8 Cara Manjur Menghilangkan Rasa Iri Pada Orang Lain

Ilustrasi menghilangkan rasa iri

Pernahkah Anda bertanya kenapa orang lain bisa lebih sukses daripada Anda? Atau mungkin bertanya-tanya apa yang telah orang lain kerjakan hingga bisa lebih kaya dari Anda? Waspadalah, itulah adalah tanda-tanda munculnya rasa iri.

Iri adalah sesuatu yang membuat hati dan pikiran kita tidak tenang. Bahkan ketika tingkatan iri sudah sedemikian tinggi, bisa jadi Anda akan melakukan tindakan-tindakan yang buruk. Tujuannya sudah tentu agar Anda merasa lebih tinggi atau lebih baik dari orang lain.

Karena itu tidak baik menyimpan rasa iri. Hanya akan membuat kehidupan Anda tidak lagi nyaman. Karena sehari-hari energi dan pikiran Anda terbuang hanya untuk memikirkan kenapa orang lain lebih baik dari Anda sendiri.

Tenang, selalu ada cara dalam hal positif. Menghilangkan rasa iri relatif tidak sulit. Ikuti saja cara-caranya di bawah ini, dan lakukan secara konsisten agar hasilnya bisa maksimal.

1. Temukan Alasan Munculnya Rasa Iri

Hal yang paling utama untuk menemukan cara yang tepat dalam membuang rasa iri sudah tentu mencari penyebabnya lebih dulu. Dengan mengetahui akar permasalahannya, Anda akan dimudahkan untuk menemukan cara yang paling tepat dalam mengatasi rasa iri.

Apakah Anda iri karena teman Anda baru saja membeli sebuah mobil lansiran paling anyar? Sehingga Anda pun ingin memiliki mobil yang sama. Lebih parah lagi jika Anda mencari-cari tahu kenapa dia bisa punya uang banyak untuk membeli mobil tersebut dengan gajinya sebagai seorang karyawan biasa.

Loading...

Ini adalah tanda bahwa Anda iri dengan kemampuan teman Anda dalam membeli sebuah barang mahal. Renungkan penyebab Anda merasa iri dan mulailah menemukan cara membuangnya dengan tepat dan manjur.

2. Jangan Bandingkan dengan Orang Lain

Cara manjur berikutnya dalam menghilangkan rasa iri adalah harus diawali dengan tidak pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain. Ingat, dua orang kembar identik saja punya perbedaan. Apalagi Anda dengan teman yang tidak ada hubungan darah maupun kerabat.

Dalam kehidupan pun setiap orang punya standar kehidupan yang berbeda. Ada orang yang merasa tidak cukup dengan rumah mewah dan berbagai jenis mobil berharga miliaran. Tapi ada yang sudah merasa cukup hidup di rumah kecil dan sebuah motor tua untuk mendukung aktivitasnya.

Bisa saja si pemilik motor tua itu mampu mendapatkan uang banyak untuk membeli rumah besar dan mewah. Tapi dia lebih suka hidup sederhana dan uangnya lebih banyak disedekahkan kepada mereka yang membutuhkan.

Kesuksesan dalam hidup tak bisa ditentukan oleh banyaknya materi yang dimiliki. Tapi seberapa besar Anda bermanfaat bagi orang lain. Jadi, jangan pernah bandingkan kehidupan Anda dengan orang lain.

Baca juga: Cara Menjadi Orang Sukses dalam 7 Langkah Sederhana

3. Temukan Kelebihan Diri Sendiri

Perbedaan dalam hidup juga termasuk kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Anda mungkin kurang dalam satu hal, tapi pasti ada kelebihan yang diberikan Tuhan kepada diri Anda. Seperti halnya orang buta yang rata-rata diberi kelebihan dalam ketajaman pendengaran.

Nah, tugas Anda kini adalah menemukan apa yang menjadi kelebihan diri Anda. Amati dan lakukan berbagai hal sampai Anda yakin bahwa hal itu adalah kelebihan yang memang dianugerahkan kepada Anda.

Latih dan pupuk kelebihan tersebut hingga maksimal. Sehingga kelebihan tersebut bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Tidak ada gunanya sebuah kelebihan jika tidak bisa bemanfaat bagi orang-orang di sekitar kita.

4. Fokus pada Bakat dan Kelebihan

Menemukan bakat dan kelebihan yang Anda miliki menjadi salah satu poin penting dalam menghilangkan rasa iri. Namun, untuk lebih kuat lagi Anda harus fokus pada bakat dan kelebihan tersebut.

