8 Cara Ampuh Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

Ilustrasi semangat mengerjakan skripsi

Meraih gelar sarjana adalah dambaan setiap mahasiswa. Tetapi meraih gelar ini bukan hal yang mudah. Mengapa?

Karena Anda harus berkutat dengan tugas akhir atau skripsi sebagai syarat kelulusan. Skripsi memadukan semua ilmu yang Anda dapatkan pada semester-semester sebelumnya.

Jamak diketahui, mengerjakan skripsi tidak semudah yang diucapkan atau membalikkan telapak tangan. Tak mengherankan, skripsi kerap kali membuat mahasiwa tertekan, menemui jalan buntu, dan berakhir dengan kemalasan untuk mengerjakannya.

Beredar mitos bahwa sepintar apa pun mahasiswa tetapi malas mengerjakan skripsi akan disalip oleh mahasiswa biasa tetapi semangat. Lalu bagaimana cara agar semangat? Berikut ini 8 cara menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi yang perlu Anda coba.

1. Buat janji

Pada saat mengerjakan skripsi, Anda pasti membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat. Agar Anda dapat terpompa semangat setiap hari, maka buatlah janji dengan mereka. Entah itu keluarga, sahabat atau pacar.

Berjanjilah pada mereka bahwa Anda segera lulus. Dengan janji akan tumbuh rasa tanggung jawab dalam diri Anda.

Loading...

Selain itu, berdoa bersama orang terdekat dan saling menguatkan dapat membakar api semangat Anda yang telah padam. Bayangkan orang-orang terdekat ketika Anda sedang lelah atau putus asa, mereka pasti menguatkan.

2. Datang ke wisuda teman

Ada pepatah yang mengatakan bahwa motivasi terbesar berasal dari diri sendiri. Salah satu cara untuk membangkitkan motivasi diri dan menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi adalah menghadiri acara wisuda teman.

Di sana, Anda akan merasakan euforia bagaimana upacara itu digelar. Anda pasti ikut bahagia dan terpercik rasa ingin memakai toga seperti teman Anda. Hal ini tentu dapat memicu Anda untuk lebih giat menyelesaikan skripsi yang sudah menunggu.

3. Pilih tempat nyaman

Kondisi lingkungan pengerjaan tugas akhir juga patut Anda pertimbangkan. Pilihlah tempat yang nyaman dan Anda banget sebagai basecamp untuk mengerjakan skripsi.

Berganti-gantilah tempat agar pikiran Anda tidak terjebak dan malah membuat ruwet. Misalnya saja Anda selalu mengerjakan di kamar, tanpa ada suasana baru, maka tentu Anda akan mudah bosan dan akhirnya pekerjaan terbengkalai.

Selain kamar, Anda juga bisa mengerjakan tugas akhir di perpustakaan, kafe atau ruang khusus pengerjaan skripsi. Biasanya di kampus akan disediakan ruang tersebut.

Selain berganti suasana, di sana Anda akan bertemu orang baru yang mungkin mengalami nasib yang sama dengan Anda. Hal ini bisa jadi penambah semangat.

4. Buat deadline

Target itu penting. Untuk mencapai target Anda membutuhkan rencana-rencana yang mendetail. Apa yang harus Anda lakukan hari ini, besok atau bahkan satu bulan ke depan.

Buatlah to do list agar Anda terarah dan tidak membuang-buang waktu. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat target dengan teman sehingga bisa saling memotivasi dan menemani satu sama lain.

Jadwalkan juga konsultasi dengan dosen pembimbing agar Anda bisa mengejar target dengan tepat waktu.

5. Banyak berkumpul dengan pejuang skripsi

Ilustrasi pejuang skripsi

Berkumpul dengan orang yang senasib sepenanggungan dengan Anda akan membuat kerja berat menjadi ringan. Anda akan termotivasi jika bersama dengan orang yang giat. Tak hanya itu, Anda juga akan bisa mengingatkan apabila ada teman yang mulai malas dan menghilang.

Anda juga bisa mencurahkan isi hati dan permasalahan kepada teman seperjuangan. Mereka dengan senang hati akan memberi solusi, karena mereka juga pernah ada di posisi Anda sekarang.

Jangan ragu untuk bertanya atau bercerita. Memendam masalah sendiri akan membuat pikiran Anda tambah sumpek dan berakhir dengan terbengkalainya tugas akhir.

6. Ingat orang tua

Ingatlah orang tua Anda jika rasa malas mulai menerpa. Biaya pendidikan itu tidak murah, ingat bagaimana perjuangan bapak dan ibu yang memeras keringat mencari nafkah agar Anda menjadi sarjana.

Mengingat orang tua juga dapat menguatkan. Mungkin ketika Anda merasa down atau putus asa maka ingatlah mereka. Doa mereka tidak akan pernah putus untuk Anda, maka Anda juga tidak boleh putus semangat.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua Anda

7. Jangan terlalu idealis

Sebenarnya judul skripsi itu banyak, tetapi kadang beberapa mahasiswa terlalu pemilih dan bimbang untuk menentukan judul. Penentuan ini bisa memakan waktu berbulan-bulan. Setiap judul pasti memiliki kesuitan tersendiri, apa pun itu.

Cara lain menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi adalah dengan cepat memutuskan judul atau tema yang sekiranya Anda mampu selesaikan secepat mungkin.

Hindari judul yang terlalu rumit dan Anda sendiri pun belum tentu bisa menyelesaikannya. Jangan terlau idealis, karena skripsi itu penelitian ilmiah bukan lomba untuk mencari judul keren dan susah.

8. Kurangi main dan nongkrong

Main memang boleh, siapa yang tidak stres ketika mengerjakan tugas akhir? Pasti Anda merasakan lelah. Anda dapat refreshing sekali-kali untuk menyegarkan kembali pikiran Anda.

Tetapi juga jangan terlalu sering main. Skripsi belum selesai tapi main dan nongkrongnya didahulukan. Ketika pulang, Anda akan merasa lelah dan skripsi pun tidak tersentuh. Tentu jangan mengeluh jika tidak selesai.

Semua itu ada di diri Anda. Kendalikan hobi nongkrong Anda. Ketika skripsi Anda sudah selesai, maka Anda pun bisa bebas main dan liburan. Jika hal ini terjadi, Anda akan merasa nyaman dan terbebas dari rasa bersalah, bukan?

Penutup

Demikianlah 8 poin penting yang bisa Anda kerjakan agar motivasi untuk mengerjakan skripsi Anda meningkat. Selalu ingat bahwa motivasi terbesar ada di diri Anda.

Displinkan dan kontrol diri agar semangat Anda terus membara. Semoga sukses dalam menyelesaikan skripsi Anda!

Loading...

Artikel Terkait