10 Cara Melupakan Mantan Terindah dengan Cepat

Ilustrasi melupakan mantan terindah

Melupakan mantan memang tidak mudah, apalagi jika hubungan Anda berakhir ketika sedang sayang-sayangnya. Rasa sakit hati telah dikecewakan namun juga ingin bertemu pasti ada dalam benak Anda.

Hal tersebut akan selalu membayangi bahkan dapat mengganggu aktivitas dan kerja Anda sehari-hari. Namun sampai kapan hal tersebut mau Anda teruskan?

Melupakan memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Berikut ini 10 cara melupakan mantan terindah dengan cepat.

1. Menyibukkan diri

Cara melupakan mantan terindah yang pertama adalah dengan menyibukkan diri. Sibukkan diri dengan aktivitas yang Anda sukai. Misalnya saja memasak, menjahit, bermain sepak bola, atau membaca buku dapat Anda lakukan.

Isi waktu kosong Anda dengan kegiatan positif yang sampai Anda pun lupa untuk mengecek media sosial atau bahkan mengecek ponsel.

Jangan sampai Anda memiliki banyak waktu untuk tidak melakukan apa-apa dan memiliki banyak waktu untuk meratapi masalah ini. Hal ini dapat membuat mantan Anda terus berdatangan dalam pikiran.

Jangan juga mengecek sosial medianya. Mengecek sosial medianya hanya memperburuk situasi yang Anda alami, Anda malah hanya mengingat kenangan bersama dia dan kembali bersedih.

Loading...

Berhentilah juga mengirim pesan kepadanya. Anda juga butuh waktu untuk memperbaiki diri. Namun bagaimana jika kita terpaksa bertemu dia karena satu tempat kerja, satu sekolah, atau satu kampus?

Maka yang dapat Anda lakukan adala membatasi diri untuk berkontak dengannya, cukup katakan “hai” dan mulailah melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat.

2. Hindari tempat-tempat yang sering dikunjungi bersama

Mendatangi tempat kenangan Anda bersama si dia ketika sedang berpacaran bukanlah hal yang disarankan untuk melupakan mantan dengan cepat. Apalagi jika dengan sengaja Anda mengunjungi tempat yang biasa dia kunjungi.

Presentase untuk bertemu sangatlah besar dan kemungkinan Anda untuk dapat melupakannya semakin mengecil.

JIka Anda ingin keluar, maka carilah tempat baru untuk dikunjungi. Mencari dan mengeksplor tempat baru, melihat suasana baru, dan bertemu orang baru dapat membantu Anda untuk melupakan si dia.

Mungkin saja di tempat baru tersebut Anda dapat bertemu orang lain yang dapat membantu Anda melupakan si dia dengan cepat.

3. Merawat hal-hal yang dulu terbengkalai

Apakah Anda dari dulu menginginkan untuk studi lanjut S2 atau mungkin travelling keliling dunia? Ingin mencoba gaya rambut baru yang sebelumnya tidak bisa Anda coba karena dibatasi oleh pacar Anda?

Sekaranglah saatnya Anda mencoba dan merawat hal-hal yang dulu terbengkalai.

Misalnya saja Anda ingin studi keluar negeri yang dulu mungkin pacar Anda membatasi, maka inilah saatnya untuk melakukan apa yang dulu tidak bisa Anda lakukan. Rencanakan studi yang akan Anda ambil dan mulailah membuat diri Anda sibuk untuk mengejar cita-cita tersebut.

Baca juga:

4. Meluangkan waktu bersama sahabat dan keluarga

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk melupakan mantan terindah adalah dengan berkumpul bersama sahabat dan keluarga. Anda bisa merencanakan liburan dengan keluarga dan sahabat, yang mungkin dulu sulit atau bahkan tidak pernah Anda lakukan.

Manfaatkan jejaring lingkungan Anda untuk membantu melupakan si mantan terindah. Jika rasa sakit hati Anda terus datang maka curahkanlah pada sahabat Anda.

Mereka dengan senang hati akan membantu Anda melupakannya dengan tertawa bersama. Jangan menyimpan perasaan Anda sendiri jika ingin dapat mudah melupakan si dia.

5. Stop stalking media sosial mantan

Ilustrasi stop stalking mantan

Cara berikut ini adalah cara yang paling perlu Anda disiplinkan. Stalking media soial mantan adalah hal yang paring sering dilakukan oleh orang-orang sehabis putus cinta. Padahal stalking tidak akan memberi apapun kecuali kenangan lama yang tak mungkin terjadi kembali.

