10 Cara Menjadi Orang Kreatif Meskipun Anda Bukan Sarjana

Ilustrasi menjadi orang kreatif

Banyak yang mengira bahwa seorang sarjana bakal punya tingkat kreativitas yang lebih tinggi dibanding lulusan SMA atau di bawahnya. Padahal, kreativitas tidak pernah tergantung seberapa tinggi pendidikan seseorang.

Mengapa? Karena orang yang kreatif adalah mereka yang mau melatih otaknya untuk mencari hal-hal baru.

Steve Jobs tidak pernah menyelesaikan kuliahnya saat ia membangun startup bernama Apple. Mark Zuckerberg juga memilih fokus membangun Facebook ketimbang lulus kuliah.

Keduanya jelas gagal menjadi sarjana, tapi mampu membangun perusahaan besar yang berawal dari kreativitas.

Jadi, meski Anda tidak punya gelar sarjana, tak perlu cemas. Menjadi orang kreatif tak perlu sekolah tinggi. Selama Anda mau melatih dan membiasakan otak untuk mencari sesuatu yang baru, maka Anda bisa menjadi orang yang kreatif.

Untuk itu kami sajikan khusus untuk Anda 10 cara cerdas agar kreativitas Anda bisa lebih tergali, meski bukan seorang sarjana.

Loading...

1. Ubah Mindset

Titik awal untuk menjadi orang kreatif adalah otak Anda. Karena itu mulailah dengan mengubah mindset Anda tentang orang kreatif.

Masih banyak yang berpikir kreativitas adalah sebuah bakat yang tak semua orang bisa memilikinya. Faktanya, kreativitas merupakan sesuatu yang bisa Anda pelajari dan latih.

Memang ada juga kreativitas yang merupakan bakat, tapi persentasenya tidak lebih besar dari upaya melalui belajar dan berlatih.

Bakat tanpa ada kemauan untuk mengembangkan hanya tetap menjadi bakat. Ibarat pisau dari baja berkualitas tapi tidak pernah diasah. Otak pun tidak akan berfungsi maksimal jika jarang Anda asah.

2. Berpikir Secara Sederhana

Banyak orang mengira ide-ide kreatif itu muncul dari pemikiran yang rumit. Padahal justru ide-ide cemerlang nan kreatif lebih banyak dihasilkan dari sebuah pemikiran  sederhana.

Sebagai contoh, Fiki Satari pendiri Airplane Systm Clothing, pernah menemukan ide desain kaos produksinya saat melihat asap obat nyamuk.

Dari situ lahirlah berbagai ide desain kaos dengan gambar abstrak yang menjadi personifikasi dari karakter pemakainya. Itulah awal kelahiran tema Dancing Smoke dalam produk kaos buatannya.

Ide kreatif bisa muncul dari hal yang sederhana. Untuk kemudian dikembangkan menjadi gagasan yang lebih kreatif dan berbeda dari sebelumnya.

3. Selalu Menuliskan Apa yang Anda Inginkan dan Rasakan

Satu hal yang jangan pernah dilewatkan oleh mereka yang tengah melatih diri untuk lebih kreatif adalah ballpoin atau pensil dan buku catatan kecil. Untuk apa?

Ide kreatif akan datang tanpa pernah kita undang. Bisa tiba-tiba saja muncul di kepala ketika Anda sedang naik angkutan umum, bahkan termasuk ketika melamun di dalam toilet. Saat ide muncul segera tulis di dalam buku.

Hal ini akan bermanfaat agar ide-ide yang muncul bisa terekam sehingga tidak hilang ditelan waktu. Ketika suatu waktu Anda membutuhkan ide-ide segar, bisa membuka kembali catatan dan melihat ide menarik yang bisa diterapkan.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Tahukah Anda, bahwa terlalu lama berada di zona nyaman akan membuat otak menjadi kurang kreatif?

Pasalnya, ketika seseorang sudah dininabobokan oleh zona nyaman, otaknya memang jarang dipakai untuk berpikir mencari sesuatu yang baru. Karena jarang dilatih dan bekerja, otak pun menjadi tumpul.

Karena itu, segera keluar dari zona nyaman Anda. Memang akan terasa tidak nyaman, tapi kondisi ini akan memaksa Anda berpikir lebih keras dalam mencari sesuatu yang baru. Anda tidak akan pernah menemukan hal yang baru ketika berada di kondisi yang sama.

Jangan pernah takut untuk berbeda. Karena hal yang berbeda itu lah yang akan memunculkan ide kreatif.

5. Belajar dan Perbaiki Kesalahan

Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang tidak pernah berbuat kesalahan. Sebuah hal yang manusiawi ketika Anda pun melakukan kesalahan.

Hal yang lebih penting adalah bagaimana Anda menyikapi kesalahan atau kekeliruan tersebut untuk kemudian memperbaikinya.

