9 Cara Menghadapi Orang yang Pintar Bicara dan Sok Tahu

Ilustrasi menghadapi orang yang pintar bicara

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita akan menghadapi berbagai macam kepribadian maupun karakter yang berbeda dari setiap orang. Ada orang pendiam, sombong, keras kepala, supel, berjiwa pemimpin, ringan tangan, pintar bahkan ada juga yang pura-pura pintar.

Sayangnya, dua karakter terakhir ini agar sulit dibedakan, mana orang yang benar-benar pintar serta mana orang yang hanya pintar bicara dan parahnya, sok tahu.

Ada hal mendasar yang menjadi perbedaan orang pintar dan orang sok tahu yang pintar bicara. Orang pintar dapat menyampaikan suatu hal yang rumit dengan bahasa yang lebih sederhana agar mudah dimengerti. Namun sebaliknya, orang sok tahu yang pintar bicara malah suka menggunakan bahasa yang rumit agar lawan bicara bingung sehingga menjadi terkesan.

Lantas apa yang mesti Anda lakukan? Berikut ini beberapa cara menghadapi orang yang pintar bicara agar tidak terlalu makan hati.

1. Dengarkan dengan Baik

Jika lawan bicara Anda tergolong orang yang pintar bicara maka dengarkan saja dan beri sedikit perhatian. Pada dasarnya orang berkarakter seperti ini memang membutuhkan perhatian dari orang lain.

Mungkin saja di lingkungan tempat tinggalnya, baik keluarga atau dalam kehidupan rumah tangga, mereka adalah individu yang kurang mendapat atensi. Sehingga mereka membutuhkan perhatian dari orang luar atau orang asing.

Hanya saja dengan kombinasi pintar bicara dan sok tahu, maka jangan terlalu menganggap serius apa yang mereka bicarakan. Pilah lagi informasi mana yang Anda terima. Saring mana yang benar-benar fakta dan mana yang bualan belaka. Hal yang perlu digarisbawahi adalah jangan terlalu dianggap serius.

Loading...

2. Jangan Memotong Pembicaraan

Selain mendengarkan, cara menghadapi orang yang pintar bicara selanjutnya yang perlu diterapkan adalah jangan memotong pembicaraan mereka. Biarkan saja cerita mereka mengalir dan perhatikan setiap kata yang keluar dari mulut mereka.

Ada baiknya untuk berusaha mengerti apa yang mereka bicarakan karena terkadang selain butuh perhatian, orang jenis ini juga sebenarnya memiliki krisis percaya diri. Ketika Anda mendengarkan mereka berbicara, mungkin untuk beberapa kasus, Anda termasuk ke dalam golongan yang membantu meningkatkan krisis kepercayaan diri mereka.

3. Jangan Dilawan dengan Emosi

Untuk menghadapi tipe orang seperti ini tetap tenang say… jangan dilawan! Melawan di sini maksudnya adalah adu argumen yang disertai emosi.

Ketika Anda sudah mendengarkan dengan baik dan merasa ada info yang kurang pas, jangan serta merta dilawan. Karena dengan melawan orang yang pintar bicara dan sok tahu tanpa data akurat dan emosi tinggi, malah dapat membuat Anda kalah dalam adu pendapat.

Terlebih jika Anda bukan tipe orang yang lancar public speaking atau pakar debat. Selain membuat sakit hati, adu argumen dengan orang yang pintar bicara dan sok tahu hanya akan membuat energi Anda terbuang percuma.

Baca juga:

4. Cari Kelemahan pada Ucapannya

Strategi atau cara menghadapi orang yang pintar bicara selanjutnya adalah perhatikan dengan baik kelemahan yang ada di dalam perkataannya. Hal ini bisa berupa fakta yang tidak tepat.

Hanya saja untuk menemukan kelemahan lawan bicara, Anda sendiri juga perlu membekali diri dengan wawasan yang luas.

Oleh sebab itu, ada baiknya di dalam kehidupan sehari-hari Anda meluangkan waktu untuk memperluas pengetahuan umum dengan membaca atau mendengarkan berita. Bisa pula dengan memperluas pergaulan sosial dengan berbagai macam orang yang memiliki latar belakang berbeda.

5. Ajukan Pertanyaan Jebakan

Alih-alih menegur kesalahan perkataan mereka secara langsung, Anda dapat mengajukan pertanyaan jebakan. Pertanyaan tersebut merupakan umpan untuk menggiring pembicaraan ke dalam pembahasan yang Anda kuasai dengan baik.

