10 Cara Melupakan Seseorang yang Anda Cintai Diam-diam

Ilustrasi cara melupakan seseorang

Setiap orang pasti pernah memiliki pujaan hati. Sosok yang disukai secara diam-diam. Ya, biasanya hal itu terjadi pada masa-masa SMA. Bisa pula ketika zaman kuliah atau saat kerja.

Mungkin Anda juga pernah mencintai orang secara diam-diam, namun sayang tak bisa memilikinya. Entah karena orang tersebut sudah punya pasangan atau memang dia tidak suka dengan Anda.

Jika seperti itu, maka Anda harus segera melupakannya. Segera move on! Jangan terlarut dalam perasaan terlalu lama. Berikut ini 10 cara melupakan seseorang yang Anda cintai diam-diam. Simak yuk!

1. Pahami Bahwa Melupakan Itu Butuh Proses

Sama halnya dengan mencintai, melupakan seseorang itu juga butuh proses. Tidak mungkin Anda sanggup menghapus rasa sayang dalam waktu singkat.

Terlebih lagi, jika Anda sudah menyukai dia selama bertahun-tahun. Maka proses untuk melupakannya juga bakal lebih sulit. Ya, Anda harus memahami itu!

Tak perlu memaksakan diri untu cepat-cepat move on. Untuk sementara, biarkan semua mengalir begitu saja. Anda hanya perlu berusaha untuk melupakan kenangan indah bersama mantan secara perlahan.

Loading...

2. Jangan Terlalu Sering Melamun Sendirian

Agar hati bisa tenang, Anda memang butuh waktu untuk menyendiri. Tapi sebaiknya jangan lakukan hal tersebut terlalu lama. Sebab, saat sendirian biasanya orang mudah sekali galau.

Galau itu tentunya nggak baik untuk kesehatan mental. Terlebih lagi jika Anda juga melakukan aktivitas melamun.

Melamun selama berjam-jam memikirkan kenangan tentang si dia. Hal itu malah bikin hati terasa hampa. Anda jadi lupa makan, lupa minum, sehingga Anda berisiko mengalami despresi bahkan sakit.

Baiknya sih, hindari aktivitas melamun saat Anda sedang sendirian. Lebih baik Anda nonton televisi, dengerin radio, atau melakukan hal lain yang enggak bikin pikiran kosong.

3. Cari Aktivitas Seru untuk Menyibukkan Diri

Melakukan aktivitas seru di sela-sela waktu senggang juga bisa menjadi cara melupakan seseorang yang dulu Anda cintai.

Anda bisa mencari jenis kegiatan yang Anda sukai. Misalnya saja hangout bersama teman-teman, hunting kuliner, nonton film, main game, ikut organisasi di kampus, atau hal lainnya.

Yang jelas, jangan beri kesempatan pada diri Anda untuk menyendiri. Kalau cuma sebentar sih, boleh-boleh saja. Tapi jangan lama-lama! Sebisa mungkin sibukkan diri Anda sehingga Anda lupa bahwa sedang patah hati.

Carilah kebagiaan di luar sana. Tersenyum bersama orang-orang yang Anda sayangi, sahabat, dan keluarga. Dengan begitu Anda akan terhibur.

4. Curhat dengan Orang Terdekat

Agar beban di hati Anda tidak terlalu berat, Anda bisa mencoba curhat dengan orang terdekat. Misalnya keluarga atau sahabat. Pastikan orang tersebut bisa dipercaya dan mampu menjaga rahasia.

Yakin deh, dengan Anda melalukan curhat ini maka akan membuat Anda lebih lega. Rasanya beban di hati juga terasa lebih ringan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan saran dari teman Anda itu yang mungkin bermanfaat.

5. Jangan Menghubungi Dia Lagi

Cara melupakan seseorang yang Anda cintai diam-diam berikutnya, yakni dengan tidak menghubunginya lagi.Ya, apa pun alasannya usahakan berhenti mengubungi si dia!

Anda tak perlu mencari-cari cara untuk men-chatting dia. Plis, jika Anda benar-benar ingin move on maka jangan berhubungan, meski hanya sekadar menanyakan kabar.

Akan lebih baik jika Anda menghapus kontak dia, mulai dari nomor telpon, LINE, Whatsapp, Instagram, dan Facebook. Sebaiknya Anda berhenti melakukan pertemanan di sosial media.

