9 Cara Menghindari Perilaku Tercela dalam Pergaulan Remaja

Ilustrasi pergaulan remaja

Sebagai manusia yang beragama, sudah sepatutnya Anda menghindari perilaku tercela dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi di zaman sekarang ini, saat pergaulan bebas kian merajalela.

Anda harus bisa menjaga diri agar tidak terseret dalam perilaku yang menyimpang. Misalnya saja seks bebas, mabuk-mabukan, mengonsumsi narkotika, berpakaian tidak sopan, dan sejenisnya.

Semua itu tidak memberikan manfaat dalam kehidupan. Sebaliknya, justru menghancurkan diri sendiri. Anda juga berisiko dijauhi banyak orang. Bahkan, tak menutup kemungkinan Anda harus berakhir di dalam jeruji besi.

Tentunya Anda tidak mengharapkan masa depan yang suram seperti itu, kan? Nah, sebelum terlambat, yuk pelajari cara menghindari perilaku tercela dalam pergaulan remaja di bawah ini.

1. Jadikan Agama Sebagai Pedoman Dalam Berperilaku

Cara menghindari perilaku tercela yang pertama, yakni dengan berpegang teguh pada agama. Anda tidak bisa mempelajari agama secara setengah-setengah.

Misalnya saja, Anda sholat tapi mencuri. Ya itu jelas tidak boleh. Dosa! Agama tidak hanya mencakup ibadah saja, namun juga aspek kehidupan lainnya termasuk akhlak.

Loading...

Apabila Anda mau mempelajari agama secara menyeluruh, lalu menjadikannya sebagai pedoman hidup, maka Anda akan selamat dari hal-hal buruk yang membahayakan.

Selain itu, kedekatan Anda dengan Tuhan juga akan menuntun Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Tanpa siapa pun menyuruh, Anda pasti menghindari perilaku tercela, karena Anda tahu itu bertentangan dengan ajaran agama.

2. Selektif dalam Memilih Teman

Sejak memasuki era globalisasi, pergaulan remaja di Indonesia tampak semakin bebas, dan jujur memilukan!

Terutama di kawasan metropolitan, Anda bisa melihat sendiri bagaimana perilaku para remaja yang seolah-olah sudah tak peduli lagi dengan budaya timur. Pakaian mereka cenderung seksi, suka berfoya-foya, main ke club, mabuk-mabukan, pacaran dengan tanpa batas. Yang jelas benar-benar mengerikan.

Jika Anda tidak ingin terjerumus ke dalam perilaku tercela, maka Anda harus pintar-pintar memilih teman. Sebab lingkungan itu memberikan pengaruh besar terhadap baik-buruknya seseorang.

Memang, dalam bergaul Anda tidak boleh membeda-bedakan teman. Tapi jika Anda ingin selamat, sebaiknya hindarilah orang-orang yang akhlaknya jelek.

3. Anda Harus Punya Prinsip Hidup, Jangan Mudah Ikut-Ikutan

Untuk menghindari perilaku tercela dalam pergaulan, Anda harus punya prinsip hidup yang kuat. Jangan mudah ikut-ikutan!

Apabila Anda sudah berprinsip untuk menjadi orang baik, nggak mau mencuri, nggak mau ngebully orang lain, nggak mau mabuk, maka peganglah prinsip tersebut dengan teguh. Ikuti kata hati Anda. Sekalipun teman-teman Anda merayu, jangan didengarkan.

Anda tak perlu takut dibilang kuper atau nggak gaul. Biarkan saja mereka memanggil Anda apa. Itu lebih baik daripada Anda harus ikut-ikutan jadi orang yang berperilaku tercela.

4. Sering-Seringlah Intropeksi Diri

Kebanyakan orang cenderung enggak sadar saat melakukan hal yang tercela. Mereka menganggap apa yang diperbuatnya itu benar. Sehingga terus mengulanginya lagi-lagi, sampai sikap tercela itu menjadi kebiasaan.

Nah, Anda janganlah menjadi orang yang demikian. Daripada Anda sibuk menjudge orang lain, lebih baik intropeksi diri.

Apakah selama ini sikap Anda sudah benar? Apakah sesuai aturan agama? Atau jangan-jangan Anda sering melakukan hal tak bermoral?

Coba sesekali luangkan waktu untuk memikirkan hal tersebut. Jika memang Anda merasa banyak salah, maka segeralah bertaubat. Tak ada kata terlambat untuk berubah menjadi sosok yang lebih baik.