Dengan begitu pada chapter selanjutnya, Andalah yang akan memimpin ke mana arah obrolan ini akan berlanjut. Tampak asyik, kan?

6. Lawan Argumen dengan Fakta

Ilustrasi berbicara dengan fakta

Setelah Anda berhasil menemukan kelemahan pada ucapan orang yang banyak omong dan juga sukses mengajukan pertanyaan jebakan, maka langkah selanjutnya adalah melawan argumen mereka dengan fakta yang Anda ketahui.

Ingat ya, fakta bukan hanya katanya ini atau katanya itu. Jika fakta yang Anda keluarkan memiliki dasar yang kuat, niscaya itu akan menutup mulut orang sok tahu yang tidak berhenti terbuka tersebut.

Mereka boleh saja melakukan berbagai cara agar kata yang keluar adalah benar, namun orang yang memang benar-benar jujur dan benar akan keluar sebagai pemenang. Untuk itu, kembali ke poin sebelumnya, untuk mengetahui berbagai macam fakta, perdalam wawasan Anda tentang berbagai hal.

Baca juga: Cara Membangun Kebiasaan Membaca Buku dengan Mudah dan Mengasyikkan

7. Pura-pura Mengerti

Orang yang pintar bicara terkadang akan sering mengeluarkan istilah-istilah rumit yang tidak umum agar lawan bicara tidak memiliki kesempatan untuk menanggapi.

Nah, jika Anda memang sedang berada di posisi yang tidak mengerti ke mana arah pembicaraan ini dan tidak memiliki data untuk melawan, maka ada baiknya hindari mengajukan pertanyaan yang terlalu mendetail. Pertanyaan Anda malah akan membuat topik baru yang tidak akan ada ujungnya.

Tentunya Anda tidak mau kan semakin tersesat di dalam labirin obrolan yang rumit, kan? Kalau tidak ingin makin pusing, ada baiknya untuk pura-pura mengerti saja.

Pura-pura yang ini tidak berdosa kok, bahkan gratis. Ini juga jalan keluar yang baik untuk menyelamatkan waktu berharga Anda dari obrolan yang tidak bermanfaat. Tidak perlu memenangkan perdebatan, menyelesaikan pembicaraan dengan pura-pura mengerti dapat menyelamatkan kehidupan Anda ke arah yang lebih baik.

8. Abaikan

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak mau repot, sibuk, dan tidak punya banyak waktu untuk remeh temeh, cara menghadapi orang yang pintar bicara paling efektif adalah mengabaikan mereka.

Mengabaikan adalah salah satu tingkatan paling tinggi untuk menganggap orang seperti ini tidak ada atau bahkan tidak penting keberadaannya. Karena jika Anda menanggapi mereka, maka orang yang pintar bicara dan sok tahu akan semakin menjadi-jadi.

Alih-alih menunjukkan kehebatan, sebenarnya orang dengan karakter ini malah mempertontonkan kebodohan mereka sendiri. Jadi agar tidak tertular, sebaiknya dihindari saja.

Baca juga:

9. Stop Memuji

Selain menanggapi perkataan mereka, hal yang membuat kepala orang sok tahu yang banyak bicara menjadi besar adalah dengan memberikan mereka pujian. Tujuan utama mereka melakukan ini adalah tentu saja untuk mendapat perhatian dan pujian dari orang-orang di sekitarnya.

Sudah pasti dengan memuji mereka seperti halnya menyiramkan bensin ke dalam api. Mereka pasti akan semakin berapi-api juga untuk berbicara setinggi langit dan bahkan membual.

Jika memang hendak memuji, jangan berikan pujian setinggi langit. Cukup ucapkan pujian kecil yang sedikit remeh hanya untuk berbasa-basi. Hal ini ditujukan agar mereka tidak terlalu bangga dengan dirinya.

Penutup

Itulah tadi 9 cara menghadapi orang yang pintar bicara untuk Anda coba ketika terlibat dengan orang bersifat demikian. Perlu diingat bahwa apa yang dikatakan orang pintar bicara dan sok tahu itu tidak semua salah, tapi ada juga yang benar meskipun hanya sedikit.

Jadi solusinya, pintar-pintarlah menyaring info dan perluas juga wawasan Anda sendiri. Semoga bermanfaat!

Loading...

Artikel Terkait