7 Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

Ilustrasi mengatasi susah tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan mendasar manusia. Sedangkan susah tidur atau insomnia merupakan salah satu gangguan tidur di mana seseorang terjaga, sulit terlelap saat tidur, dan memiliki kualitas tidur yang buruk.

Dampak dari sulit tidur ini adalah dapat menyebabkan sesorang sulit berkonsentrasi dan memiliki suasana hati yang buruk saat beraktivitas di sepanjang harinya. Tak hanya itu, penderita insmonia menjadi tidak bertenaga dan lelah saat bangun pagi serta mengantuk di siang harinya saat melakukan aktivitas.

Beberapa gejala insomnia antara lain adalah sulit mengawali tidur, tidur yang tidak nyenyak, bangun ketika malam hari, dan tidak dapat tidur kembali dengan cepat. Apakah Anda sering mengalami gejela-gejala itu juga?

Jika ya, susah tidur tentunya harus segera diatasi. Pasalnya, jika tidak segera diatasi akan berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda dalam jangka panjang nantinya. Berikut ini beberapa cara jitu untuk mengatasi susah tidur secara alami yang dapat Anda lakukan.

1. Ketahui penyebab susah tidur Anda

Cara yang paling mendasar untuk mengatasi susah tidur atau insomnia adalah dengan mengetahui penyebab dari insomnia yang Anda alami. Masing-masing individu tentu memiliki alasan penyebab susah tidur yang berbeda-beda.

Beberapa di antaranya adalah karena stres yang berlebihan atau kebanyakan pikiran, adanya perubahan ritme kegiatan di dunia kerja atau pendidikan, dan jadwal tidur yang tidak teratur. Bisa juga suasana lingkungan tidur yang tidak nyaman dan gaya hidup yang tidak terlalu aktif.

Loading...

Adanya perubahan kondisi fisik juga menjadi pengaruh kualitas tidur Anda. Sebagian besar penderita susah tidur adalah wanita, terlebih untuk ibu hamil ataupun orang yang lanjut usia. Untuk itu perlu diadakan upaya pencegahan yang tepat sesuai dengan masing-masing penyebab insomnia agar kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Baca juga:

2. Hindari makan berat

Makan malam yang baik sebelum tidur adalah sekitar 3 hingga 4 jam sebelumnya. Namun jika Anda merasa lapar saat mendekati waktu tidur, Anda dapat memilih kudapan ringan seperti biskuit, buah segar ataupun susu hangat.

3. Kurangi asupan kafein

Ada beberapa kandungan asupan yang perlu dihindari agar Anda tidak terserang insomnia. Beberapa di antaranya adalah minuman yang mengandung kafein dan alkohol serta nikotin.

Minuman berkafein seperti kopi, minuman keras beralkohol dan rokok yang mengandung nikotin dapat memberikan efek stimulan yang membuat badan tetap terjaga. Selain itu efek samping dari alkohol adalah membuat Anda terbangun di malam hari dan mejadi sulit tidur kembali.

4. Jauhkan diri dari gadget

Tidak memegang gadget saat akan tidur merupakan salah satu tips untuk mengatasi susah tidur terutama untuk bermain game atau mengecek sosial media. Bermain game sebelum tidur dapat membuat otak Anda bekerja untuk semakin fokus dan konsentrasi. Tentu hal ini dapat membuat badan kurang rileks saat akan tidur.

Pun dengan mengecek sosial media atau email dapat membuat kondisi psikologis Anda menjadi tidak santai. Cenderung menambah pikiran-pikiran tertentu yang semakin menyulitkan tidur.

Selain itu alat elektronik, baik hp maupun komputer, dapat memancarkan cahaya buatan yang akan memberikan sinyal pada otak agar tetap terjaga. Tak hanya perangkat elektronik, Anda juga perlu memindahkan jam analog dari dalam kamar karena suara detiknya dapat mengganggu tidur Anda.

5. Utamakan kenyamanan ruang tidur

Keadaan yang disarankan dan paling baik untuk tidur adalah ruang dengan cahaya yang temaram atau gelap, memiliki suhu yang sejuk atau tidak terlalu dingin maupun panas serta tidak berisik.

Anda juga dapat menggunakan penutup mata jika dirasa cahaya ruang tidur terlalu mengganggu. Tambahkan penyejuk udara dengan suara mesin yang tidak terlalu berisik jika kamar terlalu panas.

Cara lain untuk menambah kenyamanan tidur Anda adalah dengan memilih dekorasi yang tepat untuk ruang tidur, menjaga kebersihan dan kerapihan ruang tidur serta termasuk di dalamnya adalah memilih kasur yang tepat.

6. Tulis jurnal

Beberapa orang mengalami masalah sulit tidur karena memikirkan banyak hal yang harus dilakukan esok hari atau pikiran-pikiran tentang apa yang terjadi hari ini.

Oleh sebab itu, jika Anda sedang mengkhawatirkan banyak hal maka ada baiknya Anda menulis tentang jadwal kegiatan atau poin-poin yang perlu dilakukan untuk esok hari.

Selain itu, Anda juga dapat membuat jurnal atau semacam buku harian untuk menuangkan uneg-uneg yang menjadi beban pikiran Anda agar Anda lebih rileks saat sebelum tidur.

Tuangkan semua beban pikiran Anda maupun rasa yang dipendam. Tak hanya baik untuk kualitas tidur, menulis jurnal juga dapat memberikan efek positif untuk kondisi psikologis Anda.

Baca juga: 9 Cara Mudah dan Efektif Menghilangkan Pikiran Negatif

7. Lakukan kegiatan pengantar tidur

Beberapa kegiatan yang dapat menambah rasa kantuk untuk mengatasi susah tidur antara lain adalah mandi air hangat dan membaca buku. Bisa juga mendengarkan musik bertempo lambat hingga perlunya mengatur pernapasan agar lebih rileks.

Penutup

Demikianlah 7 cara jitu mengatasi susah tidur yang dapat Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Usahakan untuk selalu tidur teratur yakni tidur dan bangun di waktu yang sama untuk setiap harinya. Tujuannya agar jam biologis tubuh menjadi terbiasa.

Selain itu, juga hindari tidur siang lebih dari 20 menit per harinya agar tidur malam Anda tidak terlalu terganggu. Jika Anda merasa sudah melakukan semua tips tersebut dan masih mengalami insomnia akut, maka ada baiknya Anda mengunjungi dokter.

Loading...

Artikel Terkait