11 Cara Meminta Maaf ke Pacar yang Kecewa dan Sedang Marah Besar

Ilustrasi meminta maaf ke pacar

Tak ada manusia di dunia ini yang luput dari khilaf. Termasuk diri kita, tentu pernah berbuat salah, bukan? Entah itu kepada teman, keluarga, atau mungkin pasangan sendiri.

Ya, hubungan cinta memang tak selamanya berjalan mulus. Terkadang tanpa sengaja, kita melakukan perbuatan yang ngebikin pasangan jadi kecewa. Bahkan mungkin marah besar.

Kalau sudah begitu, rasanya akan sulit untuk meminta maaf. Namun bukan berarti enggak ada kesempatan. Sebagai pihak yang bersalah, kita wajib memperbaiki keadaan. Dengan begitu, kita juga bisa mempertahankan hubungan agar tetap harmonis dan langgeng.

Nah, berikut ini tips-tips untuk meminta maaf ke pacar yang sedang marah besar. Simak yuk!

1. Jika Perlu Klarifikasi, Maka Segera Lakukan!

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat menghadapi pacar yang marah besar adalah segera memberikan klarifikasi atas masalah yang terjadi. Jangan menunda-nunda!

Apabila pertikaian tersebut hanya dikarenakan salah paham, maka cobalah meluruskannya. Namun bila itu murni kesalahan Anda, maka katakan apa yang terjadi sebenarnya. Jangan ada yang ditutup-tutupi dan akui bahwa Anda memang salah.

Loading...

Menunda-nunda klarifikasi hanya akan membuat masalah semakin runyam. Benar, tidak?

2. Berikan Penjelasan Secara Lembut dan Pelan-Pelan

Saat marah, biasanya emosi seseorang cenderung nggak stabil. Sangat mudah tersinggung dan sangat sensitif.

Oleh sebab itu, jika Anda hendak memberikan penjelasan kepada pacar yang marah, maka cobalah menggunakan bahasa yang halus. Pelan-pelan saja.

Tak perlu menggebu-gebu. Dengan demikian, si dia juga lebih mudah mencernanya.

3. Tunjukkan Raut Muka Menyesal

Tips meminta maaf ke pacar selanjutnya, yang nggak kalah penting yakni cobalah memasang raut muka menyesal. Benar-benar terlihat sedih dan berharap dimaafkan.

Bila perlu, teteskan air mata juga! Sebab menangis itu menjadi pertanda bahwa Anda meminta maaf secara tulus.

4. Ucapkan Maaf dengan Ikhlas

Jangan meminta maaf karena tanggung jawab semata. Apabila Anda memang menyesal dan masih ingin balikan dengan pacar, maka ucapkan maaf tersebut dengan ikhlas.

Anda tak perlu berharap respons yang berlebihan. Jika memang pacar Anda masih merasa kesal, ya sudah biarkan saja dia mengungkapkan segala kekecewaanya. Itu wajar!

Yang terpenting Anda sudah ikhlas meminta maaf. Apa pun hasilnya serahkan saja pada Tuhan.

5. Akui Kesalahan Anda

Ilustrasi mengakui kesalahan

Mengakui kesalahan diri sendiri memang bukanlah hal mudah. Kadang orang memilih menutupi kesalahannya, dengan tujuan agar tidak memperkeruh masalah.

Well, sebenarnya hal itu enggak benar ya! Justru cara terbaik untuk meminta maaf adalah dengan mengakui kesalahan.

Mungkin pada awalnya pacar Anda bakalan marah besar. Bahkan mungkin mendiamkan Anda selama berhari-hari.

Sedih sih, tapi itu lebih baik daripada Anda terus-menerus menutupi kesalahan. Setidaknya, dengan begitu menunjukkan bahwa Anda benar-benar menyesal.

6. Jujur itu Penting, Anda Tak Perlu Berbohong untuk Mencari Alasan

Cara meminta maaf ke pacar selanjutanya adalah dengan berkata jujur. Memang sih, terkadang kejujuran bisa menimbulkan rasa sakit hati.

But, its okay! Daripada Anda menyimpan kebohongan lebih lama, itu malah bikin pacar semakin sedih saat mengetahuinya.

Percaya deh, kejujuran pasti akan berbuah kemanisan. Mungkin pacar Anda akan kecewa. Namun tak menutup kesempatannya juga dia bakal memaafkan kesalahan Anda, sebab melihat ketulusan Anda dalam berkata jujur.

7. Berjanjilah untuk Tidak Mengulangi

Setelah Anda mengungkapkan maaf dengan tulus, selanjutnya berjanjilah untuk tidak mengulangi kesalahan Anda lagi. Ini sangat penting! Karena poin utama dari permintaan maaf adalah kesediaan untuk berubah menjadi lebih baik.

Betul tidak? Buat apa Anda meminta maaf kalau masih berniat mengulangi kesalahan?

Intinya, tidak masalah seburuk apa pun Anda di masa lalu. Yang terpenting Anda sudah bertaubat. Untuk saat ini, Anda hanya perlu fokus pada masa depan. Tak perlu menyesali kesalahan berlarut-larut. Move on!

Jadi, jika Anda menunjukkan bahwa Anda mampu berubah jadi pribadi lebih baik, maka pasangan pasti akan memberi kesempatan lagi.

8. Jika Sempat, Buatlah Masakan Spesial untuk Si Dia

Cara meminta maaf ke pacar selanjutnya adalah Anda bisa mencoba membuat menu masakan spesial khusus buat si dia. Tapi ingat ya, Anda harus bikin sendiri, bukan beli di luar.

Kalaupun Anda enggak bisa memasak, itu enggak masalah. Anda bisa belajar dulu dari tutorial di Youtube atau buku resep masakan. Bisa juga minta diajari orang yang jago masak. Apa pun itu, Yang terpenting adalah niatnya.

Biasanya sih, makanan yang dibuat dengan cinta itu ampuh banget untuk meluluhkan hati seseorang. Jadi tak ada salahnya Anda mencoba cara ini.

9. Berikan Sesuatu yang Berkesan, Tidak Harus Benda Mahal Lho!

Memberikan hadiah juga bisa menjadi salah satu cara meminta maaf ke pacar. Tentunya, hadiah ini bukan berarti sebagai ‘alat penyogok’ ya! Melainkan sebagai bukti bahwa Anda bersungguh-sungguh dalam meminta maaf.

Tidak sekadar ucapan semata, tapi Anda juga berusaha memberikan sesuatu yang berkesan dan romantis. Hal itu menjadi poin plus, lho!

Adapun hadiah yang bisa Anda berikan untuk pacar, enggak harus barang mahal kok. Anda dapat ngasih benda-benda hadycraft yang Anda buat sendiri.

Misalnya saja foto kolase, jar of wishes (toples yang diisi dengan benda-benda kenangan), syal rajut, atau mungkin bikin puisi.

10. Berikan Waktu untuk Pacar Berpikir

Setelah Anda mengungkapkan maaf dengan tulus, memberikan kado, dan berjanji tak mengulanginya lagi, tugas Anda selanjutnya hanyalah pasrah.

Jangan sesekali mendesak pacar untuk segera menjawab permintaan maaf Anda. Cara itu tidaklah benar. Kesannya Anda tampak tidak tulus. Anda hanya ingin dimaafkan tanpa peduli perasaan si dia.

Sebaiknya, berikan waktu kepadanya untuk berpikir. Tak perlu terlalu mendesak, sebab memaafkan juga bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi jika menyangkut perasaan, dikhianati, disia-siakan, tentunya sakit ya!

Maka itu, berikan ruang bagi si dia untuk sendiri dulu. Nanti kalau hatinya udah terasa tenang dan dia bisa berpikir jernih, pasti bakalan menghubungi Anda kembali. Percaya deh!

11. Untuk Kesempatan yang Telah Diberikan, Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan ketika meminta maaf ke pacar adalah mengucapakan terima kasih. Anda pasti bingung kan, untuk apa berterima kasih?

Pertama, untuk waktu yang telah dia berikan karena dia bersedia mendengarkan penjelasan Anda. Dia bersedia untuk tidak emosi. Tentunya itu sangat berarti, bukan?

Kemudian, untuk kesempatan yang mungkin ia berikan kepada Anda. Jika dia mau menerima Anda kembali, maka hargai itu. Ucapkan terima kasih sebagai wujud kebahagiaan Anda.

Penutup

Nah, demikianlah beberapa tips meminta maaf ke pacar yang kecewa dan sedang marah besar. Anda bisa segera mencobanya.

Nantinya, bila pacar Anda bersedia memaafkan kesalahan Anda, bahkan memberikan kesempatan lagi, itu tandanya ia memiliki jiwa besar. Pasangan demikian itu sangat pantas untuk Anda pertahankan dan bisa jadi orang yang tepat untuk menjadi pelabuhan terakhir Anda.

Loading...

Artikel Terkait