9 Cara Elegan Mengatasi Kesepian Karena Jomblo Berkepanjangan

Ilustrasi wanita jomblo

Menjadi seorang jomblo akan memberi ketidaknyamanan bagi sebagian orang. Karena itu status tanpa kekasih kerap berusaha dihindari agar tidak melekat pada diri mereka.

Status jomblo juga kerap menjadi bahan ledekan teman-temannya yang kebetulan sudah punya pasangan.

Lebih dari itu, menjadi jomblo memang dekat dengan rasa kesepian. Tak ada teman mengobrol atau tempat mencurahkan isi hati. Jalan-jalan pun terasa hampa karena tak ada yang menemani.

Kesepian yang dirasakan para jomblo bisa membuat mereka menjadi sedih dan bahkan terkuras energinya. Karena kesepian ini memang tidak mereka inginkan.

Agar tidak sampai mengalami kesedihan yang mendalam, Anda perlu mengetahui cara mengatasi kesepian sehingga tidak akan terlarut dalam duka nestapa yang membuat hidup seolah menderita.

Mau tahu apa saja caranya? Simak di bawah ini.

Loading...

1. Buang Jauh Masa Lalu

Hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memulai tahapan untuk  mengatasi kesepian adalah membuang masa lalu sejauh mungkin.

Lepaskan kaki dan pikiran Anda dari momen-momen di masa lalu. Terutama ketika status Anda bukan seorang jomblo alias punya pasangan.

Meskipun Anda mengalami momen indah ketika masih punya pasangan, tetap saja itu adalah masa lalu.

Apalagi jika Anda pernah mengalami kejadian buruk dengan sang mantan. Lebih baik buang dan hapus dari ingatan selamanya.

Tataplah masa depan yang sudah menunggu untuk Anda isi dengan kehidupan yang lebih baik. Dengan melupakan masa lalu, Anda akan punya kekuatan untuk tidak lagi mengingat kesepian yang Anda alami saat ini.

2. Mengunduh Aplikasi Hiburan di Smartphone Anda

Saat ini, smartphone sudah jamak dimiliki banyak orang. Dari mulai anak sekolah sampai karyawan dan pensiunan, sudah menggunakan smartphone dalam keseharian mereka.

Nah, jadikan smartphone sebagai sarana penghibur Anda kala merasa kesepian.

Cara mengatasi kesepian melalui bantuan smartphone adalah dengan mengunduh berbagai aplikasi hiburan.

Ada banyak aplikasi yang bisa menjadi alat penghibur Anda. Mulai dari aplikasi video seperti Youtube sampai aplikasi karaoke yang bisa membuat Anda bisa melupakan kesepian.

Dengan smartphone, Anda pun bisa melakukan video call dengan teman-teman. Sehingga, meski terpisah oleh jarak, Anda tetap merasa dikelilingi banyak teman berkat bantuan smartphone.

3. Dalami Hobi

Rasanya tidak ada orang yang tidak memiliki hobi. Apa pun hobi Anda, tekuni lebih dalam. Terutama ketika Anda mulai dilanda kesepian.

Mendalami hobi akan membuat Anda lebih punya aktivitas positif.

Waktu luang yang kerap memancing rasa sepi tidak akan Anda alami ketika sudah menjalani hobi. Anda akan terfokus dalam menjalani hobi dan tidak terganggu lagi oleh rasa sepi.

Bahkan kalau bisa, Anda bisa mencapai level expert dalam hobi Anda. Kalau sudah mencapai level expert dalam hobi Anda, dipastikan akan ada uang yang mengalir ke dalam dompet.

Ya, dari hobi yang awalnya sebagai alat menepis kesepian, Anda akhirnya justru bisa mendapat penghasilan. Sebuah hal positif bukan?

4. Gabung dengan Komunitas

Pasti akan ada orang yang memiliki hobi sama dengan Anda. Mereka umumnya bergabung dalam satu komunitas.

Sebuah komunitas yang berawal dari hobi yang sama inilah yang bisa menjadi tempat Anda meluangkan waktu dan membuang rasa sepi.

Bergabung dengan komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama akan membuat Anda mempunyai banyak aktivitas baru.

Aktivitas ini akan sangat membantu Anda dalam mengusir rasa sepi. Perbanyak teman di komunitas sehingga Anda pun menjadi lebih bahagia.