Semakin fokus Anda terhadap kelebihan yang dimiliki, Anda pun akan semakin meninggalkan kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Karena energi dan pikiran Anda sudah terkuras untuk mengembangkan bakat yang Anda miliki.

Jadi, ketika rasa iri kembali muncul segera alihkan energi untuk mengembangkan bakat dan kelebihan Anda. Jangan biarkan pikiran Anda larut dalam kecemburuan dan membandingkan kelebihan yang dimiliki orang lain. Lebih baik Anda terus mengembangkan kelebihan yang sudah Tuhan anugerahkan kepada diri Anda.

5. Berada di Lingkungan yang Mendukung

Sebagai makhluk sosial, Anda tentu tidak bisa lepas dari lingkungan sekitar. Dalam upaya untuk menghilangkan rasa iri Anda juga harus menemukan lingkungan yang mendukung. Dengan demikian bakat dan kelebihan Anda pun akan lebih terlihat.

Anda lebih baik memilih menjadi ikan besar di kolam kecil dibanding menjadi ikan kecil di kolam besar. Karena orang lain akan lebih mudah melihat kelebihan Anda. Begitu pula dengan Anda yang bisa maksimal mengembangkan kelebihan yang dimiliki.

Sehingga Anda pun tidak sempat lagi memikirkan kelebihan orang lain. Kalaupun muncul dalam pikiran soal kelebihan orang lain, jadikan motivasi untuk bisa menyamai atau bahkan melewati kelebihan orang lain.

Namun, kalaupun akhirnya tak tercapai jangan putus asa. Karena setiap orang diciptakan berbeda.

6. Berikan Pujian kepada Orang Lain

Sekilas memberi pujian kepada orang lain adalah hal yang simpel dan mudah. Faktanya, ternyata sulit untuk bisa melakukannya. Apalagi jika harus dilakukan setiap hari.

Kenapa? Karena ada unsur egosentris dalam setiap diri manusia. Bahwa dirinya lah yang paling hebat. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan.

Mulailah dengan memuji orang-orang terdekat Anda setiap hari. Minimal lima orang. Berikan pujian yang tulus tanpa ada maksud lain di belakanganya.

Dengan sering memuji orang lain, pikiran Anda pun akan lebih fokus terhadap hal positif dari orang lain. Sehingga rasa iri yang muncul pun akan cenderung bersifat positif. Bukan sekadar iri karena Anda tidak mampu melakukan hal-hal yang mereka bisa lakukan.

7. Jauhi Semua Hal yang Memancing Pikiran Negatif

Dalam kehidupan di era digital seperti saat ini, rasanya sulit melepaskan diri dari keberadaan media sosial. Meski punya manfaat sebagai sarana berbagi, namun media sosial juga bisa menjadi pemicu Anda untuk selalu berpikir negatif.

Karena konten yang disebarkan di media sosial nyaris tanpa filter. Ketika Anda membaca konten yang bersifat negatif, maka pikiran Anda pun bisa terseret ke dalam arus yang salah.

Iklan pun punya kecenderungan untuk membawa pikiran Anda menjadi negatif. Jika Anda sering melihat pakaian atau apa pun yang tidak mampu Anda beli, maka secara tidak langsung Anda akan merasa iri ketika melihat orang lain mampu membelinya.

Karena itu, segera jauhi hal-hal yang bisa memancing pikiran negatif yang ujungnya hanya menimbulkan rasa iri pada diri Anda.

Baca juga: 9 Cara Mudah dan Efektif Menghilangkan Pikiran Negatif

8. Hargai Diri Anda

Berhentilah menganggap diri Anda tidak lebih baik dari orang lain. Jangan selalu berpikir orang lain lebih hebat dari diri Anda. Berada di posisi inferior hanya akan memancing munculnya rasa iri.

Hargai diri Anda sendiri dan apa yang telah Anda miliki. Hargai apa yang menjadi kelebihan dan berusaha terus mengembangkannya menjadi lebih baik. Orang lain akan menghargai diri Anda jika Anda sudah lebih dulu menghargai diri Anda sendiri.

Penutup

Untuk bisa menghilangkan rasa iri dengan maksimal memang tidak semudah membalik telapak tangan. Tetap harus diimbuhi dengan upaya keras dan konsistensi. Sehingga hasil yang didapat pun bisa maksimal.

Hasil yang diperoleh memang sangat bergantung kepada seberapa keras Anda berusaha. No pain no gain.

Loading...

Artikel Terkait