Karena untuk menjadi orang kreatif justru bisa terjadi saat dia melakukan kesalahan. Dari kesalahan tersebut, dia akan berpikir untuk mencari solusi lain yang lebih tepat.

Saat mencari solusi itulah ada keterlibatan otak untuk bekerja dan berpikir secara kreatif.

Jangan malu dan jangan takut dengan kesalahan yang Anda lakukan. Jadikan kesalahan sebagai sebuah pelajaran untuk melakukan hal yang lebih baik di masa depan.

Baca juga:

6. Kelilingi Diri dengan Orang-orang Kreatif

Berteman dengan orang kreatif

Jangan pernah menyepelekan lingkungan kehidupan Anda. Karena dari lingkungan itulah Anda bisa masuk ke dalam kategori orang kreatif atau justru menjadi mereka yang pemalas.

Untuk itu, usakahan berkumpul dengan orang-orang kreatif agar Anda pun tertular hal yang positif.

Berada di dekat orang-orang kreatif akan memberi Anda banyak keuntungan. Saat ide Anda mentok, akan ada masukan dan sudut pandang lain yang mungkin tak pernah Anda pikirkan.

Karena bisa jadi sudut pandang Anda sudah terlalu terpaku di satu tempat saja dan malas untuk mencari sudut yang baru.

Tak hanya itu, mereka pun tak hanya memberi Anda feedback sekaligus motivasi. Tapi juga tak malas untuk mengkritisi ide-ide Anda.

Dari kritikan tersebut Anda bisa mendapat banyak masukan yang berguna untuk mengembangkan pekerjaan atau usaha Anda.

7. Lakukan Traveling

Ketika Anda sudah mulai terjebak rutinitas dan rasa bosan mulai menyergap, maka saat itulah otak Anda akan mandek. Karena itu Anda butuh penyegaran.

Suasana dari sebuah lingkungan baru akan memancing otak untuk berpikir lebih kreatif.

Salah satu penyegaran adalah dengan melakukan traveling. Cara ini sudah cukup teruji mampu mengguyur Anda dengan ide-ide baru yang orisinal dan segar.

Saat melakukan traveling Anda akan menemukan orang baru dan bahkan bisa mencoba hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

8. Take a Break

Anda tidak akan pernah bisa menjadi orang kreatif ketika otak dan tubuh Anda terlalu diforsir. Justru yang terjadi malah kelelahan dan kemandekan berpikir.

Saat Anda mengalami kondisi seperti itu, artinya Anda butuh untuk istirahat sejenak dari rutinitas.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa memberi otak Anda istirahat dari berpikir justru akan memicu kemampuan otak yang lebih baik dan lebih kreatif. Karena tak jarang ide-ide kreatif muncul ketika Anda tengah beristirahat.

Namun pastikan Anda tidak kebablasan ketika beristirahat. Cukup istirahat sejenak, sehingga Anda pun bisa tetap menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan maksimal hasilnya.

9. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik saat bekerja banyak disebut mampu membuat Anda lebih fokus. Musik yang sesuai dengan selera pun akan menjaga mood terjaga dengan baik. Bahkan musik mampu membuat tenang hati yang sedang gelisah.

Dengan mood yang bisa selalu terjaga, secara tidak langsung akan mendorong otak mampu bekerja lebih kreatif.

Termasuk ketika perasaan Anda merasa senang saat mendengarkan lagu-lagu tertentu. Perasaan inilah yang juga membantu proses terjadinya kreativitas dalam pekerjaan Anda.

Selera musik setiap orang pastilah berbeda. Tapi genre musik klasik dan elektronik disebut mampu meningkatkan kualitas pekerjaan menjadi lebih baik. Termasuk dalam memicu kreativitas di dalam otak Anda.

10. Jadilah Diri Sendiri

Tidak ada hal yang bisa disebut kreatif ketika Anda menyelesaikan pekerjaan dengan cara-cara yang telah dilakukan orang lain. Meski hasilnya bisa maksimal, tetap tidak ada unsur kreativitas di dalamnya.

Kalaupun Anda mengambil ide orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan, lakukan dengan cara Anda sendiri. Di situlah muncul unsur kreativitas. Karena tidak ada hal yang lebih baik selain menjadi diri sendiri.

Penutup

Menjadi orang kreatif tak selalu harus butuh bakat besar atau gelar sarjana. Kreatif bisa Anda latih dan kembangkan, karena pada dasarnya semua orang memiliki unsur ini di dalam dirinya.

Hal yang membedakan hanyalah siapa yang mau menggali lebih dalam ide yang muncul dan siapa yang membiarkan ide tersebut lewat begitu saja.

Karena kreatif adalah hasil dari kerja otak yang kemudian diwujudkan dalam sebuah pekerjaan nyata. Bukan hanya sekadar angan-angan.

Loading...

Artikel Terkait