10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau Saat Ada Masalah

Ilustrasi pikiran kacau

Setiap orang pasti pernah mengalami fase di mana pikiran terasa kacau hingga membuat hati pun jadi galau. Hal ini bisa dikarenakan adanya masalah asmara, kerjaan yang menumpuk, bosan dengan aktivitas harian, ataupun faktor lain.

Biasanya ketika suasana hati galau maka mood juga ikutan jelek. Sehingga jadi malas melakukan segala aktivitas, mudah tersinggung, bahkan marah-marah tanpa alasan. Nah, berikut beberapa cara menenangkan hati saat pikiran Anda sedang kacau.

1. Seburuk Apapun Masalahnya, Tetaplah Berpikir Positif

Cara menenangkan hati yang paling ampuh tatkala Anda dilanda masalah hidup, yakni dengan tetap berpikiran positif. Seburuk apapun kondisinya, percayalah pasti akan ada jalan keluar.

Jangan melihat sisi negatifnya saja! Anda perlu mengubah sudut pandang dan yakin bahwa setiap permasalahan selalu ada hikmahnya. Jadi jangan terlalu bersedih ataupun frustasi. Itu malah membuat Anda salah langka, bahkan memperburuk keadaan.

Setidaknya, dengan berpikiran positif, Anda tidak akan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Dan itu membuat Anda lebih mudah berpikir dalam mencari solusi terhadap masalah tersebut.

2. Mendekatkan Diri ke Tuhan

Kebanyakan orang berpikir bahwa bermain ke club malam, joget-joget dan mabuk bisa menjadi senjata untuk menenangkan hati yang gelisah. Padahal enggak sama sekali!

Loading...

Katakanlah Anda menemukan kesenangan dari aktivitas clubbing tersebut. Namun percaya deh, kesenangan itu hanya akan bertahan sesaat. Setelah itu, hati Anda bakal terasa hampa kembali.

Daripada menghabiskan waktu dengan hal-hal tak berguna, lebih baik Anda mendekatkan diri kepada Tuhan. Beribadahlah!

Jika Anda muslim, Anda bisa melakukan shalat lima waktu atau shalat sunat. Bisa juga mendengarkan lantunan ayat Allah. Hal ini akan membuat hati Anda terasa damai sekaligus tenang.

3. Jangan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri

Jujur saja, kadangkala memaafkan diri sendiri itu lebih sulit daripada memaafkan kesalahan orang lain. Kondisi tersebut kerapkali membuat diri merasa berdosa, dihantui rasa bersalah tiada henti, hingga memicu frustasi.

Sebaiknya, jika Anda mengalami masalah, apapun itu, janganlah terlalu menyalahkan diri berlebihan. Bertanggung jawab memang perlu! Namun bukan berarti harus terus-menerus menyiksa batin, apalagi menganggap diri Anda tak pantas diampuni.

Jangan pernah berpikir begitu, ya! Setiap orang pernah melakukan kesalahan, dan setiap orang berhak mendapatkan kesempatan. Maka itu, cobalah untuk memaafkan diri sendiri.

Dengan Anda memberikan maaf terhadap diri sendiri, lalu mencoba bangkit dan memperbaiki diri, maka itu bisa jadi cara menenangkan hati.

4. Lakukan Senam Yoga untuk Relaksasi Pikiran

Salah satu jenis olahraga yang bisa membantu Anda menghilangkan stres adalah senam yoga. Dalam ilmu medis, gerakan dalam senam yoga ini berguna untuk merenggangkan otot-otot tubuh, melancarkan aliran darah, sekaligus menenangkan sistem syaraf.

Ketiga hal tersebut tentunya tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan fisik, tapi juga membantu rileksasi pikiran.

Dengan Anda melakukan senam yoga, itu dapat mengurangi kecemasan sekaligus menghilangkan pikiran yang tegang.

Oiya, tidak semua yoga diperuntukan sebagai penghilang stres. Untuk bisa mengerjakannya, Anda bisa mencari tutorialnya di Youtube, atau juga bisa mengikuti kelas yoga.

Baca juga:

5. Cari Patner Ngobrol untuk Mengeluarkan Unek-Unek di Hati

Ketika pikiran jenuh dan mood lagi nurun, sebaiknya jangan hanya berdiam diri di dalam kamar. Jangan memendam perasaan sendirian. Itu malah bikin Anda semakin stres dan galau berkepanjangan.

Coba cari teman ngobrol. Bisa pasangan Anda, orang tua, sahabat, atau siapa pun yang Anda percayai. Sekalipun orang yang Anda ajakin ngobrol nggak bisa memberi solusi, tapi dengan mengutaran unek-unek itu saja sudah bisa membuat hati lebih lega. Percaya deh!

Namun pastikan dulu bahwa orang tersebut bisa jaga rahasia. Jangan sampai Anda bercerita dengan orang yang ‘bermulut ember’. Wih itu bahaya, bisa-bisa rahasia Anda jadi nyebar kemana-kemana lho!

6. Rehat Sejenak dari Kesibukan, Lakukan Perjalanan ke Tempat Wisata Alam

Ilustrasi cara menengkan hati di pantai

Cara menenangkan hati selanjutnya, yakni dengan melakukan perjalanan ke wisata alam. Ke gunung, pantai, air terjun, atau lainnya.

Alam selalu menjadi jawaban tepat untuk menenangkan hati dan pikiran. Dengan melihat pemandangan hijau serta lautan biru akan membuat Anda merasa lebih damai. Melihat karya Tuhan yang begitu memesona itu sangat menyenangkan, guys! Jadi Anda harus mencobanya.

Kalaupun Anda tidak punya cukup budget untuk pergi wisata, buat saja tenda di halaman rumah. Ajak teman-teman Anda untuk menginap. Lalu jangan lupa sediakan cemilan dan buat api unggun. Nggak repot, kan? Sederhana, tapi dijamin berkesan.

7. Hibur Diri dengan Shopping atau Hunting Kuliner. Asalkan Jangan Boros!

Trik berikutnya, cara menenangkan hati ketika ada masalah adalah dengan pergi jalan-jalan. Anda bisa pergi berbelanja sekaligus hunting kuliner untuk menghibur diri.

Agar aktivitas Anda semakin menyenangkan, jangan lupa ajak teman-teman. Tapi ingat ya, jangan terlalu boros! Jangan sampai Anda khilaf, lalu membeli segala benda yang ada di depan mata. Duh, itu malah bikin dompet tipis dan efeknya malah semakin stres.

8. Nonton Film Komedi

Nonton film bergenre komedi juga bisa menjadi pelipur lara ketika hati Anda sedang gundah gulana. Anda tinggal Googling untuk mencari rekomendasi film-film lucu yang bagus. Lalu tonton deh filmnya lewat website online. Sebelumnya, Anda jangan lupa beli kuota dulu ya!

Dan biar nontonnya semakin seru, sediakan juga cemilan. Bisa snack, buah, bakso, atau makanan jenis lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan kehabisan energi walau tertawa terpingkal-pingkal.

9. Yakinlah ‘Badai Pasti Berlalu’, Jadi Tak Perlu Terlalu Menyiksa Diri

Yang namanya orang hidup pastinya akan selalu dihadapkan pada berbagai masalah. Itu wajar! Tidak ada satu manusia pun yang luput dari cobaan.

Maka itu, untuk menyikapinya Anda tak perlu bersedih berlebihan. Yakinlah bahwa badai pasti berlalu. Tak peduli seberapa pahit dan seberapa sulit, semua itu pasti akan terlewati seiring berjalannya waktu. Anda hanya perlu bertahan untuk menjalaninya.

Toh, Anda tidak sendirian! Semua orang di dunia ini punya ujiannya masing-masing. Bahkan mungkin ada yang masalahnya lebih rumit dari Anda.

Oleh karenanya, cobalah untuk ikhlas dan bersabar. Serahkan semuanya pada Tuhan. Dengan begitu Anda akan merasa lebih tenang.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Masalah Hidup yang Datang Bertubi-tubi

10. Jangan Pernah Lari dari Masalah, Anda Harus Menghadapinya!

Ketika pikiran Anda terasa kacau dikarenakan suatu masalah, cara menenangkan diri yang paling efektif adalah dengan menghadapi masalah tersebut. Bukan dengan lari ataupun bersembunyi.

Lari dari masalah tidak hanya membuat Anda seperti pengecut, tapi juga bikin hati semakin tidak tentram atau cemas. Oleh sebab itu, jadilah seseorang yang bertanggung jawab! Bila memang Anda salah, maka mengakulah. Selesaikan apa yang telah Anda perbuat.

Walaupun hasilnya nanti tidak sesuai yang Anda harapkan, setidaknya Anda sudah berani menghadapi. Dan itu akan membuat Anda bangga dan tenang.

Penutup

Demikianlah beberapa cara menenangkan hati saat pikiran kacau karena suatu masalah. Semoga bisa membantu Anda merasa lebih baik.

Oh ya, sebenarnya wajar saja sih jika Anda bersedih ketika ada masalah. Tapi sebaiknya jangan terlalu tenggelam dalam perasaan. Cobalah untuk bangkit. Dan yang terpenting, jangan pernah lelah untuk berdoa kepada Tuhan.

Loading...

Artikel Terkait