9 Cara Efektif Mengatasi Kecemasan Berlebihan

Ilustrasi kecemasan berlebihan

Anda pernah mengalami susah tidur di malam hari? Atau tidur tapi sebentar-sebentar bangun?

Boleh jadi itu adalah tanda-tanda kecemasan sudah mulai melanda diri Anda. Beban pikiran yang berlebih berpotensi memicu rasa cemas. Jika dibiarkan akan bisa berujung dengan depresi.

Cemas atau kecemasan tidak lain dari sebuah perasaan negatif terhadap suatu hal. Penyebabnya bisa dari sisi internal maupun eksternal. Bahkan penggunaan obat yang tidak sesuai takarannya juga bisa menyebabkan kecemasan berlebih.

Seandainya kecemasan ini sudah mulai mengganggu kehidupan Anda, maka mau tidak mau memang harus diatasi. Cara mengatasi kecemasan berlebihan selalu diawali dari diri sendiri.

Mengapa? Karena Anda yang merasakan kecemasan tersebut, jadi hanya Anda yang bisa mengatasi rasa cemas tersebut dengan baik.

Untuk membantu Anda, kami berikan 9 cara efektif dalam mengatasi rasa cemas yang berlebihan. Simak baik-baik ya.

Loading...

1. Tarik Napas Dalam-dalam

Mungkin Anda akan bilang,”Ah ini sih cara standar”. Betul, ini memang sebuah cara atau metode yang sudah dipakai oleh entah berapa generasi manusia di muka bumi.

Tapi, hingga saat ini cara ini masih terbukti ampuh dan efektif dalam mengatasi kecemasan berlebihan.

Ketika Anda mulai merasakan kecemasan, coba tarik napas dalam-dalam secara perlahan. Lakukan tarikan napas sekitar 4 detik. Lalu embuskan kembali secara perlahan juga selama 4 detik.

Lakukan berulang-ulang hingga kecemasan mulai mereda.

Secara ilmiah, metode ini akan membuka diafragma di paru-paru secara alami dan efeknya adalah Anda merasa rileks. Dengan rutin melakukan latihan napas seperti ini otot dan syaraf yang tegang akan dikendurkan dan menjadi lebih tenang.

2. Temukan Sumber Kecemasan

Kecemasan kadang bisa muncul secara tiba-tiba dan tidak bisa kita kontrol. Namun demikian, Anda harus bisa mengidentifikasi sumber kecemasan tersebut.

Apakah karena pekerjaan di kantor yang masih menumpuk. Bahkan karena rutinitas seperti kemacetan di Senin pagi juga bisa menimbulkan rasa cemas.

Ketahui lebih dalam apakah pemicu rasa cemas tersebut memang sesuatu yang wajar atau tidak. Seperti karena tugas yang Anda tangani sudah hampir mendekati tenggat waktu, itu cukup wajar jika Anda merasa cemas.

Dengan mengetahui sumber kecemasan, maka Anda pun akan lebih mudah mendapatkan solusinya.

3. Hadapi Penyebab Kecemasan

Saat Anda sudah mengetahui penyebab munculnya kecemasan, langkah selanjutnya adalah menghadapi kecemasan tersebut.

Jangan menghindar, karena hanya akan membuat Anda terus dilanda kecemasan. Anda justru harus terlibat ke dalam hal yang menjadi sumber kecemasan.

Pasalnya, salah satu faktor munculnya kecemasan adalah karena situasi dan kondisi yang tidak pernah Anda alami atau rasakan sebelumnya.

Misalkan, Anda selalu merasa cemas ketika naik lift maka Anda justru harus menghadapinya dengan terus mencoba naik lift.

Ketika Anda sudah mulai terbiasa dengan kondisi tersebut, maka tidak akan ada lagi rasa cemas. Cara ini memang berat tapi cukup efektif untuk mengatasi kecemasan berlebihan.

4. Jadikan Kecemasan Bagian dari Kehidupan

Ilustrasi mengatasi kecemasan berlebihan

Sebagai manusia, Anda tidak akan pernah bisa menghindar dari kecemasan. Karena kecemasan pasti akan selalu datang, terutama ketika kondisi mental kita tengah menurun. Padahal hal-hal yang sering dicemaskan seringnya malah tidak pernah terjadi.

Di sisi lain, rasa cemas sebenarnya bisa menjadi stimulus bagi perkembangan mental dan diri kita. Anda harus pernah mengalami kondisi yang tidak nyaman dalam kehidupan.

Dengan demikian, Anda akan bisa menjalani hidup dengan lebih baik meski ada ketidaknyamanan atau kecemasan yang datang suatu hari nanti.

Anda pun bisa lebih berkonsentrasi untuk melakukan hal-hal positif dan lebih penting bagi hidup Anda. Ketimbang hanya berkutat di rasa cemas yang sebenarnya tidak perlu Anda cemaskan.

5. Berolahragalah

Kondisi kebugaran yang buruk juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa cemas. Untuk itu Anda harus merutinkan berolahraga.

Terutama yang terkait dengan latihan kardiovaskular atau melatih kondisi paru-paru dan pernapasan kita.

Idealnya, untuk membuat kondisi kardiovaskular kita tetap prima, minimal melakukan jalan kaki selama 30 menit sampai 60 menit setiap hari. Jika memang tidak memungkinkan, minimal 3 kali seminggu dengan durasi yang sama.

Saat berjalan kaki selama 30 menit maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon inilah yang kemudian membantu Anda dalam menurunkan dan mengatasi kecemasan berlebihan.

6. Cukup Istirahat dan Tidur

Pekerjaan Anda membuat waktu tidur menjadi berkurang? Bisa jadi itulah penyebab Anda merasakan kecemasan yang berlebihan.

Seseorang yang kurang tidur akan memicu aktivitas berlebih di bagian amygdala dan insular cortex pada otak. Aktivitas inilah yang kemudian memunculkan rasa cemas.

Itu merupakan hasil penelitian Andrea Goldstein, peneliti dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat. Semakin sering Anda kurang tidur maka semakin besar pula rasa cemas yang dialami ketika menghadapi tumpukan pekerjaan.

Untuk mengatasi kecemasan berlebihan akibat kurang tidur dan istirahat, sebenarnya bisa dengan melakukan terapi mudah dan sederhana. Seperti mandi air hangat dan minum susu hangat sebelum tidur.

Setelah Anda bisa mendapat waktu tidur yang cukup, kecemasan yang kerap muncul pun akan berkurang.

Baca juga: Panduan Menjalani Pola Hidup Sehat dengan Cara CERDIK.

7. Bermain dan Bergembira

Kalau Anda kebetulan punya hewan peliharaan, jadikanlah mereka sebagai alat untuk melepas kecemasan berlebihan.

Bermain dan bergembira bersama hewan peliharaan disebut punya efek cukup besar untuk mengurangi rasa cemas.

Tingkah pola hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan secara langsung akan membuat hati Anda senang dan bahagia. Anda pun akan terhindar dari rasa cemas yang berlebihan.

Hewan peliharaan Anda pun tak kalah gembira karena mendapat perhatian yang cukup dari majikannya.

8. Aromaterapi dan Meditasi

Kecemasan ada di dalam pikiran kita. Karena itu untuk membuang rasa cemas, pikiran Anda harus berusaha dibuat lebih tenang.

Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan menjalankan aromaterapi.

Posisikan badan Anda dengan berbaring secara nyaman di atas pembaringan atau duduk di sofa yang empuk. Tenangkan pikiran Anda sambil mencium wangi-wangian aromaterapi.

Wangi khas aroma terapi akan membuat pikiran dan badan Anda menjadi rileks dan kecemasan pun bisa berkurang. Alunan musik yang lembut akan menambah kuat proses relaksasi ini.

Cara aroma terapi ini juga bisa Anda gabungkan dengan meditasi.

Karena meditasi mampu mengubah suasana hati dan pikiran yang tengah dilanda kecemasan menjadi lebih tenang. Ditambah wangi aroma terapi, proses meditasi Anda bisa lebih maksimal.

9. Berserah Diri

Seberat apa pun penyebab kecemasan yang Anda rasakan, tetap yakin dengan ketentuan Tuhan. Karena Tuhan pasti lebih tahu apa yang terbaik untuk kita.

Karena itu serahkan semua masalah dan kecemasan yang ada hanya kepada Dia. Berdoalah untuk memohon pertolongan, bantuan, dan bimbingan-Nya agar Anda bisa menghadapi kecemasan dan menemukan solusinya.

Penutup

Kecemasan adalah sebuah hal yang manusiawi. Untuk mengatasi kecemasan berlebihan Anda memang harus berani menghadapinya.

Ketika Anda memilih menghindar dan menjauh dari rasa cemas, hanya akan membuat Anda dikejar-kejar oleh kecemasan. Jadi, hadapi dan nikmati kecemasan sehingga Anda akan bisa menemukan solusi dan menikmati kehidupan.

Loading...

Artikel Terkait