14 Cara Membahagiakan Suami Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis

Ilustrasi cara membahagiakan suami

Saat janji suci sudah terpatri dan ijab sudah terucap, itu menjadi momen bagi Anda dan pasangan untuk saling membahagiakan hingga maut memisahkan. Suami harus membahagiakan istri. Begitu pula istri harus bisa menyenangkan suami.

Untuk kali ini poin yang akan dibahas adalah cara membahagiakan suami. Pasalnya, sebagai seorang kepala rumah tangga, suami punya tugas dan beban utama menafkahi istri dan anak-anaknya.

Beban berat di pekerjaan itu akan terasa ringan kalau dia selalu merasa bahagia ketika berada di dekat keluarganya. Secara umum untuk membahagiakan suami relatif tidak sulit. Berikut kami beberkan cara-caranya.

1. Dengarkan Dia

Banyak suami yang merasa tidak didengar oleh istrinya saat dibutuhkan. Karena itu selalu sedia dan mendengarkan ketika suami mencoba untuk mengajak berbicara dan bercerita. Maka suami akan semakin menghormati Anda.

Tak perlu harus selalu memberikan masukan atau pendapat dari setiap pembicaraan. Ada kalanya suami hanya butuh didengarkan saja. Itu sudah cukup untuk memberinya kesempatan melepaskan kepenatan yang ada di pikirannya.

2. Dukung Kariernya

Ketika Anda telah menikah, itulah saat dimulainya ujian dari suatu hubungan. Hanya terlihat baik tidaklah cukup, Anda harus mulai menerima dan memahami karier suami.

Loading...

Bicarakanlah tentang pekerjaannya, rencana kariernya, dan segala sesuatu tentang pekerjaannya. Dukungan ini juga bentuk nasihat dan masukan ketika suami mendapat kesempatan untuk pindah pekerjaan.

Bisa juga ketika dia mendapatkan promosi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Memberi masukan dalam setiap langkah di kariernya bisa membuat suami bahagia.

3. Bagi Tanggung Jawab

Banyak suami tidak suka ketika istri tidak mau bekerjasama mengatur keuangan keluarga dan berbagi tanggung jawab. Jika suami dan istri sama-sama bekerja, tidak ada alasan hanya suami yang bertanggung jawab atas segala keperluan rumah tangga.

Sesekali Anda dapat membantu suami berbelanja kebutuhan rumah tangga walaupun itu adalah tugas suami.

Sebagai pasangan suami istri memang sudah sepatutnya Anda selalu berbagi dengan suami. Tak hanya berbagi cerita, tapi juga berbagi tanggung jawab dalam urusan mengatur keuangan keluarga.

4. Jangan Bertengkar Terlalu Lama

Satu hal yang lumrah dan wajar ketika suami dan istri terlibat pertengkaran. Menyatukan dua isi kepala yang berbeda pastilah tidak mudah.

Selama friksi masih dalam batas wajar, hal ini justru membuat hubungan Anda dengan suami bisa lebih sehat.

Apalagi, wanita memiliki kecenderungan suka membesar-besarkan masalah, hingga terkadang melebar dari inti permasalahan itu sendiri. Cobalah untuk memaafkan dan melupakan lebih cepat kesalahan suami Anda ketika terlibat pertengkaran.

Dengan demikian, hubungan rumah tangga Anda tidak dirundung masalah yang berlarut-larut.

Baca juga:

5. Hentikan Berbelanja Secara Royal

Tidak ada pria yang menyukai wanita pemboros yang terlalu suka berbelanja. Walaupun uang yang Anda pakai adalah hasil jerih payah Anda sendiri, suami berhak untuk mengingatkan Anda.

Dengan mengurangi pengeluaran belanja, Anda dapat membuat suami lebih bahagia. Coba bayangkan jika suami Anda menghabiskan seluruh gajinya untuk membeli gadget, bagaimana perasaan Anda?

Karena itu, cara membahagiakan suami adalah dengan selalu berhemat dalam setiap pengeluaran. Cukup simpel, bukan?

6. Selalu Libatkan Dia dalam Pengambilan Keputusan Penting

Anda mungkin tidak memerlukan izin dari suami untuk membuat rencana sendiri. Namun pastikan untuk selalu menyertakan suami Anda dalam perencanaan-perencanaan Anda.

Bahkan jika ada lembur di kantor atau janjian bertemu dengan teman-teman Anda, jangan lupa untuk memberi kabar pada suami Anda.

Selalu melibatkan suami dalam sebagian besar aktivitas Anda akan membuat dia merasa dihargai dan dihormati. Sekadar mengirim pesan singkat kepada suami sudah menunjukkan perhatian dan rasa hormat Anda sebagai istri terhadap suami.

7. Puaskan Dia di Ranjang

Jika Anda mengetahui bagaimana cara memuaskan suami di ranjang, maka setengah tugas Anda telah selesai. Jangan malas di atas ranjang. Jangan hanya cari kepuasan untuk diri sendiri, cobalah untuk fokus pada kepuasannya juga.

Sesekali Anda juga bisa memberinya pijatan relaksasi saat suami istirahat di kamar. Sentuhan penuh kasih sayang dari seorang istri kepada suaminya akan membuat hubungan Anda akan jauh lebih harmonis lagi.

