10 Cara Menghilangkan Sakit Hati Karena Suami Selingkuh

Ilustrasi suami selingkuh

Menghadapi suami yang ketahuan selingkuh tentu sangatlah menyakitkan. Melihat kenyataan dia tidak bisa menjaga janjinya untuk setia dan malah berkhianat, duh pastinya sedih banget!

Namun apa mau dikata? Nasi sudah menjadi bubur. Anda tidak bisa mengubah apa yang telah terjadi. Tapi bukan berarti Anda harus putus asa. Masih ada jalan untuk memperbaiki masa depan.

Anda hanya perlu mencoba menghapus luka di hati. Mungkin itu butuh waktu. Tapi percayalah, Anda pasti mampu melakukannya! Namun jika kesulitan, berikut tips-tips menghilangkan sakit hati yang bisa Anda coba.

1. Jangan Memendam Perasaan, Anda Bisa Curhat dengan Keluarga

Ketika Anda memergoki suami berselingkuh pasti rasanya hati seketika hancur. Anda sedih, ingin sekali marah. Tapi juga bingung, haruskah melampiaskannya atau cukup memendam saja?

Pertama, cobalah Anda menenangkan hati dan pikiran dulu. Jangan terburu untuk melampiaskan emosi. Namun juga jangan memendam perasaan sendirian. Itu tidak bisa menghilangkan sakit hati. Sebaliknya malah bikin Anda semakin terpuruk.

Ketika Anda sudah tenang, Anda bisa curhat dengan orang yang Anda percayai. Sebaiknya sih, keluarga. Tidak perlu membongkar aib suami ke khalayak ramai. Gimanapun juga, dia tetap suami Anda!

Loading...

Dengan Anda bercerita kepada keluarga, misalnya ibu, itu mungkin sudah cukup bikin hati jadi lega.

2. Menangislah

Menangis juga bisa menjadi obat mujarab untuk menghilangkan sakit hati. Jika memang Anda kecewa dan sedih, maka tak perlu bersikap tegar. Menangis saja.

Tak perlu malu. Menangis adalah hal normal yang pasti pernah dilakukan setiap orang. Dengan Anda menangis itu bisa membuat perasaan jadi lebih lega. Namun ingat ya, jangan menangis terlalu lama.

Selain itu, juga jangan lupa makan. Menangis boleh-boleh saja, asal tidak menyiksa diri.

3. Anda Perlu Waktu untuk Sendiri

Syok, kaget, dan tidak percaya. Pasti itu semua yang Anda rasakan saat mengetahui suami berselingkuh

Ya, biasanya dalam kondisi tersebut, emosi menjadi sangat labil. Anda tidak bisa berpikir jernih. Jika Anda memaksakan diri untuk langsung ngomong dengan suami, hasilnya pasti tidak akan baik.

Anda mungkin akan marah-marah, bahkan bisa aja mengambil keputusan yang salah. Maka itu, sebaiknya jangan gegabah!

Ambil waktu sesaat untuk diri sendiri. Mungkin 1-2 hari. Luangkan waktu tersebut untuk berpikir. Kira-kira tindakan apa yang harus Anda lakukan.

Pikirkan secara matang-matang ya. Jangan mengambil keputusan hanya didasari ego semata, sebab itu bisa membuat Anda menyesal.

Baca juga: 10 Cara Menjadi Wanita Dewasa, Mandiri, dan Elegan

4. Berbicaralah dengan Suami, Tak Perlu Berpura-pura Tidak Tahu

Wanita itu paling tidak bisa menahan rasa cemburu. Sekalipun Anda berpura-pura kuat, mencoba untuk tidak mengatakan apa pun pada suami, pada akhirnya pertahanan Anda pasti akan runtuh juga.

Maka itu, tidak perlu berpura-pura tidak tahu. Ungkapkan saja perasaan Anda pada suami. Katakan bahwa Anda sudah mengetahui tentang perselingkuhannya.

Nantinya, Anda bisa melihat bagaimana respons suami. Apakah dia berlagak bodoh, menyesal, ataukah malah mengelak. Sikapnya itu bisa Anda jadikan pertimbangan untuk mengambil langkah selanjutnya.

5. Jangan Menyiksa Diri Terus, Cobalah Menerima Keadaan

Menghilangkan sakit hati bukan dengan menyiksa diri terus-menerus. Memangnya, mau sampai kapan Anda meratapi keadaan?

Suami Anda selingkuh itu fakta yang tak bisa Anda pungkiri. Waktu tidak bisa diputar ulang, dan Anda tak bisa mengubah apa pun. Satu hal yang dapat Anda lakukan hanyalah menerima keadaan. Menghadapi apa yang telah terjadi secara ikhlas.