Dengan Anda melakukan itu, Anda akan lebih mudah melupakannya. Sebab Anda tak perlu lagi mendengar atau melihat segala sesuatu tentang dia.

6. Fokus Pada Diri Sendiri

Ilustrasi memanjakan diri

Setelah cukup lama Anda menghabiskan waktu untuk memikirkannya, sekarang saatnya Anda untuk fokus dengan diri sendiri. Anda tak perlu lagi membuang-buang tenaga untuk memikirkan si dia.

Sudah cukup! Lebih baik, sekarang Anda merawat diri. Manjakan diri dengan pergi ke spa atau salon agar penampilan Anda semakin menarik.

Selain itu, pikirkan juga tentang masa depan Anda. Mulailah mencari potensi yang ada dalam diri Anda. Kira-kira hal apa yang membuat Anda bahagia, maka lakukanlah.

Berusahalah menjadi orang sukses untuk menunjukkan kepada dia bahwa Anda punya nilai lebih.

7. Jangan Membenci Dia, Anda Harus Ikhlas Menerima Keadaan

Atas apa yang telah terjadi, sebaiknya Anda tidak menyalahkan siapa pun. Anggaplah semua itu sebagai takdir.

Anda harus ikhlas walaupun pada akhirnya sosok yang Anda cintai diam-diam menjadi milik orang lain. Cobalah untuk rela. Tak perlu membenci atau medendam kepadanya. Itu hanya akan membuat hati terasa terbebani.

Bagaimana pun juga, dia adalah sosok yang pernah membuat Anda tersenyum. Pastinya Anda pun memiliki kenangan indah bersama dia. Setidaknya, hargailah itu!

Anda juga perlu menyadari bahwa tidak semua hal yang Anda inginkan di dunia ini bisa didapatkan. Jadi mau tak mau, Anda harus legowo.

Baca juga: 13 Alasan Anda Tidak Sukses Meraih Apa Pun yang Anda Inginkan

8. Berhenti Stalking Tentang Si Dia

Anda berniat move on, namun tetap sering menstalking sosial medianya? Yah, percuma saja!

Cara melupakan seseorang itu butuh perjuangan. Jika Anda memang benar-benar niat move on, maka berhentilah mencari tahu segala hal tentang dia. Berhenti stalking sosial medianya, mulai dari Facebook hingga Instagram. Lebih baik di unfollow ya!

Jika Anda terus-menerus kepo dan menstalking dia, maka Anda akan semakin susah lupa bahkan berpotensi mengalami sakit hati. So, stop deh!

9. Ambil Hikmahnya

Setiap kejadian di dunia ini pasti ada hikmahnya. Seburuk apa pun itu, termasuk putus cinta tentu, ada pelajaran yang bisa Anda ambil.

Misalnya saja, Anda tak perlu lagi membuang-buang waktu untuk memikirkan si dia. Sekarang Anda bisa lebih produktif. Enggak perlu lagi cemburu, baper, atau galau.

Selain itu, coba ingat juga kira-kira kesalahan apa yang membuat cinta Anda tak terbalaskan. Atau mungkin ada sesuatu tentang dia yang kurang baik. Renungkan semua itu dan jadikan pelajaran agar Anda tak mengulanginya lagi di masa akan datang.

10. Buka Hati Anda, Berkenalan dengan Orang Baru

Terakhir, cara melupakan seseorang yakni dengan tidak menutup hati terlalu lama. Bukan berarti Anda harus bergegas mencari sosok yang baru. Hanya saja, cobalah untuk bangkit.

Dunia tidak selebar daun kelor. Masih banyak kehabagian yang bisa Anda dapatkan di luar sana. Berhenti meratapi nasib. Lebih baik Anda mencoba memperluas pergaulan, mengenal orang-orang baru. Ya, siapa tau ketemu jodoh.

Yakinlah bahwa akan ada orang yang lebih baik dari si dia. Seseorang yang mencintai dengan tulus, serta berani untuk memperjuangkan Anda. Just keep positive!

Penutup

Kesimpulannya, cara melupakan seseorang yang Anda cintai diam-diam adalah dengan tekad kuat. Anda tidak akan bisa melupakannya hanya dalam semalam saja.

Butuh proses, memang! Namun percayalah bahwa waktu akan menyembuhkan rasa remuk di hati Anda.

Loading...

Artikel Terkait