8 Cara Brilian Agar Anda Tidak Diremehkan Orang Lain

Tidak Diremehkan Orang Lain

Sungguh tidak menyenangkan ketika kemampuan Anda diremehkan orang lain. Padahal Anda merasa sudah bekerja sesuai prosedur dan berusaha dengan maksimal. Tapi, tetap saja Anda hanya dipandang sebelah mata.

Sakit hati, marah, dan kesal bisa bercampur menjadi satu saat Anda diremehkan. Tapi tidak lantas menjadi alasan untuk membalas dengan melakukan hal yang sama terhadap mereka yang meremehkan Anda.

Jika membalas keburukan dengan keburukan, maka Anda tidak berbeda dengan mereka. Nyatanya, masih ada cara-cara brilian agar Anda tidak diremehkan orang lain.

Cara-cara ini merupakan upaya halus dan sama sekali tidak ada unsur unjuk kemampuan secara berlebihan. Tapi mampu membuktikan bahwa Anda sebenarnya punya kemampuan yang tidak bisa dipandang remeh.

Apa saja cara-cara tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Selalu Bersikap dan Bertindak secara Profesional

Coba amati apakah pandangan remeh yang Anda dapatkan karena sikap dan kemampuan atau sisi pribadi Anda.

Loading...

Kalau memang sikap dan kemampuan Anda yang diremehkan, artinya yang harus Anda perbaiki ada di sektor tersebut.

Pandangan remeh memang lebih cenderung bersifat subjektif ketimbang objektif. Karena itu, mau tidak mau Anda harus bisa menunjukkan sikap dan tindakan yang profesional sesuai pekerjaan yang digeluti.

Teruslah jaga sikap profesionalitas Anda. Terutama ketika terkait dengan pihak-pihak yang kerap meremehkan Anda. Memang akan butuh waktu untuk bisa menunjukkan diri Anda yang sebenarnya.

Tapi jika Anda bisa selalu menunjukkan diri sebagai seorang profesional sejati, maka Anda akan mulai dihargai. Sekaligus menunjukkan diri bahwa Anda tidak pantas untuk diremehkan orang lain.

2. Tunjukkan Komitmen Besar Anda

Saat Anda sudah bisa menunjukkan profesionalitas yang kuat di hadapan orang lain, pastikan selalu diiringi dengan komitmen yang besar.

Tanpa komitmen yang besar dari diri Anda, seberapa tinggi profesionalitas yang telah Anda tunjukan akan tetap tidak ada artinya di mata orang lain.

Komitmen merupakan salah satu kunci agar Anda bisa dihargai. Karena salah satu faktor yang menyebabkan Anda diremehkan adalah kurangnya komitmen terhadap tugas dan pekerjaan yang Anda jalani.

Ketika Anda menunjukkan komitmen yang besar terhadap pekerjaan atau aktivitas Anda, maka secara perlahan penilaian orang lain tentang Anda akan meningkat.

Orang lain akan melihat Anda sebagai sosok yang bisa dipercaya untuk mengemban tugas-tugas yang mungkin bisa dibilang berat.

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Disiplin Diri Agar Masa Depan Anda Cerah

3. Terus Tingkatkan Kemampuan

Ini cara elegan yang tidak bisa Anda kesampingkan agar tidak diremehkan orang lain.

Anda boleh saja merasa sudah memiliki kemampuan tinggi dalam satu bidang, tapi pasti akan ada pandangan berbeda dari orang lain.

Karena itu jangan pernah berhenti untuk belajar. Baik di bidang yang sudah digeluti cukup lama atau bidang baru yang memang bisa mendukung pekerjaan utama Anda saat ini.

Saat Anda berhenti pada satu titik meski masih bisa terus berkembang, maka Anda seolah membuka jalan bagi orang lain untuk meremehkan Anda.

Tingkatkan terus kemampuan Anda, jangan pernah puas. Jadilah ahli di bidang yang Anda kuasai.

Kemampuan yang di atas rata-rata akan mengubah penilaian orang lain dari meremehkan hingga akhirnya menghormati.

4. Jangan Cuma Mengkritik, Tapi Lakukan Tindakan

Ilustrasi tidak cuma mengkritik

Anda mungkin punya pendapat lain terhadap satu hal yang terkait dengan pekerjaan. Alih-alih memberi solusi, Anda hanya memberikan kritik.

Ini akan menjadi bumerang yang berbalik menjadi sebuah pandangan meremehkan kepada diri Anda.

