15 Cara Terbaik Menjadi Orang yang Lebih Baik

Ilustrasi menjadi orang yang lebih baik

Pernah mendengar ujar-ujaran yang menyebutkan, “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini”?

Ujar-ujaran tersebut menunjukkan bahwa setiap manusia harus selalu berusaha menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Mungkin banyak yang sudah paham maksud ujar-ujaran tersebut. Tapi, bisa jadi tidak banyak yang tahu caranya menjadi orang yang lebih baik. Sehingga keinginan untuk lebih baik pun menjadi terhambat.

Karena itu kami akan berikan kepada Anda 15 cara terbaik untuk menjadikan Anda sosok yang lebih baik setiap harinya. Seperti apa saja caranya, silakan simak uraiannya di bawah ini.

1. Pujilah Diri Anda

“Siapa lagi yang memuji selain diri sendiri?” Ternyata ungkapan ini ada benarnya. Karena dengan memuji diri sendiri, Anda akan meningkatkan kebahagiaan yang ada di dalam jiwa.

Cobalah setiap pagi sebelum mulai beraktivitas, luangkan waktu sekitar lima menit untuk memberikan pujian pada diri Anda.

Loading...

Apakah itu karena model rambut terbaru yang keren, atau bisa juga tugas hari kemarin yang diselesaikan secara sempurna.

Ingat, saat hati Anda bahagia, Anda bisa beraktivitas dengan penuh semangat dan mendapatkan hasil terbaik di hari itu.

2. Jangan Membuat Alasan

Saat Anda merasakan ada ketidakbahagiaan dalam hidup, jangan pernah menyalahkan orang lain.

Jangan mencari dan membuat alasan bahwa kegagalan Anda adalah akibat adanya peran orang lain.

Lebih baik Anda melihat kesalahan yang telah dilakukan dan belajar memperbaikinya.

Saat Anda bisa memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan, artinya Anda sudah menjadi orang yang lebih baik. Anda pun akan muncul sebagai orang yang lebih bahagia.

3. Lepaskan Kemarahan

Tahukah Anda bahwa melepaskan kemarahan tidaklah mudah? Namun, memendam kemarahan akan punya dampak buruk bagi kesehatan jiwa dan raga.

Karena itu, belajar untuk melepaskan amarah, tapi dengan tetap terkontrol.

Istilah kerennya, “anger management”. Tanpa ada kontrol, Anda akan membuat keputusan yang buruk dan bahkan gangguan kesehatan.

Jadi, coba belajar melepaskan kemarahan dengan tetap terkontrol agar Anda bisa merasakan hidup yang lebih tenang dan lebih baik.

Baca juga: 7 Cara Efektif Mengendalikan Emosi Diri Sendiri

4. Maafkan Orang yang Menyakiti Anda

Salah satu cara menjadi orang yang lebih baik adalah memaafkan orang yang pernah menyakiti Anda. Sulit memang, tapi harus belajar untuk bisa melakukannya demi menjadi orang yang lebih baik.

Memendam kemarahan dan rasa sakit hanya akan membuat pikiran dan hati Anda dipenuhi hal-hal negatif. Dan ini jelas tidak baik bagi mental maupun fisik Anda.

Mulai hari ini belajar untuk mengikhlaskan apa yang telah terjadi. Semakin kita ikhlas, maka semakin ringan hidup yang dijalani. Percayalah.

5. Jujur

Apa yang Anda rasakan ketika orang yang Anda percayai ternyata mengkhianati Anda? Sakit sudah pasti bukan?

Jadi Anda pun tahu seberapa penting nilai-nilai kejujuran harus selalu ada di dalam diri Anda.

Jadilah sosok yang jujur, menceritakan segala hal apa adanya tanpa ada tambahan atau pengurangan. Kejujuran akan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik, baik di kehidupan pribadi maupun di tempat kerja.

6. Bantu Sesama

Memberikan tempat duduk kepada orang yang lebih tua saat berada di bus kota merupakan sebuah tindakan positif yang bermanfaat bagi jiwa Anda.

Karena menolong orang lain atau membantu sesama adalah cara termudah dan efektif untuk menjadi orang yang lebih baik.

Rasakan kebahagiaan saat Anda membantu sesama atau orang lain. Bahkan meski sekadar mengangkat bawaan pasangan Anda saat selesai berbelanja. Menjadi bahagia adalah ciri orang yang selalu berusaha menjadi lebih baik.

7. Dengarkan Orang Lain

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendengarkan orang lain. Tentu saja yang didengarkan bukanlah orang sembarangan. Melainkan mereka yang memang dikenal punya kehidupan yang baik.

Dari merekalah Anda akan belajar banyak hal positif. Termasuk ketika menghadapi kondisi harus menjadi pendengar bagi orang-orang di dekat Anda.

Menjadi pendengar yang baik bisa membuat kehidupan Anda menjadi lebih positif. Oh ya, jika Anda tidak tahu cara menjadi pendengar yang baik, silakan lihat caranya di artikel ini.

8. Selalu Bersikap Sopan

Ilustrasi bersikap sopan

Anda pasti tinggal dalam sebuah lingkungan yang diisi dengan banyak orang yang berbeda beda tipe dan karakternya.

