Cara Kerja Pikiran Bawah Sadar

Ilustrasi otak manusia

Salah satu yang membedakan manusia dengan makhluk lain di dunia ini adalah manusia dianugerahi otak yang luar biasa. Meskipun beratnya tidak lebih dari 25% berat tubuh keseluruhan (sekitar 1,5 kg), otak manusia menjadi pusat berpikir, emosi, dan segala tingkah laku.

Otak manusia terdiri dari dua bagian, yaitu pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind). Menurut Sandy McGregor, dalam bukunya Piece of Mind, pikiran bawah sadar memiliki kapasitas dan potensi yang lebih besar (88%) daripada pikiran sadar (12%). Jika diibaratkan gunung es, pikiran bawah sadar adalah bagian gunung es yang ada di bawah permukaan air laut sedangkan pikiran sadar sebaliknya.

Meskipun kapasitas dan potensinya lebih besar, banyak orang yang belum memanfaatkan kekuatan pikiran bawah sadar ini. Jika Anda salah satu dari mereka, jangan khawatir. Yang pertama perlu Anda lakukan adalah memahami cara kerja pikiran bawah sadar. Di bawah ini penjelasannya.

A. Fungsi pikiran bawah sadar

Pikiran sadar bekerja saat Anda aktif bertindak (sadar) seperti berpikir, melihat, berbicara, mendengar, atau melakukan aktivitas lain, dan akan beristirahat ketika Anda tidur. Sementara itu, pikiran bawah sadar bekerja setiap saat. Pikiran ini merekam atau mengingat semua hal yang Anda lakukan.

Sebagai contoh, Anda menyentuh api dan merasakan panas. Maka, informasi api itu panas akan disimpan dalam pikiran bawah sadar Anda. Contoh lain, jika Anda berpikir bahwa menulis itu sulit, maka informasi ini akan dicatat oleh pikiran bawah sadar Anda.

Dari fungsinya tersebut, pikiran bawah sadar memengaruhi ingatan, pola pikir, kepribadian, kebiasaan, persepsi, keyakinan, kreativitas, dan fungsi-fungsi organ tubuh. Luar biasa, bukan?

Loading...

B. Reticular activating system (RAS)

Di antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar terdapat filter yang dinamakan critical factor atau reticular activating system (RAS). RAS ini akan terbentuk sempurna saat orang berusia 12 tahun.

model pikiran manusia
Sumber gambar: hypnosis45.com

RAS berfungsi menyaring semua informasi yang akan masuk ke pikiran bawah sadar. Jika lolos dari sensor RAS, informasi itu akan sampai ke dalam pikiran bawah sadar. Jika tidak, informasi itu akan ditendang keluar.

Contohnya, pikiran bawah sadar Anda telah mencatat bahwa api itu panas. Nah, ketika seseorang mengatakan kepada Anda bahwa api itu dingin dan menyuruh Anda memegangnya, maka Anda tidak akan memegang api tersebut. Mengapa? Karena informasi api itu dingin akan disaring oleh RAS sebagai informasi yang salah.

Sebaliknya, jika seseorang mengatakan kepada Anda bahwa api itu panas, RAS akan menerimanya sebagai informasi yang benar dan akan diteruskan ke dalam pikiran bawah sadar untuk memperkuat kepercayaan Anda bahwa api itu panas.

Simpulannya, potensi terbesar Anda ada dalam pikiran bawah sadar. Pikiran ini mengingat setiap informasi yang disampaikan pikiran sadar, dan dilindungi RAS. Oleh karena itu, Anda harus menyampaikan informasi yang lolos RAS terlebih dahulu untuk mulai memanfaatkan pikiran bawah sadar.

Loading...

Artikel Terkait: