8 Cara Mempertahankan Hubungan Agar Langgeng Sampai Menikah

Ilustrasi cara mempertahankan hubungan

Ketika menjalin sebuah hubungan asmara dengan seorang kekasih, tentunya Anda ingin agar hubungan tersebut langgeng hingga ke pelaminan.

Namun, mempertahankan sebuah hubungan bukan perkara yang mudah. Meski demikian, jika hubungan Anda retak atau bahkan hampir putus, Anda tidak boleh menyerah begitu saja.

Perlu diketahui, belum ada cara yang sempurna untuk menjaga percintaan. Akan tetapi, setiap pasangan pasti mempunyai cara masing-masing dalam mempertahankan hubungannya.

Lantas apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini beberapa cara mempertahankan hubungan agar langgeng hingga menikah.

1. Saling terbuka

Cara pertama yang mungkin paling penting dalam mempertahankan hubungan adalah saling terbuka. Jangan selalu tertutup kepada pasangan.

Hubungan yang saling terbuka adalah hubungan di mana masing-masing individu bisa saling menghargai kebersamaan hidup dengan pasangan, dan membentuk hubungan yang saling pengertian satu sama lain dan timbal balik.

Karena kunci dari sebuah hubungan yang langgeng salah satunya adalah saling terbuka dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Lebih baik jangan suka berbohong atau menutupi masa lalu Anda kepada pasangan.

Loading...

Selain itu, Anda juga harus saling terbuka mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hubungan asmara. Jika Anda saling terbuka dengan pasangan, maka hubungan asmara Anda akan menjadi lebih baik lagi dan tentunya bisa langgeng hingga pernikahan.

2. Jadilah pendengar yang baik

Hubungan yang langgeng biasanya didasari oleh saling mendengarkan. Seringkali, hubungan yang retak bisa terjadi karena salah satu pasangan merasa sudah tidak dihargai dan didengarkan lagi  pendapatnya.

Oleh karena itu, sisakan waktu sebentar untuk mendengarkan ceritanya. Tanya tentang harinya, dan jangan lupa bersikaplah tertarik.

Dengan menjadi seorang pendengar yang baik, akan membuat pasangan Anda merasa lebih dipahami. Misalnya ketika pasangan sedang berbicara, cobalah untuk benar-benar mendengarkan apa yang sedang ia bicarakan.

Hentikan terlebih dahulu apa yang sedang Anda kerjakan seperti main smartphone. Tatap matanya dan berilah perhatian lebih.

Baca juga: Cara Menjadi Pendengar yang Baik untuk Pasangan Anda

3. Saling pengertian

Hubungan yang sehat merupakan hubungan yang dibangun dengan rasa saling percaya dan memahami. Ketika rasa saling pengertian itu hilang, perasaan cinta serta kasih sayang juga akan berantakan. Akibatnya hubungan akan berakhir dengan buruk.

Menurut para ahli, hal yang sangat terpenting dalam sebuah hubungan adalah jika salah satu pihak bisa berkompromi dengan mudah, hubungan akan bisa berjalan dengan mulus.

Namun jika Anda memang lebih mementingkan ego masing-masing, maka Anda dan pasangan pastinya akan sulit untuk bisa bersatu lagi.

Anda harus bisa saling mengerti satu sama lainnya, agar hubungan Anda dengan pasangan bisa tetap kembali dan selalu terjaga dengan baik. Cara mempertahankan hubungan ini relatif mudah Anda terapkan sehingga hubungan asmara bisa tetap langgeng.

4. Ciptakan romantisme hubungan dengan senyuman

Pada dasarnya, ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah hubungan bisa selalu tetap romantis dan mengesankan setiap harinya. Cobalah untuk saling memberikan senyum yang tulus kepada pasangan.

Sadar atau tidak, dengan memberikan sebuah senyuman yang tulus, pasangan Anda nantinya akan merasa nyaman dan bangga karena telah memiliki Anda. Begitu pun jika Anda yang mendapat senyum tulus darinya. Bisa dipastikan Anda akan bangga karena telah memilikinya.

Meskipun jika dilihat cukup sederhana, namun sebuah senyuman merupakan salah satu hal yang dapat mencairkan segala suasana. Senyum juga bisa membuat perasaan siapa saja menjadi lebih positif, tenang juga nyaman.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk menciptakan romantisme dengan sebuah senyuman. Tidak sulit, bukan?

5. Jangan sampai hilang komunikasi

Ilustrasi menelepon pacar

Ketika Anda sedang bertengkar dengan pasangan pasti akan menimbulkan kerenggangan dalam berkomunikasi. Sehingga hal tersebut bisa membuat  Anda dan juga pasangan nantinya tidak berkomunikasi lagi. Ujung-ujungnya bisa menyebabkan putus.