8. Jangan Berbohong Tentang Finansial

Ilustrasi terbuka dalam finansial

Pria sangat kritis pada wanita yang tidak jujur mengenai kondiai finansialnya. Bisakah Anda bayangkan jika suami Anda merahasiakan tentang pendapatannya atau pengeluarannya?

Ketika telah menikah, sebaiknya tidak ada lagi yang ditutup-tutupi tentang finansial keluarga. Anda dan suami harus saling terbuka. Bahkan ketika Anda dan suami sama-sama punya penghasilan dari tempat bekerja.

Berbohong soal keuangan hanya akan membuat hubungan jauh dari kata harmonis. Selalu jujur dalam hal apapun menjadi kunci utama untuk menjaga keharmonisan rumah tanga.

9. Buat Rencana Bersama

Melibatkan pasangan dalam kegiatan apa pun adalah salah satu cara membahagiakan suami. Termasuk ketika Anda ingin mengajak keluarga untuk berlibur. Libatkan suami dalam rencana liburan yang telah Anda susun.

Tak hanya untuk pergi liburan, membeli mobil, memilih rumah,  sampai dengan rencana untuk mempunyai anak, wajib ada kerjasama dan keputusan bersama dengan pasangan.

Buatlah semua rencana masa depan Anda bersama pasangan. Jangan mencoba terlihat lebih dari pasangan Anda dengan membuat keputusan sendiri.

10. Hormati Orang Tuanya

Suami Anda mengharapkan Anda untuk menghormati dan menyayangi orang tuanya sama seperti Anda menyayangi dan menghormati orang tua Anda sendiri.

Anda pun harus berusaha terus menjaga hubungan baik dengan kedua orang tua dari suami. Sehingga suami bisa lebih tenang dan tidak merasa berat sebelah, memilih istri atau orangtuanya.

Jadikan mertua Anda sebagai orang tua Anda sendiri. Perlakukan sama, tanpa ada perbedaan. Ketika suami melihat hal ini maka dia akan semakin sayang kepada Anda. Percayalah.

Baca juga: 7 Cara Menghadapi Mertua yang Pilih Kasih dan Menyebalkan

11. Minta Izin Dia Kalau Hendak Keluar Rumah

Ketika sudah menikah, Anda sepenuhnya telah menjadi tanggung jawab suami. Apapun yang terjadi pada diri Anda, walaupun bukan salah suami, tetap menjadi tanggung jawab suami.

Jadi, ketika hendak keluar rumah tanpa suami, jangan lupa untuk meminta izin. Setidaknya mengabarkan terlebih dahulu agar suami mengetahui keberadaan Anda dan tidak merasa cemas.

Hal ini juga untuk menghindari Anda dari fitnah yang mungkin akan muncul saat Anda pergi keluar rumah tanpa didampingi suami.

12. Jangan Buka Aibnya

Suami adalah pakaian istri, demikian pula istri adalah pakaian dari suami. Jika Anda tidak dapat menjaga kejelekan atau aib dari suami, dan mengumbarnya kepada orang lain, sama saja dengan Anda menanggalkan pakaian Anda alias menelanjangi diri Anda sendiri.

Ketika Anda membuka aib suami, Anda juga yang akan menanggung malu. Anda tidak mau seperti itu, kan?

Karena itu, cara membahagiakan suami adalah selalu menjaga apa pun keburukan yang dimilikinya. Karena keburukan suami juga akan menjadi keburukan Anda di mata orang lain. Jaga hal ini bahkan sampai masuk ke liang kubur.

13. Didik Anak dengan Baik

Suami punya tugas dan kewajiban untuk mencari nafkah dan melindungi keluarga. Istri akan punya peran lebih besar untuk mendidik dan mengasuh anak.

Ketika suami melihat Anda mendidik anak-anak dengan tepat, mengurus dan memperhatikan anak-anak dengan baik, Anda telah membantu meringankan tugas suami sebagai kepala rumah tangga.

Memiliki anak-anak soleh dan soleha, serta berprestasi, merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Dan, suami Anda akan bangga karena tahu kalau semua hal positif itu merupakan hasil kerja keras Anda dalam mendidik anak.

14. Masak Makanan Favoritnya

Percaya atau tidak, cinta bisa berawal dari perut. Kenyataannya, suami akan sangat senang ketika Anda menyajikan makanan favoritnya. Terlebih jika makanan tersebut adalah hasil masakan Anda sendiri.

Suami akan merasa diperhatikan karena Anda ingat makanan favoritnya, dikenyangkan perutnya, dan dilayani dengan baik oleh istri. Dijamin, suami bakal makin nempel kayak perangko.

Penutup

Cara membahagiakan suami sebenarnya relatif tidak sulit untuk Anda lakukan. Hal yang membuat sulit adalah jika Anda merasa melakukannya dengan terpaksa. Jadi, lakukan semuanya dengan ikhlas tanpa ada unsur paksaan.

Upaya yang Anda lakukan dengan penuh keikhlasan pasti akan berbalas dengan senyuman bahagia. Bukankah jika suami bahagia, Anda juga akan ikut merasa bahagia?

Loading...

Artikel Terkait: