9 Cara Move On dari Mantan Tersayang yang Sudah Punya Pacar Baru

Ilustrasi cara move on dari mantan

Mengalami patah hati karena ditinggal orang tersayang itu memang menyakitkan. Terlebih lagi, jika hubungan sudah terjalin cukup lama. Tentunya tidak mudah untuk melupakan semua kenangan indah. Iya, kan?

Begitu sulit untuk merelakannya pergi. Apalagi melihat si mantan sudah punya pacar baru, duh rasanya pasti jengkel banget. Antara ikhlas dan tidak ikhlas.

Anyway, sebenarnya wajar saja jika Anda punya perasaan demikian. Sedih dan cemburu itu normal. Tapi jangan berlebihan. Jika memang takdirnya tidak berjodoh, ya Anda harus rela.

Jangan terus-menerus melihat masa lalu. Cobalah untuk bangkit dan memulai membuka lembaran baru.

Jika Anda kesulitan, Anda bisa menerapkan 9 cara move on dari mantan tersayang di bawah ini. Dijamin Anda tidak akan galau lagi!

1. Mulailah Mencari Kesibukan untuk Mengisi Waktu Luang

Seseorang yang baru saja putus biasanya mudah sekali mengalami galau. Perasaan tersebut bisa muncul kapan saja. Terutama saat lagi bengong, tidak ada kerjaan. Wah rasanya kesepian banget.

Loading...

Rasa sepi itu juga kerapkali membuat Anda jadi kangen sosok mantan. Sehingga galau pun jadi semakin berkepanjangan.

Nah, untuk menghindari hal-hal semacam itu, sebaiknya Anda jangan sering-sering melamun. Gunakan waktu luang Anda untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat.

Anda bisa mencari kesibukan baru, misalnya mengikuti kursus memasak, mencari kerjaan sampingan, atau lainnya. Dengan begitu, perhatian Anda akan teralihkan dari kenangan akan mantan.

2. Jangan Suka Menyendiri, Lebih Baik Berkumpul dengan Teman

Masih berkaitan dengan poin di atas, bahwa menyendiri itu tidak bagus dilakukan oleh orang yang sedang gundah gulana.

Menghabiskan waktu di dalam kamar seharian, lalu mendengarkan lagu-lagu mellow, aktivitas tersebut tidak akan mengobati rasa sakit di hati. Sebaliknya justru membuat Anda semakin depresi.

Akan lebih baik jika Anda keluar rumah. Jalan-jalan, menghirup udara segar, berkumpul bersama teman-teman, mengobrol, dan bercanda. Semua itu akan membuat Anda terhibur.

Melakukan aktivitas yang menyenangkan bisa memulihkan mental Anda. Selain itu, juga membantu proses move on menjadi lebih mudah.

3. Hapus Semua Kontak Mantan, Mulai Dari Nomor Telepon Hingga Akun Sosial Medianya

Selanjutnya, cara move on dari mantan yang paling ampuh yakni dengan menghapus semua kontaknya. Mulai dari nomor telepon hingga akun sosial, Anda harus menghapusnya!

Jika Anda terus menyimpan kontak mantan, maka Anda akan berkeinginan menghubunginya. Dan apabila Anda terus berhubungan, lalu bagaimana cara Anda melupakannya?

Itu malah membuat Anda semakin sayang, bahkan sulit merelakannya pergi. Ingat, mantan Anda sudah punya pacar baru.

Jadi, sebaiknya jangan menganggu ia lagi. Tak perlu juga berdalih demi jaga persahabatan. Jika memang berniat move on, maka hapus segala hal tentang mantan!

4. Jangan Berharap Mengulang Masa Lalu, Terima Kenyataan!

Untuk move on dari mantan, Anda juga perlu menghapus masa lalu. Jangan lagi menoleh ke belakang. Masa-masa indah yang pernah kalian lalui bersama jadikanlah sebagai kenangan. Ya, hanya sebatas kenangan! Bukan untuk diulang kembali.

Anda harus bisa menerima kenyataan bahwa hubungan kalian sudah berakhir. Biarkan dia berbahagia dengan pasangan barunya.

Dan Anda pun juga begitu, carilah kebahagiaan sendiri. Dunia ini luas. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Jangan hanya berhenti di satu tempat.

5. Mungkin Dia Bukan Jodoh Anda, Jadi Belajarlah Untuk Ikhlas

Anda tentunya sudah mengerti kan, bahwa jodoh itu rahasia Tuhan. Enggak ada jaminan jika Anda pacaran bertahun-tahun maka bisa menikah dengan si dia.

Apabila dia bukan jodoh Anda, pasti ada saja alasan yang membuat hubungan kalian jadi retak. Kalian putus! Ya, Anda harus menerima itu. Sekalipun terasa berat, yakinlah bahwa Anda sudah menyiapkan pengganti yang lebih baik.

6. Cintai Diri Anda

Ilustrasi cintai diri sendiri

Anda boleh saja merasa sedih saat putus dari pacar. Tapi please, jangan merusak diri sendiri. Mogok makan, tidak mau tidur, apalagi sampai melakukan hal-hal yang berbahaya.

Anda jangan berbuat begitu! Ingat lho, tubuh Anda punya hak untuk dirawat. Anda tidak perlu menyiksa diri demi seseorang yang meninggalkan Anda.

Jangan tampil berantakan, apalagi seperti orang depresi. Itu membuat Anda terkesan menyedihkan di hadapan mantan.

Sebaliknya, setelah putus, Anda harus lebih mencintai diri sendiri. Perhatikan penampilan Anda dan jadilah pribadi yang sukses. Dengan begitu, Anda membuktikan bahwa Anda bisa bersinar meski tanpa dirinya.

7. Jangan Membenci Mantan, Apalagi Berniat Balas Dendam, No!

Move on dari mantan bukan berarti Anda harus membenci dia. Apalagi sampai berniat balas dendam. No, itu nggak perlu dilakukan!

Membenci seseorang itu perbuatan yang tidak bermanfaat. Bahkan membuat hidup jadi tak tenang. Maka itu, hindarilah sikap tersebut.

Mungkin mantan memiliki alasan tertentu untuk mengakhiri hubungan kalian. Cobalah menerimanya. Sekalipun faktanya dia memang salah, ya sudah maafkan saja. Anggaplah dia memang bukan jodoh Anda. Dia bukan yang terbaik untuk Anda.

Oleh karenanya, Anda harus rela mengakhiri semuanya. Dan tak perlu membenci juga. Jadikan saja apa yang telah terjadi sebagai pelajaran berharga.

8. Jangan Terlalu Lama Menutup Hati, Masih Banyak Orang Baik di Luar Sana

Daripada Anda terus-menerus galau memikirkan mantan tiada akhir, lebih baik Anda memulai membuka hati. Jangan mengatakan bahwa tidak ada orang sebaik mantan, atau Anda tak mampu mencintai orang lain. Duh, jangan berpikiran gitu deh!

Sebenarnya Anda hanya belum mencoba bangkit saja. Mungkin Anda butuh waktu, its okay! Tapi jangan terlalu lama. Nanti keburu tua lho!

Coba deh buka hati Anda. Coba lakukan taa’ruf dengan orang baik-baik, yang bagus agama dan akhlaknya. Seseorang yang sudah siap menikah. Jadinya Anda enggak perlu membuang-buang waktu untuk pacaran yang tidak jelas ujungnya.

Dengan mencari sosok baru untuk mengisi hati Anda, itu akan menjadi obat paling ampuh untuk mengatasi kegalauan.

Baca juga: 8 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Keraguan Sebelum Menikah

9. Percaya dengan Takdir Tuhan, Bahwa Itu yang Terbaik

Cara terakhir untuk move on dari mantan yakni dengan percaya bahwa takdir Tuhan itu yang terbaik. Mungkin Anda merasa apa yang terjadi sekarang itu tidak adil buat Anda. Putus dari pacar, rasanya benar-benar sedih dan tidak rela.

Ya, itu memang menyedihkan! Tapi Anda juga harus tahu, bahwa terkadang apa yang terlihat baik itu belum tentu baik. Dan apa yang tampak buruk belum tentu buruk.

Artinya, walau kondisi Anda sekarang terlihat menyedihkan, Anda putus cinta dari orang yang Anda sayangi, sebenarnya itu belum tentu buruk. Bisa jadi itu yang terbaik untuk masa depan Anda.

Jadi jangan terlalu bersedih. Serahkan semua pada Tuhan dan jangan pernah lelah berdoa untuk meminta jodoh terbaik.

Penutup

Anda tidak akan pernah bisa move on dari mantan jika tidak memiliki niat yang kuat dalam hati. Niat adalah hal utama yang wajib Anda miliki, sebelum mempraktikkan tips-tips di atas. Anyway, semoga berhasil!

Loading...

Artikel Terkait