9 Cara Agar Fokus Belajar di Rumah Bagi Mahasiswa

Ilustrasi cara agar fokus belajar

Masa-masa akhir semester menjadi masa yang menegangkan bagi para mahasiswa. Saat itulah akan ditentukan seberapa paham mereka terhadap mata kuliah yang telah dipelajari dalam satu semester terakhir. Kurang paham dan nilainya buruk, maka harus mengulang di semester berikutnya.

Tak sedikit dari para mahasiswa ini yang masih menerapkan sistem SKS alias sistem kebut semalam. Belajar hanya dilakukan satu malam sebelum ujian. Kalau bisa fokus mungkin tidak masalah, tapi bagaimana kalau gagal fokus?

Untuk menghadapi situasi seperti itu, Anda dituntut tahu cara agar fokus belajar. Jadi, meski sistem kejar tayang, materi yang akan diuji esok hari masih dapat dipahami. Sehingga nilai ujian pun bisa mencukupi. Simak cara-caranya di bawah ini ya.

1. Tata Kamar dan Meja Belajar dengan Baik

Cara agar fokus belajar yang pertama adalah membuat nyaman ruangan yang menjadi tempat belajar. Dalam hal ini tentu kamar pribadi Anda.

Kamar yang bersih dan nyaman akan membuat suasana pikiran pun menjadi tenang. Sehingga Anda pun bisa belajar secara fokus. Tak diganggu dengan pandangan semrawut dari barang-barang yang berantakan di dalam kamar.

Karena, ketika kamar dalam kondisi sumpek dan berantakan otomatis fokus Anda akan terpecah belah. Antara ingin belajar dan membereskan kamar.

Loading...

Jangan lupa untuk menata meja belajar serapi dan senyaman mungkin. Siapkan buku atau materi yang akan dipelajari di atas meja belajar. Pastikan semua bahan kuliah tersebut mudah ditemukan saat Anda membutuhkannya.

2. Jauhkan Gadget dari Jangkauan dan Pandangan

Satu benda yang wajib dan kudu dijauhkan selama proses belajar adalah gadget atau smartphone Anda. Pasang status ‘busy’ di media sosial dan aplikasi chat Anda. Jangan lupa untuk mengatur nada dering menjadi silence.

Selanjutnya, simpan smartphone Anda di tempat yang tidak terlihat atau tidak terjangkau oleh tangan. Sehingga Anda tidak akan tergoda untuk membuka dan melihat-lihat smartphone Anda di tengah mempelajari mata kuliah.

Anda bisa menaruhnya di meja di ruang tv atau dimasukkan ke dalam tas yang diletakkan jauh di belakang meja belajar.

Jangan dimasukkan ke dalam laci di meja belajar. Karena ini akan membuat Anda tergoda untuk mengambilnya yang berujung buyarnya fokus dalam belajar.

3. Jangan Biarkan Perut Kosong

Cara agar fokus belajar yang tak kalah penting adalah jangan belajar dalam kondisi perut kosong. Kenapa?

Karena dipastikan Anda tidak akan pernah bisa fokus untuk belajar. Bunyi perut yang kosong karena kondisi lapar akan menjadi gangguan yang membuat Anda sulit belajar dengan baik.

Karena itu, pastikan perut sudah cukup terisi sebelum belajar. Jangan terlalu kenyang juga ya. Karena, ketika perut dalam kondisi kenyang maka orang akan cenderung mengantuk.

Jika hal ini yang terjadi maka Anda dipastikan akan gagal dalam belajar. Karena, mengantuk akan membuat Anda tidak bisa fokus.

Boleh membawa cemilan sambil belajar, tapi secukupnya saja. Agar Anda bisa tetap fokus ke mata kuliah dibanding ke isi cemilan yang  sudah habis.

4. Cukup Tidur dan Istirahat

Atur waktu belajar

Sudah jadi kebiasaan banyak mahasiswa atau pelajar ketika belajar di rumah pasti akan cenderung cepat mengantuk. Tapi, ketika memelototi film di televisi bisa betah hingga berjam-jam tanpa merasa ngantuk.

Maklum, belajar butuh energi dan pikiran yang jauh lebih besar dibanding menonton televisi. Ketika energi sudah mulai berkurang, tubuh pun meresponsnya dengan memunculkan rasa ngantuk. Itu menjadi pertanda tubuh Anda harus beristirahat.

Untuk bisa fokus saat belajar, Anda memang harus bisa berada dalam kondisi bugar. Jadi, pastikan Anda memiliki waktu istirahat dan tidur yang cukup. Baik sebelum belajar maupun ketika akan menghadapi ujian.

Jangan gara-gara mengejar materi yang kurang paham, Anda malah kelelahan dan tidak bisa fokus saat ujian.

5. Atur dan Tentukan Batas Waktu Belajar

Sesuatu yang berlebihan tidaklah bagus. Termasuk juga waktu belajar. Memaksakan diri belajar dalam waktu lama hanya akan membuat Anda tidak akan mendapat apa-apa.

