8 Cara Menghasilkan Uang dari Internet untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa adalah periode penting untuk bisa mandiri. Mahasiswa sudah harus pintar mengelola “uang jajan” dari orang tuanya.

Termasuk mengetahui cara mendapatkan penghasilan tambahan, sehingga tidak lagi banyak bergantung kepada orang tua.

Tak perlu repot sewa kios yang tentu tidak murah untuk bisa mendapatkan uang tambahan. Karena saat ini mahasiswa sudah bisa menghasilkan uang dari internet. Caranya lebih simpel dan bisa dilakukan di mana saja, selama ada koneksi internet.

Dengan mendapatkan penghasilan dari internet, para mahasiswa ini bisa melakukannya di sela mengerjakan tugas kuliah. Karena saat mencari bahan-bahan tugas sekarang lebih banyak menggunakan internet ketimbang buku diktat yang tebal.

Jadi, apa saja yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan tambahan uang dari internet? Simak 8 caranya berikut ini.

1. Reseller atau Dropshiper

Menjadi reseller adalah cara menghasilkan uang dari internet yang banyak dilakukan mahasiswa. Mereka mengambil produk dari orang lain dan kemudian dijual lagi.

Loading...

Dari setiap produk yang berhasil dijual akan didapat keuntungan dari margin harga yang telah disepakati dengan pemilik produk.

Cara yang lebih mudah lagi adalah menjadi dropshipper. Anda tak perlu membeli barang atau produk yang akan dijual.

Cukup membuka akun di berbagai marketplace yang ada saat ini. Ketika ada transaksi, maka pihak seller yang akan memproses dan mengirimkan barangnya.

Tidak perlu melakukan stok barang. Hanya perlu banyak melakukan promosi melalui media sosial agar produk yang Anda jual bisa diketahui banyak orang.

2. Afiliate Marketing

Mirip dengan drosphipper, menjadi afiliate marketing pun tidak mengharuskan Anda membeli stok produk. Barang yang dijual tetap ada di pihak seller.

Ketika ada penjualan maka Anda akan mendapat komisi yang memang telah ditentukan di awal kerja sama.

Anda wajib punya blog atau situs yang akan menjadi sarana penyaluran link afiliasi kepada seller. Saat ada orang mengunjungi situs Anda dan kemudian tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka dia akan terhubung dengan pihak seller melalui sebuah link.

Produk yang dijual sebagai seorang afiliate marketing ini sangat beragam. Mulai dari produk digital hingga benda fisik. Pihak yang membuka program afiliasi ini di antaranya Amazon.com, Clickbank.com, dan Ratakan.com.

3. Freelance Content Producer

Berkembangnya dunia internet membuat para pemilik situs maupun blog selalu membutuhkan konten.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun penjualan produk pun saat ini membutuhkan konten menarik untuk mengisi situs mereka.

Konten ini tak melulu hanya tulisan. Bisa juga berupa foto dan video yang juga banyak dibutuhkan untuk promosi perusahaan.

Anda tentu harus punya passion dan peralatan yang dibutuhkan. Untuk mejadi penulis konten oneline praktis hanya butuh komputer dan pengetahuan di bidang yang dibutuhkan perusahaan.

Anda juga bisa bergabung ke dalam situs-situs penghubung antara pemilik situs/blog dengan pihak pengisi konten. Seperti Freelancer, Projects.co.id, atau Sribulancer.

 4. Buka Layanan Jasa

Ilustrasi pelaku jasa online

Memiliki kemampuan di satu bidang juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet.

Kemampuan khusus sebagai penerjemah, desainer grafis, karikatur, atau fotografer bisa dijadikan lahan untuk menambah penghasilan.

Anda tak perlu pasang plang atau spanduk besar di depan pagar rumah. Cukup buat blog atau bahkan situs untuk menawarkan kemampuan tersebut.

Jangan lupa, isi blog atau situs Anda dengan portofolio yang menunjukkan hasil pekerjaan yang sudah diselesaikan.

Bisa juga dengan menawarkannya melalui media sosial, seperti Facebook. Apalagi Facebook sudah menyediakan page khusus untuk mempromosikan kemampuan atau produk yang Anda miliki.

Bisa juga memasarkannya melalui berbagai forum yang banyak bertebaran di Facebook atau media sosial lainnya.

5. Menjadi Blogger atau Vlogger

Hanya ingin menulis sesuatu di blog atau situs dengan tema yang Anda sukai saja juga tetap bisa menghasilkan tambahan uang loh.

Jadilah Anda blogger yang punya spesialisasi di bidang-bidang tertentu.

Seperti menjadi fashion blogger atau food blogger. Ketika konten yang Anda bikin memang menarik minat para peselancar di dunia maya, maka blog Anda akan ramai dikunjungi.

Saat itulah Anda bisa mulai menarik dollar melalui iklan yang dipasang di blog Anda.

Bahkan sekarang, menjadi seorang vlogger pun sama menariknya dengan blogger. Perbedaannya hanya di media yang menjadi sarana penyaluran ide dan gagasan  yang Anda munculkan. Vlogger selalu mengandalkan video untuk mengisi konten dari blog miliknya.

Seperti halnya blogger, vlogger pun baru bisa memetik hasil ketika blog milik mereka mulai banyak dikunjungi sehingga menarik para pengiklan untuk mempromosikan produk mereka di blog Anda.

Jika Anda ingin membuat blog sukses namun bingung dari mana memulainya, silakan lihat buku karya Herman Yudiono, yaitu Make Money Blogging: Panduan Tahap demi Tahap Menghasilkan Uang dari Blog.

Di buku digital tersebut, Anda akan mengetahui langkah demi langkah yang perlu Anda lakukan dari mulai memilih topik blog hingga menghasilkan uang.

6. Ikut Survei Online

Cara lain dalam menghasilkan uang dari internet adalah dengan mengikuti survei online. Ada banyak penyedia survei online yang tersebar di dunia maya.

Tugas Anda hanya menjawab pertanyaan yang diajukan sesuai kondisi sebenarnya.

Dari setiap survei yang Anda lakukan, maka akan mendapat “upah” sekian rupiah atau sekian dollar, tergantung dari situs survei online yang diikuti. Jumlahnya memang tidak banyak untuk satu kali survei.

Tapi jika Anda memiliki akun di banyak penyedia survei online ini, maka jumlah yang didapat pun pasti akan cukup besar.

Apalagi jika, demografi Anda adalah yang banyak dicari pihak yang membutuhkan data tersebut.

7. Ciptakan Aplikasi Ponsel

Buat Anda yang memang punya hobi di bidang IT, menciptakan aplikasi di ponsel juga merupakan sebuah cara menarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Apalagi sekarang relatif lebih mudah dalam membuat sebuah aplikasi yang bisa digunakan di ponsel android maupun iOS.

Bisa berupa aplikasi yang memang dipakai orang lain dalam membantu aktivitas keseharian. Bisa juga membuat game sederhana yang bisa bikin orang ketagihan.

Ketika aplikasi Anda makin banyak diunduh, maka para pengiklan pun akan datang tanpa perlu diundang. Saat itulah artinya masa panen sudah tiba.

8. Mainkan Aplikasi dan Dibayar

Buat Anda yang tidak punya passion atau ketertarikan membuat aplikasi, tetap bisa mendatangkan uang dari program komputer ini.

Anda hanya perlu mengunduh berbagai aplikasi yang khusus memberikan uang kepada Anda.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu rajin menjalankan aplikasi tersebut. Umumnya mengharuskan Anda menonton video iklan yang menjadi syarat untuk mendapatkan recehan dari aplikasi ini.

Jika Anda kemudian mengunduh aplikasi yang ada di dalam iklan, maka akan ada tambahan uang yang masuk ke dompet virtual Anda.

Benefit yang didapat sangat beragam. Dari mulai tambahan e-money di PayPal, voucher di Google Play Store, hingga pulsa telepon. Di antara aplikasi yang akan memberi Anda bayaran adalah Whaff Rewards.

Penutup

Untuk bisa menghasilkan uang dari internet atau usaha sampingan yang lain tetap butuh kesabaran. Anda tidak bisa ujug-ujug mendapat bayaran besar dari pihak yang membutuhkan jasa Anda.

Tetap harus ada upaya tak kenal lelah untuk membangun kredibilitas yang bagus. Saat kredibilitas itu sudah didapat, maka Anda tidak akan kesulitan mencari klien. Mereka justru akan datang sendiri meminta bantuan kepada Anda.

Loading...

Artikel Terkait: