10 Cara Menjadi Wanita Dewasa, Mandiri, dan Elegan

Ilustrasi cara menjadi wanita dewasa

Kaum wanita kerap kali diidentikkan sebagai sosok yang lemah dan manja. Mereka dianggap enggak bisa kerja terlalu berat. Pengennya diperhatikan dan selalu dilindungi. Betul gak?

Well, sebenarnya pernyataan itu tidak sepenuhnya salah sih. Tapi juga tidak benar pula! Memang bila dilihat secara fisik, pria lebih kuat dibandingkan wanita. Namun bukan berarti wanita enggak bisa menjadi mandiri.

Begitupun dengan sifanya yang manja. Its okay, menjadi manja itu cute kok! Asalkan jangan terlalu lebay. Wanita juga perlu bersikap dewasa. Karena pada akhirnya, wanita-lah yang bertugas mendidik anak dan mengurus rumah tangga.

Nah, jika Anda ingin menjadi wanita dewasa dan mandiri, berikut 10 cara yang perlu Anda lakukan.

1. Jangan Terlalu Mengandalkan Orang Lain

Sebagai makhluk sosial tentunya manusia tidak bisa hidup sendirian. Meskipun begitu, Anda juga tidak boleh selalu mengandalkan orang lain. Memangnya, mau sampai kapan Anda berpangku tangan?

Mulai sekarang, belajarlah untuk bersikap mandiri. Apapun itu, jika Anda mampu maka kerjakanlah sendiri. Jangan terus meminta bantuan orang lain.

Loading...

Hidup itu berat lho! Jika Anda tidak belajar mandiri mulai sekarang, kelak Anda akan merasa kesulitan saat dihadapkan dengan perubahan dan berbagai masalah yang datang di hidup Anda.

2. Coba Keluar dari Zona Nyaman

Tips kedua untuk menjadi wanita dewasa sekaligus mandiri, adalah dengan keluar dari zona nyaman. Bukan berarti Anda melakukan hal-hal yang berbahaya atau tidak benar.

Tapi melakukan sesuatu yang belum pernah Anda coba. Sesuatu yang menantang dan tentunya bermanfaat untuk hidup Anda. Misalnya saja, Anda bisa mencoba memberanikan diri untuk berbisnis. Atau mengejar impian Anda lainnya.

Dengan Anda keluar dari zona nyaman, di situ sifat mandiri dan kedewasaan akan muncul secara alamiah, seiring dengan banyaknya hal-hal baru yang Anda lalui.

3. Percaya dengan Kemampuan Diri

Percaya dengan kemampuan diri sendiri juga menjadi modal penting untuk membentuk karakter yang mandiri dan dewasa.

Apabila Anda minder dan terus-menerus ragu dengan diri sendiri, maka sampai kapanpun Anda tidak akan berani melangkah maju. Hidup Anda hanya akan stuck di situ-situ aja, alias nggak berkembang.

Tentunya Anda nggak mau seperti itu, kan? Jika ingin jadi wanita hebat maka mulailah bersikap percaya diri. Bagaimanapun kondisi Anda, jangan jadikan itu sebagai hambatan untuk maju.

Ingat, setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada yang sempurna. Anda hanya perlu mencoba dan yakin bahwa Anda pasti bisa!

4. Coba Perluas Pergaulan Anda

Berikutnya, cara untuk menjadi wanita dewasa adalah dengan memperluas pergaulan. Ini penting ya!

Ketika Anda bertemu banyak orang dengan beragam karakter, itu akan melatih pola pikir untuk lebih dewasa. Mau tidak mau, Anda harus bisa meninggalkan sifat manja, dan belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Ingat ya, enggak semua orang itu sifatnya sama dengan diri Anda. Beberapa mungkin ada yang jutek, pendiam banget, atau bahkan keras kepala. Di situlah nanti diri Anda harus bersikap dewasa untuk bisa menghadapi mereka.

5. Beranilah Mengungkapkan Pendapat

Jangan pernah takut mengutarakan apa yang Anda pikirkan. Selagi itu benar dan tidak ada niatan buruk, maka ungkapkan saja.

Negara kita adalah negara demokratif, setiap orang bebas berpendapat. Jadi Anda tak perlu takut.

Begitupun dalam kehidupan rumah tangga, tidak ada salahnya wanita mengungkapkan pendapat. Meskipun pria pemimpinnya, tapi bukan berarti wanita harus diam saja. Sah-sah aja bila wanita berbicara, namun yang penting sopan dan jangan terkesan menyudutkan.

Dengan berani mengungkapkan pendapat, itu bisa melatih jiwa kemandirian dan kedewasaan Anda.

