7 Cara Melupakan Masa Lalu yang Kelam dan Menyakitkan

Ilustrasi melupakan masa lalu

Bagi beberapa orang, masa lalu yang kelam dan menyakitkan bagai bayang-bayang yang selalu mengikuti ke mana pun mereka berjalan. Tak heran, keadaan ini mengganggu psikologis mereka, dan bahkan ada di antara mereka yang akhirnya depresi.

Anda tidak ingin seperti mereka, bukan? Itulah mengapa Anda perlu melupakan masa lalu Anda yang kelam dan menyakitkan sesegera mungkin.

Jangan khawatir jika Anda tidak tahu caranya. Berikut 7 cara melupakan masa lalu yang layak Anda coba.

1. Terimalah Bahwa Masa Lalu Tidak Dapat Diubah

Anda tentunya tidak bisa memutar waktu kembali memperbaiki berbagai kesalahan atau menghindari hal buruk terjadi pada diri Anda, namun cara Anda melihat masa lalu masih bisa Anda ubah dari sekarang.

Lalu bagaimana caranya mengubah pandangan terhadap masa lalu?

Pertama-tama cobalah terima masa lalu menyakitkan tersebut. Anda mungkin tidak terima akan perlakuan orang lain dan merasa dunia tidak adil, namun percayalah sesuatu terjadi pasti dengan suatu hikmah, walaupun Anda belum menyadari hikmahnya.

Loading...

Kemudian maafkanlah orang-orang yang terlibat dalam masa lalu Anda yang kelam karena cara terbaik untuk melupakan adalah dengan memaafkan. Jika rasanya saat ini Anda belum bisa memaafkan, maka yakinlah suatu hari nanti Anda bisa melakukannya.

Penting juga, jika Anda sering sedih atau marah terhadap masa lalu Anda, selalu ingatkan diri bahwa perasaan negatif tersebut hanya akan menggerogoti Anda dari hari ke hari. Selain itu, perasaan itu akan menghabiskan banyak energi tanpa ada karya yang Anda buat.

2. Bermeditasi

Anda dapat melupakan masa lalu dengan bermeditasi. Menurut sejumlah penelitian, meditasi dapat membantu Anda memulihkan atau mengendalikan emosi.

Terdapat berbagai jenis aktivitas yang dapat dilakukan orang untuk bermeditasi, seperti misalnya dengan mengikuti kelas yoga atau paling sederhananya dengan berdoa.

Meditasi juga berbeda-beda untuk tiap orang. Ada orang yang nyaman dengan melakukan yoga, namun ada pula yang nyaman melakukannya dengan menenangkan diri sendirian, dengan memejamkan kedua mata sambil menarik nafas panjang.

Jadi, pilihlah meditasi yang Anda sukai. Jika tidak memiliki gambaran, lebih baik Anda melakukan meditasi bersama teman-teman Anda agar proses melupakan masa lalu bisa lebih efektif.

3. Menulis Buku Harian atau Jurnal

Salah satu cara melupakan adalah dengan menuliskannya. Dengan menuliskan masa lalu Anda pada buku harian atau jurnal, Anda bebas mengekspresikan seluruh kekesalan, kemarahan, dan kesedihan hingga tak bersisa.

Hal ini adalah cara yang cukup efektif untuk memaafkan masa lalu. Kebanyakan masa lalu menyakitkan karena Anda tidak punya kesempatan pula untuk menunjukkannya.

Mulailah dengan menulis setiap malam tentang apa saja yang Anda alami dan rasakan seharian. Bentuk tulisan juga bebas tergantung preferensi masing-masing orang, tidak perlu membuat cerita dengan gaya bahasa yang dibuat-buat. Ceritakan saja seperti Anda sedang mengobrol.

Cobalah untuk tidak berpikir terlalu keras saat menulis buku harian, tuliskan apa pun yang muncul di benak Anda. Fokuskan pada pemikiran dan perasaan Anda, karena yang terpentng adalah untuk mengekspresikan diri, bukan menceritakan cerita yang hebat.

Menulis juga dapat membantu Anda memproses emosi dan perasaan sehingga Anda terbebas dari tidur kurang nyenyak karena terbebani masa lalu.

4. Jangan Banyak Menyendiri

Sempatkan untuk lebih banyak berkumpul bersama orang lain, mulai dari teman, keluarga, dan kerabat. Masa lalu yang kelam dan menyakitkan terkadang membuat seseorang sulit memercayai orang lain lagi, sehingga kondisi psikologis seseorang terganggu untuk membangun hubungan yang baik.

Sangat penting untuk memiliki teman bicara setiap harinya, dan merasa didukung oleh semua orang di sekitar Anda. Mungkin pertama kali akan terasa menakutkan membangun hubungan dengan orang baru, namun hadapilah karena Anda butuh teman yang mungkin juga sama-sama memiliki masa lalu yang kelam dan ingin melupakannya.

Cara lainnya adalah dengan menjadi relawan untuk membangun kenalan dengan banyak orang baru. Carilah aktivitas di bidang yang Anda sukai, kemudian ikutlah bergerak.

Percaya atau tidak, menjadi relawan adalah salah satu cara untuk terus move on dan menyadari bahwa masih banyak pula orang yang memiliki nasib yang kurang beruntung di masa lalunya.

 5. Singkirkan Barang-Barang dari Masa Lalu

Untuk beberapa waktu, ada baiknya untuk membuang atau menyingkirkan barang-barang yang mengingatkan Anda pada masa lalu yang kelam dan menyakitkan. Seperti saat Anda putus dari pasangan, cobalah untuk menyingkirkan benda-benda yang mungkin akan mengingatkan Anda padanya lagi.

Ambil sebuah kardus besar dan isikan dengan barang-barang tersebut. Buang atau donasikan pada orang lain sehingga Anda tidak lagi-lagi terdiam lama saat memandangi suatu barang dan kenangan yang ada di dalamnya.

6. Buatlah Daftar Hal yang Anda Hindari

Memiliki masa lalu yang kelam juga dapat membuat seseorang menghindari sesuatu karena takut akan teringat masa lalu tersebut. Mulai saat ini, cobalah membuat daftar hal-hal apa saja yang selama ini sudah Anda hindari untuk tidak mengingat masa lalu.

Tuliskan apa-apa saja yang takut Anda lakukan atau tidak nyaman saat Anda melakuannya. Terkadang, dengan menuliskannya saja, merupakan sebuah cara untuk membuat pengalaman Anda mengalir dengan sendirinya.

Misalnya, Anda menjadi takut untuk bepergian dengan teman akibat masa lalu yang buruk. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk mencari cara lain, seperti dengan mengundang teman Anda langsung datang ke rumah. Atau bisa juga mengundang teman terdekat saja jika Anda belum betul-betul siap.

7. Kunjungi Terapis Profesional

Jika Anda merasa terlalu berat untuk memulai hidup dari sekarang dan tidak bisa lepas dari masa lalu, cobalah untuk berkonsultasi dengan terapis profesional yang tentunya lebih memahami bagaimana cara mengobati luka emosional di dalam diri Anda.

Hal ini juga bisa dilakukan jika setelah melakukan berbagai cara, Anda tetap dihantui masa lalu dan terjebak dengan masa lalu yang kelam. Memang ada beberapa kasus yang sangat menyakitkan sehingga seseorang memang membutuhkan psikiater atau terapis pikiran.

Melupakan masa lalu yang kelam dan menyakitkan adalah sebuah proses yang panjang. Lakukanlah secara bertahap dan dekatkan diri Anda kepada Allah SWT. Jika dirasa perlu, mintalah bantuan orang-orang yang mampu mengembalikan semangat hidup Anda.

Loading...

Artikel Terkait