8 Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anda

Ilustrasi meningkatkan kemampuan kognitif

Perbedaan mendasar dari manusia dengan hewan adalah kemampuannya dalam menggunakan otak dengan maksimal. Hewan memang dibekali otak, tapi tidak seperti manusia yang dilengkapi dengan kemampuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki otak. Potensi inilah yang banyak disebut dengan kemampuan kognitif.

Secara umum kognitif bisa diartikan sebagai kemampuan dalam mengembangkan potensi akal. Ada beberapa poin yang menjadi tahapan dalam kemampuan kognitif ini. Antara lain pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.

Menariknya, kemampuan kognitif adalah sesuatu yang bisa dikembangkan dan dilatih. Baik oleh seorang anak balita, maupun bagi mereka yang sudah dewasa. Berikut ini 6 cara efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif.

1. Latih Ingatan Anda

Otak bisa dibilang mirip dengan otot pada tubuh manusia. Jika mendapat latihan yang bagus dan tepat, maka otak pun akan kuat. Layaknya otot yang sering mendapat latihan beban sehingga terlihat kekar dan kuat.

Cara pertama adalah dengan melatih ingatan Anda. Namun, tentu saja bukan latihan yang biasa-biasa saja. Langkah yang dilakukan Nelson Dellis, juara lomba mengingat di Amerika Serikat, bisa Anda tiru.

Menurut Dellis, untuk bisa mudah mengingat banyak hal Anda harus mengubah potongan informasi membosankan menjadi sesuatu yang lebih kreatif dan menarik. Pastikan semua potongan informasi tersebut membentuk sebuah bayangan benda.

Loading...

Kemudian letakkan bayangan benda tersebut di sebuah tempat yang Anda sukai atau mudah mengingatnya. Sebagai contoh, Anda berkenalan dengan beberapa orang baru dalam waktu singkat. Untuk memudahkan mengingat nama-nama mereka, ubahlah sosok mereka dengan sesuatu yang mudah Anda ingat.

Katakan saja, orang pertama yang Anda kenal bernama Andi. Sosok yang tinggi dan kurus bisa langsung Anda samakan dengan jerapah. Jadi ketika Anda melihat jerapah maka akan langsung teringat dengan Andi. Makin kreatif Anda mengubah potongan informasi, makin mudah Anda mengingatnya.

2. Lakukan Olahraga

Cara meningkatkan kemampuan kognitif berikutnya terlihat sederhana, yaitu berolahraga. Namun, berolahraga sudah tak terbantahkan menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika tubuh Anda sehat dan bugar, maka sisi kognitif Anda pun bisa terjaga kondisinya.

Dalam sejumlah riset, diketahui kalau berolahraga punya manfaat penting, antara lain:

  • Dapat memproteksi dari penurunan otak akibat bertambahnya usia
  • Mengurangi risiko mengalami dementia
  • Meningkatkan daya ingat
  • Mengurangi stres yang punya efek negatif terhadap kemampuan kognitif
  • Meningkatkan mood dan membuat Anda bisa berpikir lebih baik
  • Menstimulasi faktor pertumbuhan yang dapat meningkatkan kesehatan sel-sel otak.

3. Coba Meditasi

Meditasi merupakan cara yang banyak digunakan untuk Anda yang ingin melatih pikiran dan bereaksi dengan kehidupan Anda. Meditasi banyak dipilih karena punya kemampuan untuk menurunkan tingkat stres dari persoalan kehidupan yang Anda hadapi.

Dalam sebuah riset ditemukan pula manfaat lain dari meditasi. Latihan meditasi yang rutin dilakukan mampu mengubah fisik otak Anda. Termasuk untuk mencegah penurunan kemampuan otak akibat usia yang terus bertambah.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari meditasi ini, Anda dituntut konsisten melakukannya. Minimal 10 menit per hari. Anda akan mendapat manfaat jika mampu melakukannya dengan baik dan rutin.

4. Baca Buku

Ingin bisa mengembangkan kemampuan kognitif? Rajinlah membaca buku. Seseorang yang rajin membaca buku secara langsung melatih kemampuan otak. Membaca buku akan menjauhkan Anda dari kepikunan.

Memang, di era digital seperti saat ini, membaca buku menjadi sebuah hal yang sulit ditemukan dan dilakukan. Masyarakat lebih mudah mendapat informasi dari internet atau televisi. Sehingga membaca buku menjadi sebuah kebiasaan yang makin ditinggalkan.

Baca juga: Cara Membangun Kebiasaan Membaca Buku dengan Mudah dan Mengasyikkan

Padahal membaca merupakan aktivitas luar biasa dalam menstimulasi kemampuan otak atau kognitif Anda. Dengan membaca maka imajinasi dan cara berpikir kritis Anda akan terus terlatih. Karena itu, mulailah dari sekarang untuk meluangkan waktu setidaknya 30 menit untuk membaca buku sebelum tidur.

Dibanding membiarkan Anda terpapar cahaya ponsel yang justru membuat Anda sulit tidur. Membaca buku justru membantu Anda untuk  lebih cepat tertidur. Plus bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Tidur Malam yang Cukup

Inilah alasan utama kenapa membaca buku sebelum tidur lebih baik dibanding memelototi gadget Anda. Untuk bisa meningkatkan kemampuan kognitif, Anda harus memiliki tidur malam yang mencukupi. Tidur yang cukup akan membuat Anda punya pikiran yang lebih tajam saat bangun keesokan harinya.

Ibarat gadget yang butuh direstart ketika memory sudah banyak terpakai, tidur pun punya fungsi seperti itu bagi tubuh dan otak Anda. Setelah terpakai seharian untuk berpikir, otak butuh istirahat. Dan tidur tak hanya mengistirahatkan tubuh, tapi juga otak Anda.

Ketika Anda tidak tidur setidaknya 6-7 jam sehari maka tubuh dan otak akan menurun kemampuannya. Anda pun akan lebih mudah diserang stres. Jadi, apapun alasannya, jangan pernah lewatkan waktu istirahat Anda.

Baca juga: 7 Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

6. Kelola Stres

Mengelola stres juga merupakan cara yang harus Anda lakukan untuk bisa menaikkan kemampuan kognitif. Dan ini bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Bahkan sangat mungkin untuk dilakukan.

Ketika Anda stres maka kemampuan kognitif secara otomatis akan menurun. Bahkan ketika seseorang sudah tidak bisa lagi mengendalikan stres, dia sangat bisa mengalami disfungsi kognitif.

Stres hanya akan membuat mood Anda menurun. Bahkan bisa memicu munculnya depresi. Sehingga Anda pun akan kesulitan untuk mengingat sesuatu hal yang sebenarnya mudah diingat.

Ada banyak cara untuk mengelola stres. Bisa melakukan meditasi seperti yang ada di poin ketiga. Satu hal yang pasti, jangan pernah membiarkan waktu istirahat atau tidur Anda dipenuhi oleh pekerjaan. Kerja keras memang harus, tapi jangan pernah lupakan untuk istirahat dan merileksan badan juga pikiran.

Informasi lebih detail tentang mengatasi stres, dapat Anda lihat di 7 Cara Menghilangkan Stres dengan Cepat.

7. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Otak

Meningkatkan kemampuan kognitif juga bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ada banyak jenis makanan yang punya manfaat besar bagi otak Anda, antara lain:

  • Ikan Salmon – Daging ikan salmon mengandung omega 3 (DHA) yang diketahui mampu membangun sel-sel otak lebih cepat dan meningkatkan kemampuan memori.
  • Kacang walnut – Seperti halnya daging ikan salmon, kacang walnut juga mengandung omega 3. Plus magnesium yang punya kemampuan dalam meningkatkan kualitas kondisi otak.
  • Alpukat – Buah berwarna hijau dikenal sebagai makanan dengan kandungan low-fat namun high-carb. Sebuah riset menjelaskan kalau alpukat mampu meningkatkan pencegahan mengalami dementia hingga 89 persen.
  • Teh hijau – Teh hijau tak hanya bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Tapi juga bisa jadi andalan dalam meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat. Jika Anda ingin tahu manfaat lain teh hijau, silakan lihat di artikel Sehativa yang berjudul 20 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan.

8. Pilih Perusahaan yang Tepat

Last but not least, temukan perusahaan yang tepat. Perusahaan yang punya kultur kerja yang positif. Bagaimanapun lingkungan tempat Anda bekerja punya pengaruh terhadap diri Anda. Baik secara positif maupun negatif.

Karena itu, posisikan diri Anda di tengah orang-orang yang fokus dan mau belajar untuk menjadi lebih baik. Kondisi ini akan membuat Anda lebih termotivasi dan selalu mendapat inspirasi positif setiap harinya.

Untuk bisa menambah kemampuan kognitif, pastikan Anda dikelilingi oleh orang-orang yang punya kemampuan dan pengetahuan yang bagus. Kondisi ini akan selalu memancing otak Anda berpikir positif dan cerdas dalam menghadapi berbagai masalah dalam pekerjaan atau kehidupan.

Penutup

Hal yang paling penting dalam upaya meningkatkan kemampuan kognitif adalah menjaga kondisi otak tetap sehat. Meski tubuh Anda sehat dan bugar, tapi kondisi otak penuh dengan pikiran yang tak terselesaikan, maka pasti tubuh akan digerogoti juga kondisinya.

Bagaimana cara Anda merawat dan menjaga kondisi otak dan tubuh sangat tergantung kepada diri Anda sendiri. Ingat, semua cara di atas tak akan berfungsi jika Anda tidak menjalankannya dengan konsisten dan penuh kesungguhan.

Loading...

Artikel Terkait