Memang itu berat. Tapi lebih sulit lagi jika Anda tak bisa menerimanya.

Jadilah wanita yang kuat. Percayalah bahwa akan selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa. Seburuk apa pun itu, anggaplah sebagai cobaan hidup.

6. Jangan Dendam, Maafkan Saja

Ilustrasi cara menghilangkan sakit hati

Memang, tidak ada hal lebih menyakitkan daripada pengkhianatan dari seseorang yang telah dipercaya. Hati Anda pasti terasa hancur. Tapi cobalah untuk mengendalikannya.

Jangan pernah berpikir untuk membalas dendam. Percayalah, balas dendam tidak akan menghilangkan sakit hati. Sebaliknya justru membuat Anda semakin kepikiran. Bahkan stres!

Langkah terbaik yakni dengan memaafkan kesalahan suami. Iya, dia memang salah. Tapi dia juga manusia yang tak lepas dari khilaf. Maka itu, Anda tak perlu terlalu membencinya.

Terlepas dari apa pilihan Anda nantinya, apakah ingin bertahan atau tidak. Lebih baik lupakan apa yang sudah terjadi dan fokuslah dengan masa depan.

7. Coba Pikirkan untuk Memberi Kesempatan

Memberikan kesempatan kembali kepada suami yang telah menyelingkuhi Anda memang berat. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh melakukannya.

Boleh-boleh saja, asalkan Anda yakin bahwa dia memang pantas memperoleh kesempatan kedua. Anda juga perlu mempertimbangkan sikap suami.

  • Sudah berapa kali dia ketahuan selingkuh?
  • Apakah dia meminta maaf?
  • Apakah dia ada usaha untuk berubah?
  • Ataukah dia memang playboy?

Pikirkan segalanya secara matang. Jika suami Anda ada niatan bertaubat dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, maka tak ada salahnya Anda membuka pintu kesempatan itu.

8. Ambil Tindakan Tegas

Rasa sakit hati akan terus ada jika Anda tidak segera mengambil tindakan tegas atas perbuatan suami yang selingkuh.

Tentukan apa yang hendak Anda lakukan, apakah Anda benar-benar ingin mempertahankannya ataukah berniat mengakhiri pernikahan? Anda harus berani mengambil keputusan, sekaligus siap menerima risikonya.

Jika Anda bingung, Anda bisa meminta saran kepada keluarga. Jangan dipikirkan sendirian nanti Anda malah pusing.

Selain itu, ketika membuat keputusan pastikan Anda dalam kondisi pikiran jernih. Jangan hanya menggunakan perasaan saja, tapi pakai juga logika Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengambil tindakan secara bijak.

9. Jangan Terpuruk Terlalu Lama, Bangkitlah!

Sudah berapa lama Anda menangisi suami Anda yang selingkuh? Seminggu, dua minggu, atau jangan-jangan sudah berbulan-bulan?

Menangis itu wajar. Sedih itu normal. Tapi please, jangan berlebihan juga! Apalagi sampai membuat Anda terpuruk dan sakit. Tindakan tersebut merugikan diri sendiri.

Untuk apa juga Anda buang-buang tenaga, menangis siang malam hanya untuk suami yang tidak bisa setia? Anda sendiri lho yang rugi. Sudah dikhianati, eh sekarang Anda malah menyiksa diri.

Sudah cukup, jangan bersedih lagi! Anda harus bangkit melawan keterpurukan. Percayalah bahwa Anda pasti bisa mengatasi itu. Walau mungkin tampak susah, Anda harus tegar.

Tenang, Tuhan tidak tidur kok! Setiap perbuatan ada balasannya. Jadi Anda tak perlu repot-repot sakit hati.

Baca juga: 12 Cara Teruji dan Terbukti Bangkit dari Kegagalan Apa Pun

10. Bukalah Lembaran Baru

Ketika suami Anda selingkuh, Anda harus mencari tahu apa penyebabnya. Jika memang ada yang kurang dari diri Anda, maka benahilah. Tapi bila dia yang genit, ya berarti dia yang salah. Simpel!

Anda tak perlu meratapi dia berlebihan. Apa yang telah terjadi biarkanlah saja! Anda harus menutup kenangan pilu di masa lalu dan segera membuka lembaran baru. Entah bersama dia atau tidak. Yang jelas, cobalah hidup dengan lebih baik.

Penutup

Demikianlah beberapa cara menghilangkan sakit hati karena suami selingkuh. Cukup sulit, memang! Tapi bila Anda punya tekad kuat menghilangkan kesedihan, ya pasti rasa sedih itu akan menghilang. Anda hanya perlu menjadi seseorang yang tegar.

Loading...

Artikel Terkait: