Cara Menggunakan HabitBull untuk Melacak Kebiasaan Baru Anda

Ilustrasi menggunakan aplikasi HabitBull

Kebiasaan berpengaruh kepada kesuksesan Anda. Semakin banyak kebiasaan baik yang Anda miliki, semakin besar kesuksesan yang Anda raih. Sayangnya, kebiasaan-kebiasaan baik (good habits) seperti membaca, menabung, berolahraga, tidur yang cukup, menulis, dan sebagainya, tidak mudah dibangun. Penyebab utamanya adalah tidak konsisten menjalankannya.

Salah satu strategi mengatasi inkonsistensi ini adalah dengan melacak kebiasaan baik yang sedang dibangun. Pelacakan ini semakin mudah dengan banyaknya aplikasi pelacak habit (habit tracker). Dari jumlah tersebut, HabitBull merupakan aplikasi yang layak Anda coba.

HabitBull memiliki dua versi yaitu berbayar (premium) dan gratis. Meskipun fiturnya terbatas, HabitBull versi gratis sudah powerful. Jika Anda tertarik menggunakannya, berikut tahap demi tahap yang perlu Anda lakukan.

A. Menginstal HabitBull

Langkah pertama adalah menginstal HabitBull. Untuk tujuan tersebut, ikuti tahap demi tahap di bawah ini.

1. Kunjungi Google Play Store dengan mengklik ikon Play Store yang ada di ponsel pintar Anda. Sebelumnya, pastikan Anda memiliki kuota internet di ponsel tersebut.

Ikon Google Play Store

Loading...

2. Klik tombol Aplikasi.

3. Di beranda Aplikasi yang muncul, klik ikon pencarian lalu ketik HabitBull. Anda akan melihat deskripsi singkat HabitBull. Klik deskripsi tersebut.

Deskripsi singkat HabitBull

4. Klik tombol Install.

Tombol install HabitBull

5. Klik tombol Accept sehingga terjadi pengunduhan dan penginstalan HabitBull.

6. Setelah selesai diinstal, buka aplikasi HabitBull.

Tombol open HabitBull

B. Membuat catatan kebiasaan baru

Kini saatnya Anda menggunakan HabitBull untuk membuat catatan kebiasaan baru Anda. Untuk tujuan tersebut, lakukan langkah-langkah berikut:

7. Saat HabitBull dibuka untuk kali pertama, ada 4 pilihan untuk masuk ke aplikasi tersebut. Supaya lebih cepat, klik pilihan I don’t want to register.

pilihan login

8. Pilih I’m sure pada notifikasi Are you sure?

9. Geserkan layar ponsel pintar Anda ke kiri sebanyak dua kali sehingga muncul pilihan Tap To Dip In!. Tekan atau ketuk pilihan tersebut.

Pilihan Tap To Dive In

10. Tekan tanda lingkaran +  untuk mulai menambahkan kebiasaan baru Anda.

Add a new habit

11. Anda akan melihat kategori terpopuler. Pilih salah satu kategori yang ada (jika tidak ada kategori yang sesuai, tekan tanda segitiga yang ada di kiri bawah Most Popular). Sebagai contoh, Anda memilih Health & Fitness untuk melacak kebiasaan push up Anda.

Pilih kategori kebiasaan

12. Pilih pelacakan With a Number.

Pilih With a Number

13. Pilih Every Day dan atur waktu yang Anda butuhkan untuk membangun kebiasaan baru tersebut. Anda bisa mengaturnya 30 hari, 60 hari, dan seterusnya. Atau, biarkan durasi waktu seperti bawaannya. Setelah itu, klik tombol Create.

Pilih Every day

14. Ketik nama kebiasaan, deskripsi kebiasaan (opsional), dan parameter sukses harian (misalnya 1 kali push up setiap hari). Setelah itu, klik tombol Next.

Nama dan parameter kebiasaan

15. Anda akan melihat notifikasi bahwa Anda sudah berhasil membuat catatan kebiasaan. Tekan catatan kebiasaan itu sehingga muncul kalender dengan tanggal saat catatan itu dibuat.

Catatan bulan

C. Mengisi catatan kebiasaan baru

Untuk melacak kebiasan baru yang sedang Anda bangun, Anda mesti mengisi catatan yang sudah dibuat pada bagian B. Pengisian ini dengan memasukkan jumlah yang sesuai atau melebihi target Anda, misalnya jumlah push up yang dilakukan setiap hari. Cara mengisinya sangat mudah yaitu:

16. Ketuk tanggal, dan masukkan jumlah push up yang Anda lakukan.

Set jumlah

17. Anda bisa menuliskan sesuatu di bagian Comment. Namun, jika tidak mau, langsung klik Set.

18. Klik OK pada notifikasi yang muncul. Anda akan melihat tanda lingkaran di tanggal tersebut. Artinya, Anda sudah melacak kebiasaan tersebut pada tanggal (hari) bersangkutan.

terlacak di tanggal bersangkutan

D. Menambahkan pengingat

Inkonsistensi membangun kebiasaan baik bisa disebabkan lupa melakukan kebiasaan tersebut. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa membuat pengingat (reminder) di HabitBull. Caranya sebagai berikut.

19. Klik Monthly seperti yang tertera di screnshot tahap ke-18.

20. Klik Remind yang ikonnya berupa jam.

Remind

21. Klik tanda + di sebelah kanan Every Day.

Reminders

22. Ubah waktu bawaan ke waktu yang Anda inginkan. Pilih juga bunyi pengingat di With sound. Setelah itu, pilih dua pilihan di bawahnya dan klik Set.

Add reminder

E. Mengedit atau menambahkan catatan kebiasaan

Bagian A sampai D memandu Anda melacak sebuah kebiasaan baik. Nah, bagaimana kalau catatan kebiasaan baik tersebut ingin diedit karena misalnya namanya mau diganti? Bagaimana caranya membuat catatan untuk kebiasaan baik lain? Jangan khawatir, Anda bisa melakukannya.

23. Untuk mengedit catatan kebiasaan, klik Edit. Sementara itu, untuk menambahkan catatan kebiasaan baik lain, klik Add (maksimal 5 catatan untuk HabitBull versi gratis).

Ikon Add dan Edit

24. Jika Anda menambahkan catatan, ulangi langkah ke-11 sampai langkah ke-22.

25. Untuk melihat semua catatan kebiasaan baru Anda, klik ikon Dashboard di sebelah kiri logo HabitBull. Contohnya seperti di bawah ini.

All Habits

HabitBull bisa membantu Anda melacak kebiasaan baik apa pun yang sedang Anda bangun. Memang di awalnya cukup repot menggunakan aplikasi Android ini karena Anda harus membuat catatan kebiasaan, mengisinya, dan menambahkan pengingat. Namun, setelah itu Anda akan merasakan manfaat dari menggunakan HabitBull sehingga kebiasaan baik Anda terbentuk. Selamat mencoba!

Loading...

Artikel Terkait