7 Cara Meningkatkan Kualitas Diri Demi Meraih Kesuksesan

Ilustrasi meningkatkan kualitas diri sendiri

Rasanya tidak ada orang yang tak ingin meraih kesuksesan di dalam hidupnya. Hal yang sangat manusiawi. Karena kesuksesan bisa diartikan dengan bisa menikmati hidup dengan nyaman.

Namun, untuk bisa meraih kesuksesan tentu ada kerja keras di belakangnya. Harus ada upaya untuk meningkatkan kualitas diri sebelum Anda bisa merasakan kesuksesan dalam hidup.

Karena orang yang sukses pasti mereka yang mau bekerja keras dan tak pernah kenal menyerah. Mereka yang sukses adalah yang bisa konsisten untuk selalu bekerja keras. Bukan yang santai dan tak punya arah tujuan hidup.

Nah, artikel berikut ini akan memberi tahu Anda cara meraih kesuksesan dengan membangun kualitas diri yang mumpuni. Saat kualitas diri yang berada di level tertinggi, kesuksesan bukan hal yang mustahil bagi Anda.

1. Rancang tujuan hidup Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam upaya mendapatkan kualitas diri yang mumpuni adalah dengan memiliki tujuan hidup. Baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

Dengan memiliki tujuan, maka apa yang Anda lakukan akan punya arah yang jelas. Anda juga bakal ‘dipaksa’ untuk mencari cara untuk mencapai tujuan tersebut. Memotivasi diri Anda untuk bisa meraih tujuan yang diharapkan.

Buatlah daftar tujuan dalam hidup Anda untuk jangka 5 tahun, 10 tahun, atau bahkan 20 tahun ke depan. Buat beberapa rencana besar untuk tujuan jangka panjang. Kemudian pecah menjadi rencana kecil dengan durasi waktu lebih pendek.

Loading...

Rencana kecil tersebut merupakan alat bantu untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda. Sehingga Anda akan tetap berada di jalur yang benar saat mendapat kendala di tengah perjalanan.

Dengan memiliki tujuan hidup, kualitas diri Anda secara tidak langsung akan terbentuk.

2. Jaga pikiran tetap positif

Langkah berikutnya dalam meningkatkan kualitas diri adalah selalu menjaga kondisi pikiran. Dekatlah dengan pikiran positif, jauh-jauh dari pikiran negatif.

Kenapa? Karena pikiran positif ini akan menjadi guide dari sikap Anda dalam kehidupan sehari-hari. Saat pikiran selalu berada di jalur positif, aura Anda pun akan ikut menjadi positif.

Begitu pula jika pikiran Anda selalu penuh dengan hal negatif. Maka tindakan dan sikap Anda sehari-hari pun tak akan jauh dari keburukan dan kemarahan.

Karena itu, menjaga pikiran untuk selalu positif penting Anda upayakan. Tak ada kualitas diri tanpa sebuah pikiran positif di belakangnya.

Lain itu, orang lain juga akan lebih senang menjalin komunikasi dengan mereka yang selalu berpikiran positif. Karena mereka yang berpikir positif biasanya akan menularkan hal baik tersebut kepada lingkungan terdekatnya.

3. Buka pergaulan seluas-luasnya

Anda akan bisa mengetahui kualitas diri sendiri saat melihat perbandingan secara langsung. Sehingga Anda akan punya ukuran yang jelas saat menilai diri Anda sendiri.

Artinya, Anda harus punya banyak teman positif yang bisa menjadi pemicu motivasi untuk mencapai kesuksesan. Untuk itu, bukalah pergaulan Anda seluas-luasnya. Namun tetap dengan melihat batasan yang ada.

Tetap memilih dan memilah pergaulan. Jangan sampai Anda malah nanti tertular hal negatif karena terlalu banyak bergaul dengan mereka yang punya karakter buruk. Untuk golongan seperti itu, Anda cukup mengenal saja. Jangan terlalu akrab.

Namun, untuk golongan yang menebar banyak aura positif, selalu berusaha dekat dengan mereka. Anda akan ikut mendapat aura positf yang berguna dalam membangun kualitas diri Anda.

Dengan membuka pergaulan, Anda akan tahu lebih banyak kualitas diri orang lain. Sehingga Anda pun bisa mengukur sudah sejauh mana upaya yang Anda lakukan selama ini. Sudah sesuai dengan yang ditargetkan, atau masih butuh kerja keras untuk mencapainya.

4. Banyak baca, kurangi nonton

Ilustrasi baca buku

Jika Anda punya televisi di rumah, mulai sekarang niatkan dengan kuat untuk tidak lagi sering menonton. Karena menonton cenderung akan membuang banyak waktu produktif Anda.

Nah, untuk meningkatkan kualitas diri, mulai sekarang lebih baik Anda mulai menjauhi televisi. Lebih baik pilih kegiatan lain yang punya unsur edukatif sekaligus hiburan seperti membaca buku.

Kegiatan ini tak harus dilakukan setiap hari. Namun tetap harus dibuat target. Misalkan, dalam satu bulan menamatkan 2 buah buku. Apa apun bukunya selama mengandung banyak hal positif, baca saja.

Ingat, buku adalah jendela dunia. Dengan banyak membaca buku maka wawasan Anda pun akan bertambah. Saat wawasan sudah bertambah, otomatis kualitas diri pun akan ikut meningkat.

5. Konsisten berolahraga

Mungkin Anda bertanya apa hubungannya olahraga dengan kualitas diri. Jawabannya: ada hubungan. Bahkan hubungannya bisa dikatakan cukup serius.

Olahraga tidak hanya membuat tubuh Anda sehat dan bugar. Tapi juga bisa meningkatkan kualitas hidup. Terutama dalam menjaga emosi dan mood.

Pasalnya, saat Anda berolahraga, tubuh akan otomatis mengeluarkan hormon endorphin. Hormon ini lah yang akan membuat Anda merasa tenang, bahagia, sekaligus lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Lakukan olahraga secara rutin, minimal 30 menit setiap hari. Kalau pun belum bisa tiap hari, Anda bisa memulainya dengan seminggu sekali. Dan terus berupaya untuk bisa konsisten berolahraga setiap hari. Minimal 30 menit.

Ketika Anda merasakan kenyamanan dan ketenangan dalam hidup, segala masalah yang datang pun tak akan mampu merusaknya. Anda tiba-tiba bisa menemukan solusi dari masalah yang datang karena pikiran Anda yang tenang dan bahagia.

Baca juga: Cara Melakukan Push Up Setiap Hari dengan Mudah dan Menyenangkan

6. Lakukan kegiatan sosial

Berbagi dengan sesama menjadi cara lain dalam meningkatkan kualitas diri. Saat Anda berbagi kebahagiaan dengan orang lain, maka kebahagiaan yang Anda rasakan akan bertambah dua kali lipat dari yang dirasakan orang lain.

Kalau memang Anda memiliki dana berlebih, jadi donator tetap panti asuhan atau rumah jompo bisa jadi pilihan dalam berkegiatan sosial. Bagi Anda yang ekonominya pas-pasan bukan berarti tidak bisa beramal.

Anda bisa penggalang dana bagi rumah yatim piatu yang memang tengah membutuhkan bantuan. Hubungi seluruh kolega yang Anda miliki hingga terkumpul dana yang cukup untuk disumbangkan.

Dengan demikian, Anda pun sudah ikut menyumbang dalam kegiatan sosial tersebut. Meski tidak ikut mengeluarkan dana, tapi tenaga dan pikiran yang Anda kerahkan juga merupakan bagian penting dalam kegiatan tersebut.

Baca juga:

7. Ketahui kekurangan diri

Last but not least, setiap orang pasti memiliki kekurangan. Jangan sombong karena Anda punya banyak kelebihan. Karena pasti ada banyak kekurangan juga di balik semua kelebihan tersebut.

Dengan mengetahui kekurangan yang ada, Anda punya kesempatan untuk memperbaikinya. Sehingga kualitas diri Anda pun akan semakin meningkat.

Karena itu, mengetahui kekurangan sama pentingnya dengan mengenal kelebihan. Jadikan ini sebagai sarana untuk terus memperbaiki kualitas diri Anda demi mencapai sebuah kesuksesan yang diimpikan.

Penutup

Tak ada sebuah kesuksesan tanpa kerja keras. Tak ada senyum manis di garis finis tanpa kucuran keringat dalam proses perjalanannya. 

Jadi untuk bisa meningkatkan kualitas diri, tetap butuh konsistensi dan keyakinan. Harus bisa menjaga motivasi dalam perjalanan Anda menuju kualitas diri yang diharapkan. Karena saat itulah kesukesan hidup sudah menanti Anda.

Loading...

Artikel Terkait