7 Cara Menghadapi Mertua yang Pilih Kasih dan Menyebalkan

Ilustrasi menghadapi mertua yang pilih kasih

Bagi Anda yang telah menikah pasti mengetahui rasanya memiliki mertua. Akan membahagiakan jika mertua Anda menyayangi Anda seperti anak kandung sendiri. Dan berlaku pula sebaliknya.

Namun, akan menambah beban pikiran dan penderitaan jika mertua tidak menyayangi Anda dan terlihat lebih menyayangi menantu lainnya.

Hal lain yang menyebalkan adalah jika mertua membandingkan Anda dengan menantu yang lain di depan umum. Menjelek-jelekkan Anda dan menyebutkan kelebihan menantu lain. Wah, hal tersebut tentunya menyesakkan dada dan membuat hati sakit.

Lantas, bagaimana cara menyikapi mertua yang seperti itu? Untuk membantu Anda menghadapi mertua yang pilih kasih, berikut 7 cara yang perlu Anda coba.

1. Mencari tahu alasan mertua pilih kasih

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencaritahu alasan mertua membenci dan pilih kasih pada Anda. Kebencian seseorang pasti ada alasannya. Untuk itulah Anda harus mengetahuinya.

Mulai cari penyebab yang berasal dari Anda sendiri, misal apakah pernikahan Anda dahulu benar-benar direstui? Apakah Anda pernah membuat kesalahan fatal pada mertua sebelumnya? Pernahkan Anda bersikap tidak sopan pada mertua? Apakah ada hal yang tidak Anda kuasai sebagai seorang istri atau suami?

Loading...

Jika kira-kira Anda mengetahui penyebab utamanya, maka Anda harus berusaha untuk mengubahnya atau memperbaikinya. Namun jika Anda tak juga menemukan penyebabnya, Anda sebaiknya mendiskusikan dengan suami atau istri Anda.

2. Silahturahim ke rumah mertua

Cara menghadapi mertua yang pilih kasih selanjutnya yaitu dengan silahturahim ke rumah mertua. Hal tersebut dilakukan jika Anda tinggal di tempat berbeda dengan mertua.

Tujuan utama ke rumah mertua yaitu untuk silaturahmi, mengetahui kabar mertua, mengakrabkan diri dengan mertua, dan memberi perhatian lebih pada mertua. Selain itu, jika bisa lakukan pembicaraan santai dengan mertua, kumpulkan keberanian untuk berkata minta maaf jika memiliki kesalahan, dan mintalah nasehat apa yang harus Anda lakukan.

Jika mertua tidak mau diajak berbicara baik-baik, tidak perlu putus asa. Anda bisa mencobanya lagi di lain waktu. Yang penting Anda jangan sampai lupa untuk berbuat baik pada mereka.

3. Lebih memperhatikan mertua

Anda juga harus memperhatikan mertua karena mungkin saja mereka pilih kasih karena Anda tidak memberi perhatian lebih pada mereka. Perhatiannya tidak harus dalam bentuk besar. Menanyakan kabar mertua saja sudah termasuk perhatian.

Jika saat menanyakan kabar, mertua menceritakan sesuatu, maka dengarkan ceritanya. Tak hanya itu, jika mereka membutuhkan bantuan, cobalah untuk membantu sebisa Anda.

4. Menjadi diri sendiri

Hal ini sangat penting karena Anda sedang menjalani hidup Anda sendiri bukan hidup orang lain. Jadi tidak perlu bertindak seperti orang lain demi menyenangkan hati mertua.

Tunjukkanlah diri Anda apa adanya, jangan dibuat-buat. Kecuali jika Anda memiliki sifat buruk yang memang merugikan orang lain. Jika Anda memiliki sifat yang demikian, maka sebisa mungkin Anda hilangkan. Berusahalah menjadi orang baik tanpa harus menjadi orang lain.

Tak kenal maka tak sayang, jadi kemungkinan mertua pilih kasih itu karena belum mengenal Anda seutuhnya. Terus tunjukkanlah bagaimana diri Anda pada mertua, serta tunjukanlah ketulusan Anda.

5. Jangan berani membantah mertua

Cara menghadapi mertua yang pilih kasih berikutnya yaitu dengan tidak membantah perkataan mertua. Mertua pastinya orang yang lebih tua dari Anda dan mereka tentu ingin dihargai. Untuk itu, dengarkan semua yang mereka katakan.

Jika Anda tidak setuju maka jangan langsung dibantah, cari terlebih dahulu kata-kata yang tepat untuk menolak agar mertua tidak tersinggung. Saat mengucapkan pun kalau bisa dengan mimik yang terlihat sopan dan tidak angkuh agar tidak menyinggung hati mereka.

6. Sabar dan tidak membalas kejahatan mertua

Anda juga tidak boleh membalas hal buruk yang dilakukan mertua pada Anda. Terimalah apa yang mereka katakan, jangan mencoba untuk membalasnya meskipun Anda merasa sakit hati.

Karena jika Anda membalasnya, mertua nanti bisa semakin membenci Anda. Anda harus bersabar atas semua perbuatan dan perkataan buruk yang mereka lakukan.

Selalulah sabar dan berprasangka baik pada mertua agar hidup Anda lebih bahagia. Anda harus memiliki pemikiran positif bahwa perbuatan sabar dan baik bisa membuat mertua Anda akhirnya menyukai Anda.

7. Berdoa dan ikhlas karena Allah

Dua hal ini sangatlah penting. Allah pasti mengabulkan doa hambanya dalam bentuk yang lebih baik. Semuanya mungkin memang tidak berjalan sesuai yang Anda inginkan karena Allah memang menyiapkan jalan yang terbaik untuk Anda. Hal yang menurut Anda baik belum tentu baik di mata Allah, dan begitu pula sebaliknya.

Anda juga harus melakukan semua hal ikhlas karena Allah. Maksudnya yaitu saat Anda melakukan kebaikan pada mertua, maka niatkan hal tersebut karena Allah, bukan karena agar disayang mertua. Apapun yang diniatkan karena Allah pasti hasilnya akan menakjubkan.

Penutup

Nah itu tadi beberapa cara menghadapi mertua yang pilih kasih. Intinya Anda harus bersabar dalam menjalani cobaan tersebut dan selalu yakinlah bahwa mertua Anda nanti akan menyayangi Anda.

Atau alternatif lainnya yaitu dengan melihat apa yang menantu lain lakukan pada mertua Anda sehingga mertua Anda lebih menyayangi mereka. Lihat hal baiknya saja, jangan ikuti semuanya. Sekian dan semoga Anda bisa terlepas dari sikap pilih kasih yang dilakukan mertua Anda.

Loading...

Artikel Terkait