Karena perbedaan itulah, Anda harus bisa selalu menjaga diri dan kesopanan. Tidak semua yang menurut Anda baik akan dipandang baik juga oleh orang lain.

Agar hal itu tidak terjadi, selalu jaga kesopanan setiap bertemu tetangga atau mereka yang tinggal di sekitar rumah.

Menyapa dan sekadar memberikan senyuman saat bertemu tetangga selain menjaga hubungan antarwarga juga akan membuat Anda lebih bahagia.

9. Terbuka Pada Perubahan

Bagi Ada yang doyan traveling pasti akan selalu menemukan banyak hal baru. Saat itu Anda membutuhkan kemampuan untuk selalu terbuka dengan segala perubahan yang dilihat.

Dengan demikian, Anda bisa tumbuh dengan mengetahui banyak hal baru dalam hidup.

Bersikap terbuka pada perubahan dan perbedaan akan membantu Anda saat menghadapi berbagai kondisi dan tekanan pekerjaan. Bisa menjaga kepercayaan diri untuk menghadapi semua tantangan tersebut.

10. Hormati Orang Lain

Dalam pergaulan dengan tetangga maupun rekan kerja di kantor, satu hal yang harus selalu dijaga adalah rasa saling menghormati.

Apalagi pasti akan ditemukan banyak perbedaan antara Anda dengan orang lain. Saat itulah dibutuhkan rasa hormat kepada orang lain.

Anda tidak harus selalu menyetujui pendapat, pikiran, perasaan, bahkan gaya hidup orang lain.

Anda hanya harus memberikan rasa hormat atas semua perbedaan tersebut, sehingga Anda tidak akan dilanda banyak perasaan dan pikiran negatif yang tidak baik bagi kehidupan Anda.

11. Edukasi Diri Sendiri

Saat Anda menemukan hal yang tidak dimengerti dalam kehidupan ini, jangan ragu untuk mencari tahu. Mengedukasi diri sendiri adalah hal positif dan bisa membuat Anda lebih baik.

Dengan demikian Anda akan selalu siap menghadapi kondisi yang berbeda atau belum pernah dialami sebelumnya.

Semua perbedaan yang ada dalam kehidupan memang harus dimengerti. Caranya adalah selalu belajar hal baru dan jangan pernah bosan untuk terus belajar.

12. Selesaikan Masalah Secepat Mungkin

Ketika Anda menemukan satu masalah dalam kehidupan, segera cari tahu cara menyelesaikannya. Bukan hanya mengeluh dan menyebarkannya di media sosial. Hal itu hanya akan membuat masalah menjadi lebih besar.

Daripada sekadar mengeluh, gunakan pikiran dengan maksimal untuk mencari tahu solusi yang paling tepat.

Jika dibutuhkan, Anda bisa berkonsultasi dengan mereka yang ahli di bidangnya atau orang-orang terdekat. Membiarkan masalah berlarut hanya akan membuat Anda menjadi lebih dibelit masalah.

Baca juga:

13. Sabar

Tidak ada kehidupan yang datar dan polos. Pasti ada riak gelombang dan jalanan berbatu yang harus dilalui. Saat itulah Anda membutuhkan yang namanya sabar. Bukan si Sabar yang kerap jualan mie ayam keliling, tapi sabar dalam menghadapi semua masalah yang datang.

Karena, menjadi orang sabar adalah salah satu jalan untuk menjadi orang yang lebih baik.

Tak hanya itu, dengan menjadi orang yang sabar, Anda bakal melatih pikiran dan hati ini untuk melakukan tindakan yang tepat dan benar. Bukan bertindak karena dilandasi emosi.

14. Bersyukur

Bersyukur adalah cara yang efektif dalam upaya menjadikan diri Anda lebih baik. Apa pun yang Anda alami dan rasakan, seburuk atau sebaik apa pun, selalu bersyukur.

Ciri Anda telah bersyukur adalah dengan melakukan segala hal tanpa berlebihan. Jika memang mendapat amanah jabatan tinggi di tempat kerja, syukuri dengan bekerja lebih optimal.

Semakin sering Anda bersyukur, maka semakin Anda bisa menjalani hidup dan kehidupan yang lebih baik.

15. Taat Beribadah Sesuai Kepercayaan

Di atas segalanya, manusia yang lebih baik adalah yang selalu sadar akan kewajibannya. Apa pun agama atau kepercayaan, pasti tidak akan pernah mengajarkan kekerasan dan keburukan.

Justru selalu mengupayakan agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari hari ke hari.

Taat beribadah (misalnya menunaikan shalat 5 waktu bagi muslim) akan memberikan ketenangan yang ujungnya bisa memberi Anda banyak hal positif. Termasuk membawa Anda menjadi sosok yang lebih baik.

Penutup

Menjadi orang yang lebih baik memang kadang lebih mudah diucapkan daripada tindakan. Di sinilah dibutuhkan konsistensi tinggi agar apa yang Anda lakukan untuk lebih baik bisa tercapai.

Jangan menunggu mood datang baru melakoni cara-cara di atas. Lakukan semuanya dengan konsisten dan temukan kehidupan yang lebih baik di masa datang.

Loading...

Artikel Terkait