6. Jangan Mudah Tersinggung

Jangan mudah tersinggung

Menjadi wanita dewasa berarti menjadi pribadi yang tidak mudah tersinggung. Ketika Anda menerima kritik atau menghadapi orang yang marah, sebaiknya jangan langsung terbawa emosi.

Cobalah menghadapi omongan orang lain dengan kepala dingin. Cerna baik-baik. Mungkin dia hanya ingin menasehati.

Kalaupun orang tersebut memang menghina dan membeci Anda, ya sudah Anda tak perlu membalasnya dengan cacian juga. Tanggapi saja secara elegan. Membalas sikap buruk orang lain tidak harus dengan teriak-teriak.

Menjadi wanita tegar dengan bersikap dewasa akan membuat Anda lebih dikagumi banyak orang. Percaya deh!

7. Perbanyak Belajar, Dari Buku atau Pengalaman Orang Lain

Langkah selanjutnya yang perlu Anda ambil untuk melatih kemandirian dan kedewasaan adalah dengan memperbanyak belajar.

Anda bisa membaca buku-buku tentang pengembangan diri. Membaca biografi sosok-sosok yang menginspirasi, atau hal lain yang berkaitan dengan kehidupan.

Cara lain, Anda juga bisa belajar dari pengalaman orang lain. Cobalah bersikap terbuka dengan keluarga, kerabat dan orang-orang yang Anda percayai.

Ajak mereka untuk sharing tentang pengalaman hidupnya. Dengan begitu, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan.

8. Sesekali Lakukan Traveling

Traveling (jalan-jalan atau piknik) bukan sekadar ajang untuk menghambur-hamburkan uang semata. Sebenanya, ada banyak manfaat yang bisa Anda ambil dari kegiatan traveling ini.

Selain membantu menghilangkan penat, traveling juga memiliki kontribusi dalam membangun jiwa kemandirian Anda. Mengapa begitu?

  • Pertama, karena saat travelling, Anda dituntut untuk bisa terampil dalam mem-packing barang-barang. Tentunya barang bawaan tersebut enggak boleh terlalu banyak karena bisa menyulitkan perjalanan. Tapi juga harus lengkap, agar nantinya Anda tidak bingung jika butuh sesuatu.
  • Kedua, Anda harus menempuh perjalanan cukup panjang saat traveling. Pastinya itu bikin capek dan lelah. Tapi gimanapun juga, Anda harus tetap sehat karena bakalan sulit kalau sakit di perjalanan.
  • Ketiga, saat traveling Anda akan bertemu banyak orang. Mulai dari di kendaraan hingga mungkin ketika tiba di lokasi. Tentunya itu menyenangkan dan bisa melatih jiwa sosialisasi Anda.

Intinya, Anda sesekali perlu traveling. Menatap dunia luar untuk memupuk kedewasaan diri. Jangan hanya bersembunyi di dalam sangkar, karena itu akan membuat Anda sulit berkembang.

9. Latih Kesabaran Diri

Poin penting selanjutnya untuk menjadi wanita dewasa dan mandiri, Anda harus bisa melatih kesabaran diri. Belajarlah untuk tegar dalam menghadapi segala situasi. Jangan terlalu manja, apalagi gemar mengeluh. Itu tidak akan menyelesaikan masalah, girls!

Sadarilah, bahwa hidup ini memang diliputi cobaan dan beragam masalah. Anda tidak bisa lari atau bersembunyi. Untuk bisa menjadi dewasa, Anda harus berani menghadapi masalah tersebut.

Sekalipun itu sangatlah sulit, cobalah tetap bertahan dan bersabar. Kesabaran akan membuat seseorang menjadi lebih kuat dan mandiri.

10. Yang Terpenting, Selalu Jaga Kesehatan Anda

Tips terakhir sekaligus yang paling penting untuk menjadi wanita mandiri, yakni dengan menjaga kesehatan tubuh.

Ini sangat perlu diperhatikan! Sebab jika Anda sakit, maka Anda tidak akan mampu berbuat apa-apa. Waktu Anda hanya akan habis di atas ranjang. Tentunya Anda tidak ingin begitu, kan?

Sakit memang bisa datang karena takdir, namun bukan berarti Anda pasrah. Menjaga kesehatan adalah kewajiban setiap manusia.

So, mulai sekarang terapkanlah gaya hidup sehat dengan cara menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Anda butuh fisik kuat untuk bisa menjadi wanita tangguh!

Penutup

Kesimpulannya, menjadi wanita dewasa dan mandiri bukan berarti menyalahi kodrat. Bagaimanapun wanita tetap butuh sosok pria sebagai pendamping.

Namun kemandirian dan kedewasaan diperlukan untuk melatih mental agar tidak lemah, serta agar Anda bisa hidup tanpa berpangku tangan. Semangat!

Loading...

Artikel Terkait