10 Cara Menjadi Istri yang Baik Agar Suami Makin Sayang dan Lengket

Ilustrasi cara menjadi istri yang baik

Setiap wanita pastinya berharap bisa menjadi sosok istri yang baik. Tujuannya agar bisa mendapatkan kasih sayang dari suami, sekaligus menjaga keharmonisan rumah tangga hingga ajal memisahkan.

Namun begitu, untuk menjadi istri yang baik tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan. Anda harus punya keterampilan khusus, baik dalam hal mengurus diri, suami, anak, ataupun rumah. Intinya, Anda tidak bisa hanya berpangku tangan saja.

Tapi juga bukan berarti Anda harus menjadi sosok yang sempurna. Itu musathil! Setidaknya berusahalah memberikan yang terbaik. Untuk membantu Anda menjadi istri yang baik, berikut 10 cara yang perlu Anda praktikkan.

1. Jangan Gengsi Mengekspresikan Cinta Anda

Tidak bisa dipungkiri, perempuan itu cenderung malu mengungkapkan cinta terlebih dahulu. Entah karena jaim atau gengsi, faktanya memang begitu. Biasanya pria-lah yang dituntut lebih aktif.

Well, sebenarnya jika Anda sudah menjadi seorang istri, Anda tidak perlu malu-malu lagi. Jangan sungkan mengekspresikan cinta Anda.

Panggillah ia dengan sebutan yang mesra, berikan pelukan, dan lakukan hal-hal romantis lainnya. Dengan demikian, suami pun akan semakin sayang dengan Anda.

Loading...

2. Jadikan Suami Sebagai Prioritas Utama

Untuk menjadi seorang istri yang baik, pastikan Anda meletakkan posisi suami pada prioritas pertama di hidup Anda.

Tak peduli seberapa sibuk Anda, meskipun Anda seorang wanita karier, tetap hormati suami Anda. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk melayani dia, menyiapkan makan, dan mengobrol bareng.

Hal itu sangat penting untuk dilakukan ya! Sebab setelah menikah, diri Anda sepenuhnya milik suami. Dia berkerja membanting tulang demi menafkahi Anda dan anak-anak. Maka itu, jangan pernah mengabaikannya. Selagi dia baik, maka sayangilah dia.

3. Anda Harus Pandai Merawat dan Menjaga Penampilan

Selain berkewajiban mengurus suami, Anda juga dituntut untuk bisa merawat diri sendiri. Jangan hanya karena sudah laku, lalu Anda jadi malas jaga penampilan.

Apabila Anda tampil berantakan, itu bisa bikin suami jadi bosan. Sekalipun ia mengatakan mencintai Anda secara tulus bukan dari fisik, tapi ya tetap saja namanya lelaki pasti mengharapkan punya istri cantik.

Cantik bukan berarti sempurna lho! Tapi bagaimana Anda bisa berpenampilan menarik. Seperti mengenakan pakaian bagus, berdandan, menjaga aroma tubuh tetap harum, serta rajin olahraga agar sehat.

Jika penampilan Anda enak dipandang, maka suami juga semakin lengket. Dan hal itu bisa meminimalisisasi risiko suami berselingkuh.

4. Sesekali Berikan Kejutan-Kejutan Romantis

Agar api cinta diantara kalian tidak padam, maka sesekali Anda perlu tuh memberikan kejutan-kejutan romantis untuk suami. Misalnya saja, mengajak dia makan malam berdua, memberi puisi, atau membuat barang handmade yang unik.

Tentunya, hal itu akan membuat suami senang dan terharu. Dengan melihat Anda memberikannya kejutan yang romantis, itu menjadi bukti bahwa Anda peduli dengannya.

5. Makanan Buatan Istri Bikin Suami Makin Cinta, Jadi Belajarlah Memasak

Memang, menjadi istri yang baik bukan berarti harus pandai memasak. Tapi tak ada salahnya juga bila Anda belajar masak.

Karena biasanya suami akan senang bila memakan masakan istrinya. Sekalipun rasa masakan Anda tidak terlalu enak, namun tetap aja masakan istri lebih spesial daripada makanan luar.

Dengan memasak sendiri di rumah, itu akan menghemat pengeluaran Anda. Selain itu, masakan rumah juga lebih sehat dan terjamin kebersihannya.