Tentukan sejak awal akan berapa lama Anda belajar. Waktu yang ideal untuk belajar adalah sekitar 1-2 jam saja. Asalkan, dalam waktu tersebut Anda benar-benar fokus dengan materi yang dipelajari.

Jika Anda masih ingin melanjutkan untuk belajar materi yang lain, beri jeda terlebih dahulu. Sehingga otak Anda pun bisa lebih siap menampung dan memahami materi baru. Ambil jeda sekitar 30 menit sebelum kembali menekuni buku materi kuliah.

Ingat, berlebihan soal waktu belajar hanya akan membuat tubuh dan energi Anda terkuras. Jangan sampai ketika saatnya ujian justru tubuh dan pikiran Anda tak siap karena terlalu diforsir sebelumnya.

6. Konsumsi Air Putih Sesuai Kebutuhan

Masih ingat dengan iklah air minum kemasan yang menunjukkan seseorang yang kurang minum menjadi tidak fokus? Faktanya memang demikian. Ketika seseorang kekurangan cairan di dalam tubuh, maka konsentrasinya akan terganggu.

Karena itu, cara agar fokus belajar sudah tentu dengan mengisi tubuh dengan cairan yang mencukupi. Idealnya, Anda minum air putih dalam sehari sebanyak 2 liter. Dan ingat, tak harus menunggu haus baru minum air putih.

Menurut penelit Army Research Institute of Environmental Medicine, Harris Lieberman PhD, rasa haus tidak bisa dijadikan indikator untuk menentukan waktu minum.

Jadi selama proses belajar di rumah, selalu siapkan gelas berisi air putih. Kalau perlu bawa tumbler ke dalam kamar agar Anda tidak perlu repot bolak balik mengisi gelas.

7. Olahraga Ringan Lebih Bermanfaat dari Segelas Kopi

Banyak orang yang menggantukan diri kepada kopi untuk bisa lebih berkonsentrasi. Kandungan kafein di dalam kopi memang membuat Anda bisa melek lebih lama. Tapi bukan berarti mampu menjaga fokus lebih lama.

Justru melakukan olahraga ringan, seperti joging atau senam, selama 15 menit lebih mampu menjaga pikiran lebih fokus saat belajar. Tubuh yang segar akan membantu otak memproses berbagai materi kuliah yang Anda pelajari.

Berdasarkan penelitian di University of Illionis, olahraga ringan selama 15 sampai 30 menit mampu mengaktifkan fungsi otak yang berhubungan langsung dengan konsentrasi. Selain fokus lebih terjaga, tubuh yang sehat juga akan membuat Anda lebih siap menjalani ujian.

8. Dengarkan Musik Favorit dan Menenangkan

Bagi sebagian orang, musik atau suara-suara yang menenangkan juga bisa menjadi alat bantu untuk bisa fokus. Dalam hal ini, sebaiknya Anda hindari lagu atau musik yang biasa didengarkan. Tapi pilih musik yang menenangkan dan lembut didengar di telinga.

Kalau Anda mendengarkan lagu-lagu favorit, kecenderungannya justru akan lebih fokus kepada lagu tersebut ketimbang materi pelajaran. Membuat pikiran Anda mudah teralihkan dan memilih menyanyikan lirik dari lagu tersebut.

Anda bisa memilih lagu dari genre yang lain yang jarang Anda dengarkan. Bisa juga mendengarkan suara alam seperti kicau burung, gemericik air, atau suara hujan. Suara-suara menenangkan ini akan mampu membuat Anda lebih fokus dalam belajar.

Baca juga:

9. Beri Bonus untuk Diri Sendiri

Memberi bonus untuk diri sendiri? Kenapa tidak. Berikanlah bonus kepada diri Anda setelah Anda mampu menyelesaikan waktu belajar dengan baik.

Ini justru akan menjadi penambah semangat Anda untuk terus berkomitmen belajar dengan baik.

Tidak perlu ribet, Anda bisa membeli semangkuk es krim lalu memakannya sambil menonton lanjutan serial televisi yang Anda sukai. Bisa juga pergi makan bersama teman-teman di tempat yang memang menjadi tempat favorit untuk berkumpul.

Tapi ingat, tetap ada batas maksimal dari pemberian bonus ini. Jangan sampai mengambil bonus terus menerus dan malah jadi malas untuk kembali belajar.

Penutup

Cara agar fokus belajar yang kami beberkan di atas merupakan hal-hal yang berlaku secara umum. Ada cara-cara lain yang mungkin hanya berlaku untuk diri Anda sendiri, tapi tak bisa diterapkan kepada orang lain.

Karena itu, temukan cara yang paling cocok dengan diri Anda sendiri. Sehingga Anda benar-benar bisa maksimal memanfaatkan waktu untuk belajar dan meraih nilai terbaik.

Loading...

Artikel Terkait