Jika Anda memang ingin bertekad melupakan si dia, maka mulailah unfollow instagram, twitter, facebook atau bahkan nomor ponselnya. Jangan dengan sengaja mencari informasi yang berhubungan dengan mantan. Mulai dari media sosialnya atau dengan bertanya kepada teman-temannya.

Buktikan bahwa Anda bisa melupakannya dan bangkit untuk mengejar cita-cita yang selama ini tertunda.

6. Berdamai dengan diri sendiri

Setelah mengalami patah hati maka akan ada momen di mana Anda menyalahkan diri sendiri. Berhentilah untuk melakukan hal tersebut, putus cinta bukan berarti semua kesalahan ada di diri Anda. Berdamailah dengan diri sendiri.

Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan, namun dari kesalahan-kesalahan tersebutlah kita bisa belajar untuk lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak. Dari kesalahan itu juga kita bisa tahu mana yang pantas untuk menjadi pendamping hidup Anda.

Tanamkan dalam diri Anda bahwa dia bukan orang yang cocok untuk mendampingi hidup Anda dan begitu juga sebaliknya. Cintai dan maafkan diri sendiri lalu bangkit lagi dengan semangat baru untuk menggapai impian dan cita-cita.

7. Ganti playlist lagu Anda

Hal ini mungkin sederhana, namun sangat besar efeknya kepada Anda yang ingin melupakan mantan yang terindah dengan cepat. Ketika berpacaran dulu pasti ada lagu yang sering Anda dengar bersama atau mungkin lagu yang Anda sukai karena cocok dengan perasaan Anda saat itu.

Gantilah lagu dan playlist Anda dengan lagu lain yang baru yang memberi semangat. Jangan putar lagu kenangan bersama mantan selama beberapa hari atau beberapa bulan ke depan.

Janganjuga mendengarkan lagu galau dan sedih. Lagu sedih dapat mempengaruhi suasana hati Anda menjadi tambah sedih.

8. Jangan buru-buru mencari pengganti yang baru

Nikmatilah masa sendiri Anda. Dengan sendiri Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama teman, keluarga, mengeksplor hobi baru dan sebagainya.

Jangan buru-buru mencari pengganti hanya untuk dijadikan pelarian. Anda juga tidak ingin dijadikan pelarian kan?

Jika Anda sudah bisa benar-benar melupakannya dan move on maka itulah saat yang tepat untuk mencari yang lain. Karena pada saat itulah Anda bisa berpikiran jernih dalam memutuskan sesuatu.

Baca juga: 7 Cara Melupakan Masa Lalu yang Kelam dan Menyakitkan

9. Jangan terlalu memaksakan diri, ikuti saja alurnya dengan alami

Semua hal butuh proses, tidak ada yang instan. Begitu pula dengan melupakan mantan terindah.

Hari ini putus, besok sudah melupakannya adalah hal yang tidak mungkin terjadi. Bahkan satu minggu pun belum tentu membuat Anda bisa melupakan sang mantan.

Jangan menekankan pada diri sendiri bahwa harus cepat-cepat lupa. Biarkan mengalir, namun juga lakukanlah hal-hal yang positif.

Disiplin namun santai. Hindari pemicu-pemicu yang dapat mengingatkan pada mantan seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya.

Anda juga bisa menetapkan hari bersedih selama dua hari. Pada dua hari tersebut Anda bisa menangis dan mengekspresikan perasaan Anda. Namun pada hari ketiga Anda harus bangkit, memaafkan dia, dan melanjutkan hidup dengan bahagia.

10. Mantan bukanlah segalanya

Dunia belum berakhir, bila Anda putus dengan si dia. Masih banyak orang-orang yang mencintai Anda. Begitu juga dengan hal-hal positif yang bisa Anda lakukan.

Jadi, lupakan dia secara bertahap. Biarkan kenangan Anda bersama dia menjadi masa lalu yang tidak perlu diratapi atau disesali. Berhentilah berharap pada mantan karena mungkin saja dia sudah punya pacar baru.

Lanjutkan hidup Anda dengan semangat demi meraih masa depan yang Anda cita-citakan. Tentunya, cepat atau lambat Anda akan menemukan pengganti mantan yang mungkin lebih baik.

Penutup

Itu tadi adalah 10 cara melupakan mantan terindah dengan cepat. Hal yang perlu Anda ketahui adalah semuanya butuh proses, lakukanlah secara bertahap, santai namun tetap displin.

Ingat, putus cinta bukan akhir dari segalanya. Masih banyak mimpi dan cita-cita yang harus dikejar.

Loading...

Artikel Terkait