6. Jadilah Istri yang Penurut

Ilustrasi pasangan suami istri romantis

Menjadi istri yang baik tentunya dengan menjadi sosok yang penurut. Taat dan patuh dengan perintah suami. Hormati keputusannya. Apapun itu, selama tidak dosa, tidak merugikan, dan tidak membahayakan, maka turuti saja.

Jangan menjadi istri yang durhaka dan suka membantah suami. Ingat, suami Anda itu pemimpin rumah tangga. Jadi hargailah dia.

Kalaupun dia ada salah, Anda bisa mengingatkannya secara baik-baik. Tak perlu membentak. Anda harus tahu bahwa kunci surga seorang istri terletak pada ketaatannya pada suami.

Baca juga: 10 Cara Menghadapi Suami Egois dan Pemarah

7. Jadilah Ibu Rumah Tangga yang Terampil

Suami mana sih yang tidak bangga bila memiliki istri yang terampil dan cekatan? Pastinya setiap pria mengharapkan punya istri yang terampil dan bisa diandalkan. Tidak sekadar cantik paras saja.

Maksudnya, Anda harus bisa tuh jadi sosok istri multitalent. Tidak harus kerja nyari uang kok! Tapi bisa dengan Anda jago masak, mendidik anak dengan baik, pandai menata rumah, atau mungkin Anda punya bakat lain.

Kalaupun Anda berniat menjalankan bisnis sampingan, misalnya bisnis kuliner, konveksi, atau lainnya, maka itu bisa jadi poin plus. Menunjukkan bahwa Anda tak sekadar istri yang hebat, tapi juga mandiri. Tentunya semua itu akan membuat suami semakin kagum dan sayang dengan Anda.

8. Jagalah Kesetiaan Anda

Selanjutnya, cara menjadi istri yang baik yakni dengan menjaga kesetiaan Anda. Menjaga kesetiaan ini tentunya tidaklah mudah lho!

Terutama bagi Anda yang sudah menikah berpuluh-puluh tahun. Jujur saja, kadangkala ada rasa bosan yang menyelinap di hati.

Nah, sebagai istri yang baik Anda tidak boleh terbawa perasaan tersebut. Anggaplah itu sebagai godaan setan. Sekalipun suami Anda udah tidak secakep masa muda dulu, tidak sekuat dulu, atau mungkin sekarang kondisi keuangannya sedang tak stabil, Anda tetap harus setia.

Sebisa mungkin, hindari berhubungan kontak dengan pria lain. Setelah status Anda menjadi istri, batasi pergaulan dengan lawan jenis. Sebab itu bisa menjadi pemicu perselingkuhan.

9. Pastikan Anda Selalu Berada di Sampingnya, Baik di Kala Sedih atau Bahagia

Istri yang baik itu bukan yang menemani suami saat senang saja. Tapi juga yang selalu mendukung suami di kala terpuruk.

Jika saat ini Anda mengalami kondisi yang susah, ingatlah dulu ketika suami menyenangkan Anda. Sebisa mungkin, jadilah sosok yang selalu berada di sampingnya.

Selalu memberikan dukungan dan motivasi. Selalu memberikan senyuman termanis, entah bagaimanapun kondisinya. Dengan Anda bertindak seperti demikian, pastinya itu membuat suami semakin cinta dengan Anda.

10. Jangan Terlalu Sering Mengeluh, Jadilah Istri yang Ceria

Bayangkan saja, suami pulang kerja capek-capek, eh sampai di rumah malah melihat raut muka Anda yang masam. Belum lagi bila Anda marah-marah, tentunya itu membuat suami semakin pusing. Duh, jangan jadi demikian ya!

Jangan terlalu sering mengeluh dengan kondisi Anda. Syukuri apa yang Anda miliki sekarang. Kemudian jadilah pribadi yang menarik dan menyenangkan. Selalu berpikiran positif dan ceria. Serta selalu memberikan kehangatan di rumah.

Buatlah suami tersenyum setiap hari. Dengan begitu, dia juga akan semakin sulit melepaskan Anda karena rasa cintanya yang terlalu besar.

Penutup

Nah, bagaimana tips-tips menjadi istri yang baik di atas? Tidak sulit, kan? Yang terpenting, lakukan semua itu dari hati. Jangan hanya karena tuntutan.

Sebab bagaimanapun juga, peran istri sangatlah penting bagi suami. “Di mana ada lelaki sukses, di situ ada sosok istri yang hebat.”

Loading...

Artikel Terkait