10 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu yang Berlebihan Terhadap Suami

Ilustrasi menghilangkan rasa cemburu

Perasaan cemburu itu adalah hal wajar bagi semua orang. Baik laki-laki ataupun wanita, pasti pernah merasakan cemburu. Namun jika dibandingkan, wanita cenderung lebih mudah baper ketimbang laki-laki.

Hal itu membuat mereka jadi gampang cemburu. Biasanya kecemburuan wanita biasanya didasari oleh ego. Sehingga kadang suka berlebihan.

Di samping itu, wanita juga sulit menyembunyikan perasaan cemburu. Apabila melihat suaminya dekat dengan wanita lain, entah itu teman atau patner kerja, rasa curiga akan langsung muncul hingga kerapkali menimbulkan pikiran-pikiran negatif.

Sebenarnya, rasa cemburu yang berlebihan seperti itu tidaklah baik. Cemburu bisa dikatakan tanda sayang. Tapi jika terlalu ekstrem maka berpotensi menghancurkan rumah tangga.

Nah, agar Anda tidak menjadi istri yang posesif, yuk pelajari cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan pada suami berikut ini.

1. Tanamkan Pikiran Positif di Dalam Diri

Tips pertama untuk menghilangkan rasa cemburu berlebihan yakni dengan menanamkan pikiran positif di dalam diri. Jangan mudah curiga jika Anda belum tahu kebenarannya.

Loading...

Semisal, suami pulang malam. Maka Anda jangan keburu berburuk sangka, apalagi menganggap suami berselingkuh. Bisa jadi dia memang lagi lembur kerja.

Sebaiknya sih, tanyakan apa yang sebenarnya terjadi secara langsung kepada suami. Dan apabila Anda masih ragu, Anda bisa mencoba menyelidiki kebenarannya dengan meminta bantuan orang terdekat.

2. Bangunlah Keterbukaan dengan Pasangan

Nah, poin kedua ini juga sangat penting untuk menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan. Anda cobalah membangun keterbukaan dengan suami.

Sekecil apa pun masalahnya, sebaiknya jangan ada yang ditutup-tutupi. Diskusikan segala sesuatu dengan pasangan. Mulai dari hal kecil hingga hal besar, ungkapkan saja! Dengan begitu tidak akan ada salah paham yang menyelinap di antara hubungan kalian berdua.

Kalau semisal Anda cemburu melihat kedekatan suami dengan temannya, maka jujurlah. Katakan bila Anda tidak suka dan ingin mereka membatasi hubungannya. Seperti itu lebih enak daripada Anda harus memendam sendirian yang mana lama-kelamaan malah bikin stres.

3. Jaga Komunikasi yang Baik

Rasa cemburu berlebihan kadang muncul ketika komunikasi yang terjalin antar pasangan tidak berjalan baik. Entah karena terlalu sibuk, gengsi, atau apalah itu.

Komunikasi itu sangat penting, lho! Bisa dikatakan komunikasi adalah pondasi yang membuat hubungan rumah tangga jadi kuat.

Maka itu, bagaimana pun kondisinya, usahakan tetap membangun komunikasi yang lancar dengan pasangan. Dengan begitu rasa cemburu atau prasangka jelek lainnya nggak akan menjangkiti pikiran Anda.

4. Bersikap Saling Percaya

Langkah selanjutnya untuk melawan rasa cemburu adalah dengan bersikap saling percaya. Ketika Anda memutuskan untuk menerima pinangan dari suami itu sudah mewujudkan bahwa Anda percaya dengannya.

Nah, Anda harus menjaga kepercayaan tersebut agar tidak luntur. Sebab jika hubungan tidak didasari atas rasa percaya maka bakalan kacau.

Anda akan mudah terpengaruh oleh omongan orang lain. Hal tersebut bisa memecah belah hubungan kalian.

5. Jangan Suka Membanding-bandingkan Diri dengan Orang Lain

Apabila Anda ingin mengendalikan rasa cemburu maka Anda harus bisa berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Anda tak perlu minder melihat kecantikan dan kesuksesan wanita lain.

Toh, semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yakinlah, dengan suami memilih menikahi Anda itu menunjukkan bahwa dia cinta dengan Anda.

Mungkin ada sesuatu di dalam diri Anda yang tidak dimiliki wanita lain. Anda punya sesuatu spesial yang membuat suami Anda terpesona. Jadi percaya dirilah!

Jangan berkecil hati, apalagi terbayang-bayang rasa takut suami bakal berpaling ke wanita lain. Nggak perlu, ya! Anda cukup menjadi diri sendiri apa adanya dan perbanyak bersyukur.