Kurangnya komunikasi bisa sangat berpengaruh buruk bagi kelangsungan hubungan. Komunikasi yang buruk juga dapat memungkinkan seorang pasangan kehilangan respect serta perasaan cinta kepada Anda. 

Tak hanya itu, komunikasi yang kurang juga akan meningkatkan rasa tidak nyaman antara satu sama lain. Akibatnya, sebuah hubungan asmara yang terjalin justu akan terasa hambar. Rasa cinta pun bisa dengan cepat memudar.

Ingatlah, komunikasi merupakan suatu hal yang berperan sangat penting untuk menjaga sebuah hubungan agar tetap awet. Karena tanpa komunikasi, sebuah hubungan tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Jadi, saat Anda sedang bertengkar dengan pasangan Anda, usahakan untuk mengalah agar tidak merembet ke mana-mana. Ibaratnya, Anda mengalah untuk menjaga hubungan tidak sampai putus.

6. Jangan bersikap egois

Di saat hubungan sudah hampir retak, biasanya akan bertengkar dengan hebatnya. Perdebatan serta adu argumen akan dilakukan dari masing-masing pihak, karena masing-masing egois.

Nah, jika Anda memang masih sayang dengan pasangan Anda, dan tidak menginginkan hubungan ini berakhir begitu saja, maka Anda harus berpikir lebih positif dan jangan egois. Mengalah lah untuk kebaikan jika memang itu adalah hal yang terbaik untuk hubungan kalian nantinya.

Anda mungkin tidak bisa mengambil keputusan sendiri lalu meminta pasangan Anda mengikutinya. Begitupun sebaliknya, pasangan Anda tidak bisa melakukan itu terhadap Anda.

Untuk itu, sejak awal sebaiknya Anda membiasakan diri untuk melibatkan satu sama lain dalam setiap pengambilan keputusan. Lebih baik didiskusikan terlebih dahulu sejak awal daripada mengubah seluruh keputusan yang telah diambil.

Baca juga:

7. Jika sedang bertengkar, minta maaflah duluan

Bersikap ikhlas merupakan sebuah cara mempertahankan hubungan yang sangat sulit untuk diterapkan oleh manusia di zaman sekarang ini. Semuanya ingin menang sendiri agar dianggap lebih mendominasi.

Jika Anda ingin memenangkan hati pasangan Anda yang sedang marah dan sudah diambang kata putus, maka Anda bisa mengucapkan kata maaf duluan. Biarkanlah dia menganggap dirinya benar dengan pertengkaran yang sedang Anda alami tersebut.

Anda harus ikhlas menerima kekalahan dalam berbagai percekcokan. Namun, Anda berhasil memenangkan hatinya dengan meluluhkannya dengan kata maaf duluan.

Tidak ada salahnya kok jika Anda berani meminta maaf duluan kepada pasangan. Justru hal itu akan membuat pasangan juga meminta maaf pada Anda. Buktikan jika Anda adalah pasangan dewasa yang berani mengakui segala kesalahan dan meminta maaf untuk memperbaiki kesalahan Anda itu.

8. Jangan dengarkan kata orang lain

Mungkin ada di antara teman atau keluarga yang meminta Anda untuk putus dari si dia. Mulai sekarang jangan dengarkan kata orang lain. Kenapa? Karena perkataan mereka belum tentu benar.

Lebih baik Anda ketahui lebih dalam sifat atau karakter pasangan Anda. Bila perlu, ajukan beberapa pertanyaan sulit untuk menilai sikapnya. Misalnya saja, tanya pandangan dia tentang poligami. Atau, apa pendapatnya bila nanti sudah menikah orang tua Anda tinggal bersama kalian.

Jangan terkejut bila jawaban dari dia di luar perkiraan Anda. Bila itu terjadi, coba utarakan yang menjadi ketidaksetujuan Anda. Bila jawabannya memuaskan Anda, bisa jadi dialah pria yang cocok menjadi suami Anda.

Penutup

Itulah beberapa cara mempertahankan hubungan asmara yang bisa Anda lakukan dengan pasangan. Intinya, jika hubungan Anda sedang retak, cobalah mengoreksi kembali kesalahan-kesalahan yang mungkin Anda lakukan.

Jangan sungkan untuk meminta maaf duluan kepada si dia. Ini akan membantu memperbaiki ataupun melanggengkan hubungan kalian berdua. Semoga bermanfaat!

Loading...

Artikel Terkait