Karena itu, jangan pernah memberikan kritik tanpa diiringi solusi. Keluarkan gagasan kreatif dan inovatif yang Anda miliki secara tuntas.

Sehingga pihak yang dikritik pun akan merasa senang karena Anda sudah membantu mereka menyelesaikan tugasnya.

Orang lain akan lebih menghargai mereka yang mau cepat bertindak dibanding yang hanya bisa memberi kritik.

Tunjukkan bahwa Anda tak cuma bisa mengkritik, tapi juga mampu memberi solusi, yang nantinya akan meningkatkan kinerja perusahaan. Termasuk juga kinerja Anda sebagai seorang karyawan.

5. Lakukan Hal yang Berguna

Manusia diciptakan untuk saling berhubungan, baik secara sosial maupun dalam tingkat profesional. Kondisi ini menjadi kesempatan agar keberadaan Anda bisa lebih dikenal dan dihargai.

Karena itu, lakukan hal-hal yang bisa berguna bagi orang lain. Mulai dari hal yang sepele seperti membantu teman menyelesaikan pekerjaannya hingga memberi banyak kontribusi penting bagi perusahaan tempat Anda bekerja.

Sehingga orang lain akan menilai Anda sebagai sosok yang bisa diandalkan. Kehadiran Anda akan menjadi berkah bagi teman-teman yang berada di sekitar Anda.

Mereka akan selalu merindukan kehadiran Anda ketika suatu saat Anda tidak lagi bekerja di tempat tersebut.

Dan ingat, jangan pernah melakukan hal-hal tersebut secara pamrih. Lakukan saja semuanya tanpa punya niat lain di belakangnya. Maka Anda akan merasakan imbal balik positif suatu hari nanti.

6. Tunjukkan Sikap Mandiri

Seorang profesional sejati bisa dinilai salah satunya dengan kemandirian dirinya. Tidak berarti Anda harus melakukan semua sendirian saja.

Tapi lebih kepada bisa mengandalkan kemampuan yang dimiliki sesuai kebutuhan.

Karena itu, orang yang sering bergantung kepada bantuan orang lain akan cenderung diremehkan. Tidak akan ada orang yang suka dengan orang yang mudah menyerah, gampang mengeluh, dan selalu minta bantuan orang lain.

Apalagi jika hal yang dibantu adalah masalah remeh temeh.

Kemandirian ini akan bermanfaat saat Anda dituntut untuk melakukan sebuah tugas secara sendirian. Anda pasti akan menemukan cara menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik tanpa meminta bantuan orang lain.

Kemandirian akan menjadi cara yang tepat  dan elegan agar tidak diremehkan orang lain.

7. Lebihi Ekspektasi Orang Lain

Jika orang lain mengharapkan Anda bisa berada di level A, maka yang harus Anda lakukan adalah berada di level B.

Jangan pernah hanya sekadar memenuhi harapan oran lain. Tapi lakukan semuanya dan raih hasil yang jauh di atas ekspektasi orang lain.

Ini merupakan cara yang sangat brilian. Karena integritas sebenarnya dari Anda bisa langsung terlihat dengan jelas.

Jika Anda hanya berusaha mencapai apa yang diharapkan orang lain, maka yang Anda dapat hanyalah nilai standar.

Mendapat nilai A memang sudah sangat baik. Tapi, mendapat nilai A+ tentu jauh lebih baik, bukan?

8. Do Your Best

Apa pun pekerjaan dan aktivitas Anda, selalu berusaha melakukan yang  terbaik.

Jangan mudah merasa lemah saat Anda diremehkan meski sudah melakukan yang terbaik. Sebuah hasil yang diupayakan secara maksimal pasti akan berbuah positif.

Dengan selalu melakukan yang terbaik dalam setiap tugas dan pekerjaan, maka Anda sudah menunjukkan diri punya kapasitas dan kemampuan yang pantas dihargai.

Sekaligus membuktikan kepada mereka yang meremehkan Anda bahwa pandangan mereka adalah salah.

Penutup

Tidak ada orang yang mau diremehkan. Kalaupun Anda harus merasakannya, jangan langsung sakit hati apalagi merasa dendam.

Jadikan hal itu sebagai pemicu untuk terus meningkatkan kemampuan Anda.

Yakinlah, saat Anda sudah bisa  muncul sebagai sosok yang lebih tangguh dan punya kemampuan yang bisa diandalkan, Anda pasti tidak diremehkan orang lain lagi.

Loading...

Artikel Terkait