6. Bersikaplah Realistis, Jangan Lebay

Ilustrasi jangan lebay

Dalam menghadapi suatu hal, sebaiknya Anda jangan terlalu berlebihan. Misalnya, Anda melihat suami mengobrol dengan wanita, jangan buru-buru terbakar api cemburu. Anda harus bisa mengendalikan emosi.

Cobalah bersikap realistis dan gunakan logika. Jangan selalu menuruti ego! Bila suami Anda berbicara dengan wanita lain itu tidak selalu menandakan ia berselingkuh. Bisa jadi wanita tersebut patner kerjanya atau mungkin teman sekolahnya yang tengah menyapa.

Anda harus mencari tahu dulu agar tidak jadi fitnah. Apabila Anda terus-menerus bersikap lebay itu malah bikin suami jadi tidak nyaman, lho!

7. Berbagi Perasaan Kepada Orang Terdekat

Cara menghilangkan rasa cemburu berikutnya, bisa dengan curhat sama orang yang Anda percayai. Coba deh, Anda berbagi perasaan dengannya. Ceritakan bahwa Anda mudah sekali merasakan cemburu terhadap suami atau mungkin Anda mencurigai sesuatu.

Ya, siapa tahu dengan Anda curhat itu bisa membantu Anda menemukan solusi. Baik untuk mengendalikan rasa cemburu yang sudah overdosis, atau mungkin solusi untuk membuat suami berkata jujur.

Well, apa pun itu, curhat bisa membuat pikiran Anda terasa jauh lebih plong.

8. Jangan Terlalu Posesif

Sikap posesif dan terlalu kepo dengan dunia suami itu juga menjadi pemicu munculnya rasa cemburu berlebihan. Sebenarnya sah-sah saja bila Anda ingn mengetahui segala aktivitas suami.

Sebab Anda istrinya, jadi Anda memiliki hak untuk tahu. Namun sebaiknya, rasa keingintahuan Anda tersebut jangan berlebihan.

Misalnya, setiap menit Anda mengecek ponselnya. Kemana pun dia pergi harus lapor, perginya dengan siapa juga harus lapor. Duh, itu namanya posesif dan pastinya bikin suami jadi risih.

Begini, dia kan suami Anda. Maka sudah sepatutnya Anda mempercayainya. Tak perlu terlalu kepo. Sikap kepo hanya akan membuat Anda semakin berpikir negatif, bahkan memicu timbulnya rasa cemburu berlebih.

9. Lupakan Masa Lalu dan Kesalahan Suami

Jika suami Anda pernah melakukan selingkuh atau kesalahan di masa lalu, sebaiknya Anda maafkan dan lupakan! Jangan diungkit-ungkit kembali.

Apabila Anda selalu mengungkitnya, maka itu akan membuat hati Anda terluka kembali. Sehingga akibatnya rasa cemburu tidak akan pernah bisa padam.

Anda akan terus terbayang-bayang oleh pengkhianatan suami. Memikirkan dia bersenang-senang dengan selingkuhannya, memikirkan betapa bodohnya Anda yang dibohongi, dan pikiran-pikiran buruk lainnya.

Semuanya itu bersatu di otak Anda membentuk sebuah bom yang siap medelak setiap saat. Plis, berhentilah jika Anda seperti demikian!

Kesalahan yang pernah dilakukan suami maafkan saja. Ini demi kebahagiaan Anda. Jika Anda tidak pernah bisa move on dari masa lalu, maka selamanya Anda akan terjerat dalam rasa cemburu.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Sakit Hati Karena Suami Selingkuh

10. Serahkan Semua Pada Tuhan

Cara menghilangkan cemburu berlebihan yang paling mujarab yakni dengan pasrah kepada Tuhan. Pasrah bukan berarti tak melakukan apa pun, ya! Tapi pasrah berarti tawakkal. Menyerahkan semuanya pada Tuhan.

Karena memang di dunia ini, ada banyak hal yang tidak sanggup Anda kerjakan bila mengandalkan kemampuan diri. Termasuk mengawasi suami, tak mungkin Anda melakukannya selama 24 jam.

Anda tidak tahu apa yang dilakukannya di kantor, entah siapa yang diajak chattingan. Who knows? Segala hal bisa saja terjadi.

Dan Anda tak bisa mengendalikannya. Satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan hanyalah percaya dan tawakkal kepada Tuhan.

Penutup

Demikianlah beberapa cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan terhadap suami. Enggak terlalu sulit sih, tinggal bagaimana niat Anda untuk berubah jadi lebih dewasa. Semoga bermanfaat ya!

Loading...

Artikel Terkait