Baca juga:

5. Hindari Menonton Hal-Hal yang Negatif

Berikutnya, cara menghindari perilaku tercela adalah dengan menghindari tontonan yang berunsur negatif. Seperti blue film atau film yang mengandung kekerasan, sebaiknya sih nggak usah ditonton!

Selain tidak memberikan manfaat, tontonan seperti itu juga bisa mempengaruhi pikiran Anda jadi keruh. Bahkan, bagi beberapa orang yang masih labil, mereka yang nggak punya moral, bisa saja meniru adegan tercela itu lalu mempraktekkannya di dunia nyata.

Sungguh berbahaya memang! Oleh karenanya, lebih baik Anda menghindari tayangan yang buruk. Tonton saja acara-acara yang mendidik. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari pengaruh negatif yang mungkin menghancurkan mental Anda.

6. Utamakan Pendidikan

Ilustrasi menghindari perilaku tercela

Fungsi pendidikan itu enggak hanya untuk mencari gelar dan pekerjaan semata. Tapi juga untuk mendidik perilaku diri agar lebih beradab. Dalam artian bisa membantu Anda terhindarkan dari perbuatan menyimpang.

Dengan Anda bersekolah, maka wawasan Anda akan semakin luas. Anda akan memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat untuk hidup, mulai dari ilmu agama, ilmu tentang hukum, menggunakan laptop, cara bersosialisasi, dan sebagainya.

Ilmu-ilmu tersebut, secara nggak langsung akan membentuk pribadi Anda menjadi seseorang yang lebih baik. Jika Anda sanggup mengamalkannya dengan sungguh-sungguh, tentu Anda bisa menghindari perilaku tercela.

7. Isi Waktu Luang Dengan Kegiatan Positif

Daripada Anda menghabiskan waktu untuk nongkrong nggak jelas, ngerokok, gosipin orang sekampung atau mungkin juga mabuk-mabukan, lebih baik Anda isi waktu luang dengan kegiatan yang positif.

Aktivitas yang bisa memberikan manfaat dalam hidup Anda. Misalnya saja, membaca buku, mengikuti seminar, mendengarkan kajian agama, atau melakukan hobi seperti memasak, nulis, ngelukis, menjahit, main sepak bola, atau apapun yang Anda sukai.

Semua itu jelas lebih menyenangkan, bahkan juga berguna untuk diri Anda. So, semakin sering Anda menjalankan aktivitas positif dan berkumpul bersama orang-orang baik, maka risiko Anda terjerat dalam perbuatan tercela juga akan semakin terminimalisir.

8. Jadi Anak yang Baik, Nurutlah dengan Orang Tua

Usia remaja adalah masa-masa labil. Biasanya di usia tersebut, orang masih berusaha mencari jati diri. Selain itu, prinsip hidupnya juga belum terlalu kuat, sehingga mudah dipengaruhi.

Nah, untuk menghindari Anda terjerumus ke dalam pengaruh buruk, Anda wajib banget menjalin hubungan baik dengan orang tua. Dengarkan apa yang orang tua Anda katakan. Jangan jadi anak durhaka!

Jangan hanya karena Anda dilarang pulang malam, atau mungkin orang tua marah dikit, lalu Anda men-judge mereka sebagai orang jahat. No! Itu tidak benar. Apapun yang dilakukan orang tua itu demi kebaikan Anda.

Ingat ya, jangan tukar posisi orang tua dengan teman Anda. Teman masih mungkin mengajak Anda untuk berbuat tercela, tapi orang tua pastinya selalu melindungi Anda!

Baca juga: 9 Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua Anda

9. Ingatlah Tujuan Hidup di Dunia

Selanjutnya, cara menghindari perilaku tercela dengan mengingat tujuan Anda hidup di dunia. Anda hidup di dunia ini, tujuannya tak lain untuk beribadah kepada Tuhan.

Mengumpulkan pahala sebagai bekal di akhirat kelak. Ingat lho, kehidupan ini enggak akan berlangsung selamanya. Nikmat dunia hanyalah kefanaan semata.

Jadi, untuk apa sih Anda berbuat jahat? Untuk apa Anda menghina orang? Buat apa Anda mencuri? Untuk apa Anda mabuk-mabukan?

Nggak ada manfaatnya! Semua itu sia-sia, guys! Bahkan malah nambahin dosa. So, jika Anda ingin masuk surga, maka jadilah orang baik. Itulah tujuan dari hidup di dunia ini!

Penutup

Demikianlah 9 cara menghindari perilaku tercela dalam pergaulan remaja. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk berubah menjadi lebih baik, dan terhindar dari pengaruh buruk. Good luck!

Loading...

Artikel Terkait