5. Selalu Ada Buku di Dalam Tas

Membaca buku untuk mengatasi kesepian

Saat ingin jalan-jalan dan makan di luar, seorang jomblo pasti kerap merasa gundah. Pasalnya, dia berpeluang melihat banyak pasangan yang berseliweran dengan mesra.

Pemandangan ini jelas sangat tidak menyenangkan bagi seorang jomblo. Dia akan semakin merasa kesepian.

Karena itu, cara mengatasi kesepian saat sedang berjalan-jalan adalah selalu menyimpan buku di dalam tas.

Meski saat ini sudah eranya e-book, tetapi buku cetak tetap menarik sebagai teman jalan. Khususnya saat Anda tengah makan sendirian di pusat keramaian.

Membaca buku merupakan aktivitas yang butuh konsentrasi tinggi. Jadi, ketika Anda makan atau sekadar minum kopi bisa disambi dengan membaca buku.

Dengan demikian, Anda tidak banyak terganggu dengan para pasangan yang bergandengan tangan di hadapan Anda.

Baca juga:

6. Kuota Internet Selalu Tersedia

Bagi para jomblo yang doyan mencari hiburan melalui smartphone, pastikan kuota internet Anda selalu terisi.

Jangan sampai ketika tengah asyik membuang sepi dengan menghibur diri melalui smartphone, tiba-tiba harus berhenti karena kuota habis.

Apalagi jika kondisi tersebut terjadi di tengah malam buta. Tidak ada penjual pulsa atau kuota yang masih buka di tengah malam. Mau mencari minimarket yang buka 24 jam juga tak berani.

Jadi, jangan sampai kamu mati gaya dan kembali merasakan kesepian di tengah malam gara-gara habis kuota.

7. Manjakan Diri

Salah satu cara mengatasi kesepian yang cukup menyenangkan adalah dengan memanjakan diri.

Bagi para wanita, tentu saja bisa pergi ke salon. Melakukan berbagai aktivitas yang membuat tubuh dan hati menjadi lebih tenang.

Bagaimana dengan para laki-laki? Tetap bisa memanjakan diri kok.

Tapi caranya tentu tidak ikut meni-pedi laiknya kaum Hawa. Anda bisa mengunjungi gerai message yang akan membuat tubuh lebih rileks dan tenang.

Bisa juga mendatangi rumah makan favorit Anda. Pilihlah menu yang paling disukai sambil ditemani buku yang masih belum Anda selesaikan.

8. Sering Berkumpul dengan Teman

Rasa sepi biasanya muncul ketika Anda tidak punya aktivitas. Terutama di hari libur yang memang menjadi waktu untuk beristirahat.

Sialnya, hari libur akan terasa lebih berat bagi para jomblo karena justru memancing rasa sepi.

Karena itu, coba ajak beberapa teman untuk berkumpul di rumah. Bisa juga Anda yang mengunjungi rumah mereka. Tawarkan untuk menginap, sehingga Anda tidak akan merasakan kesepian di malam hari.

Buatlah aktivitas yang menarik bersama teman. Dari mulai nonton film bareng atau melakukan sejumlah permainan bersama.

Terpenting adalah Anda tidak merasa kesepian di malam libur berkat kehadiran teman-teman Anda.

9. Pelihara Hewan Lucu

Memelihara hewan juga bisa dijadikan sarana penghibur diri bagi para jomblo. Tingkah polah hewan yang lucu dan menggemaskan akan mampu membuat Anda sejenak melupakan rasa sepi atau bosan yang melanda.

Dengan keberadaan hewan peliharaan di rumah, Anda pasti tidak akan lagi merasa sepi. Saat Anda pulang kerja atau kuliah, pasti akan ada yang dicari.

Kadang kala,  hewan yang sudah dipelihara cukup lama bisa mengerti perasaan majikannya.

Bagi Anda yang ingin melepaskan isi hati, bisa juga bercerita kepada hewan peliharaan Anda. Tapi tentu saja jangan berharap bisa mendapat jawaban atau respons dari mereka.

Penutup

Tidak ada manusia yang senang dengan rasa sepi. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti butuh orang lain untuk hadir dalam kehidupannya. Tanpa teman atau pasangan, hidup pasti akan terasa hampa.

Agar itu tidak terjadi, Anda bisa praktikan cara mengatasi kesepian yang sudah dipaparkan panjang lebar di atas.

Dengan demikian, hidup Anda bisa lebih ceria dan menyenangkan meski status masih seorang jomblo.

Loading...

Artikel Terkait