cara latihannya? Anda bisa mengawali dengan berlatih di depan cermin. Tentu saja sekaligus dengan materi yang akan Anda presentasikan.

Langkah kedua, Anda bisa minta tolong teman-teman untuk menilai cara Anda berbicara di depan banyak orang. Minta mereka mencari kekurangan dari gaya Anda saat menyampaikan materi skripsi.

Dengan demikian Anda bakal lebih percaya diri untuk menjalani sidang. Apalagi jika ditambah dengan pemahaman yang mendalam soal isi dari skripsi Anda.

6. Datang lebih awal dari jadwal

Selain mutlak sarapan di hari H, sebaiknya Anda juga tiba di lokasi lebih awal. Jangan pas-pasan, apalagi telat. Ketika Anda telat, yang ada dalam pikiran pasti kepanikan.

Agar bisa tenang menjalani sidang skripsi, datanglah lebih awal. Misalkan, jadwal sidang Anda adalah pukul 9 pagi, maka pastikan Anda sudah ada di kampus setidaknya 30 menit sebelumnya.

Dengan tiba lebih awal, Anda sudah membantu diri sendiri untuk lebih tenang saat menghadapi sidang skripsi. Anda pun akan lebih siap untuk melakukan presentasi dengan sangat baik.

7. Cek semua peralatan

Nah, dengan datang jauh lebih awal dari jadwal, Anda jadi punya waktu untuk melakukan pengecekan dari peralatan yang akan digunakan. Mulai dari laptop, file skripsi Anda, hingga proyektor yang akan menayangkan presentasi Anda.

Pastikan semuanya tidak mengalami masalah. Koneksi dari laptop ke proyektor pun lancar tanpa kendala. Termasuk juga handout yang mungkin Anda siapkan untuk diberikan kepada para penguji.

Saat ada masalah pun, Anda setidaknya masih punya waktu untuk menyelesaikannya. Syukur kalau memang semua peralatan sudah siap untuk menemani Anda ‘bertempur’ di depan para dosen penguji.

8. Selalu jaga kesehatan

Ketika Anda sudah mendapat jadwal sidang skripsi, Anda pasti akan bekerja keras untuk membereskan semua hal yang terkait langsung. Anda boleh sibuk, tapi jangan sampai pola makan dan istirahat menjadi berantakan.

Tetap jaga kondisi badan. Kalau perlu makan multivitamin yang bisa membantu kondisi badan selalu bugar. Satu hal yang pasti, menjelang sidang skripsi jangan terlalu memforsir tubuh hingga batas maksimal.

Banyak mengonsumi air putih menjadi salah satu cara termurah untuk menjaga kondisi badan. Selain tentu saja mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Plus istirahat yang cukup.

Baca juga: 9 Kiat Teruji Menjadi Mahasiswa Berprestasi

9. Berdoa dan izin kepada orang tua

Tak ada sukses seorang anak tanpa ada doa dari orang tua di belakangnya. Jadi pastikan Anda pamit untuk menjalani sidang skripsi kepada kedua orang tua. Terutama kepada ibu.

Minta kepada mereka untuk mendoakan Anda bisa lancar dalam menjalani sidang skripsi. Karena doa orang tua untuk anaknya adalah doa yang selalu dikabulkan oleh Tuhan.

Tentu saja, Anda pun tetap berdoa untuk diri Anda sendiri. Karena, sebagai manusia Anda wajib untuk berusaha. Hasil akhir tetap Tuhan yang menentukan.

Penutup

Untuk bisa menghadapi sidang skripsi dengan tenang bisa jadi mudah, bisa juga sulit. Tergantung dari pikiran mana yang Anda pilih. Mau positif atau negatif.

Selalu berpikir positif akan membantu Anda dalam menjalankan sidang skripsi. Yakinlah, bahwa setiap kerja keras dan upaya yang dilakukan pasti akan berbuah manis pada akhirnya nanti.

Loading...

Artikel Terkait