15 Ciri Orang Introvert yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Ilustrasi ciri orang introvert

Dalam ilmu psikologi, karakter seseorang secara umum terbagi dalam dua kategori, introvert dan ekstrovert.

Secara gampangnya, karakter orang introvert lebih condong ke dalam dirinya sendiri sementara ekstrovert lebih ke luar.

Untuk kali ini yang akan dibahas lebih banyak adalah soal orang-orang introvert. Mereka umumnya punya ciri-ciri khusus. Bahkan bisa jadi, ada ciri-ciri tersebut pada diri Anda saat ini.

Seperti apa saja ciri orang introvert? Berikut kami paparkan 15 ciri yang mungkin saja tidak Anda ketahui.

1. Senang menyendiri

Bagi orang-orang introvert, menonton video di smartphone atau menghabiskan waktu dengan membaca, main game, menulis, memasak, atau bahkan menyulam terasa lebih menyenangkan.

Saat melakukan aktivitas sendiri, orang introvert justru seperti menemukan kebebasannya.

Loading...

Dia akan lebih rileks dan sedikit mengeluarkan energi meski banyak aktivitas yang dilakukan sepanjang hari. Selama itu dilakukan sendirian saja.

(Baca juga: 9 Cara Elegan Mengatasi Kesepian Karena Jomblo Berkepanjangan)

2. Jarang berbasa basi

Apakah Anda pernah mencoba menghindar untuk berpapasan dengan tetangga atau teman sekantor?

Atau sengaja menunggu beberapa menit di dalam kamar apartemen ketika Anda mendengar suara tetangga Anda baru keluar dari kamarnya dan hendak menuju lift?

Jika jawabannya ya, maka Anda bisa jadi seorang introvert. Karena seorang introvert biasanya akan menghindar berbincang dengan orang lain, meski hanya sekadar basa basi.

Orang yang introvert lebih suka berbicara yang memang punya manfaat dibanding sekadar ngobrol ngalor ngidul hanya sekadar untuk berbasa basi.

3. Lelah jika kebanyakan bersosialisasi

Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa bersosialisasi merupakan aktivitas yang melelahkan, baik bagi mereka yang introvert maupun ekstrovert. Karena bersosialisasi mengeluarkan banyak energi.

Soalnya, yang terlibat dalam sosialisasi akan banyak bercerita, mendengarkan, termasuk melakukan bahasa tubuh, dan mencerna semua informasi yang masuk.

Namun, orang introvert akan lebih cepat kehabisan “baterai” dibanding ekstrovert.

Jadi, jika Anda merasa sangat lelah ketika selesai hang out dan butuh sendirian di kamar yang gelap dan tenang, sangat besar kemungkinan Anda adalah orang introvert.

4. Berpikir lebih cerdas ketika sendiri

Ciri orang introvert berikutnya adalah selalu bisa berpikir lebih baik ketika tengah sendirian. Berada dalam kesendirian seperti sudah menjadi kebutuhan hidup.

Karena saat itu biasanya selalu memunculkan banyak ide-ide cemerlang yang sebelumnya mandek ketika tengah berada di ruang rapat.

Bagi orang introvert, berada di tengah banyak orang seperti membuat otak mendadak overload.

Kondisi ini membuat Anda sering melakukan monolog dibanding memperhatikan materi yang didiskusikan.

5. Jarang bertemu orang baru

Ketika Anda menerima undangan pesta ulang tahun, pernikahan, perayaan kenaikan jabatan rekan kerja, hal yang terpikirkan adalah hanya akan memenuhinya karena hubungan pertemanan.

Tidak ada rencana datang ke pesta untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru. Sehingga ketika Anda datang ke pesta, Anda hanya berkumpul dengan orang-orang yang memang sudah dikenal sebelumnya.

Berada di lingkungan teman yang sudah dikenal lebih membuat Anda nyaman dibanding di antara orang-orang baru.

6. Kerap menjadi pendengar yang baik

Anda tidak pernah merasa keberatan ketika teman Anda meminta waktu untuk bercerita.

Bahkan meski membuat Anda kehilangan waktu berjam-jam demi mendengarkan semua cerita dan keluh kesah teman Anda.

Salah satu alasannya adalah karena Anda tidak perlu berpikir sebelum berbicara. Anda cukup mendengarkan sampai mereka selesai mengeluarkan semua yang ada dalam pikirannya.

Menjadi pendengar yang baik pun membuat Anda bisa mengetahui berbagai hal tanpa perlu banyak mengeluarkan energi.

Jika Anda sering mengalami kondisi seperti ini, bisa jadi Anda adalah seorang introvert.

7. Berkonsentrasi dalam waktu lama

Ilustrasi sedang konsentrasi

Salah satu ciri orang introvert yang mungkin tidak banyak disadari adalah mampu berkonsentrasi dalam waktu lama.

Terutama ketika melakukan sesuatu yang memang Anda sukai atau dirasa punya manfaat bagi diri Anda.

Anda tidak akan peduli apa yang tengah terjadi di “dunia luar”. Selama Anda bisa terus enjoy, maka Anda akan melakukan semua aktivitas tersebut.

Dengan kata lain, selama Anda berada di zona yang nyaman tanpa ada gangguan dari pihak luar, maka Anda akan terus beraktivitas.

8. Sering berbicara sendiri di dalam hati

Jika pernah menonton sinetron lokal di televisi, pasti sering menemukan adegan salah satu tokoh yang berbicara kepada diri sendiri.

Kalau Anda sering melakukan hal seperti adegan dalam sinetron tersebut, yakinlah bahwa Anda merupakan seorang yang introvert.

Pasalnya, orang introvert memang kerap melakukan monolog. Semuanya dilakukan dalam pikiran Anda sendiri, tidak diucapkan ke hadapan orang lain.

Repotnya, hal ini kadang tidak bisa Anda kontrol dan selalu muncul ketika ada kondisi yang memicu pikiran monolog ini muncul.

9. Punya lingkaran pertemanan yang kecil

Orang-orang introvert bukan tidak senang menjalin pertemanan. Tapi mereka akan lebih memilih untuk berteman dengan sedikit orang.

Lingkaran pertemanan orang introvert cenderung kecil dan terbatas. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan orang introvert yang akan kehabisan “baterai” saat harus bertemu dengan banyak orang.

Jadi, ia akan lebih memilih bertemu dengan sedikit orang saja. Implikasinya, orang introvert pun akan sangat berhati-hati dalam memilih teman. Cenderung pemilih dan melihat kebutuhan yang ada pada dirinya.

(Baca juga: 10 Cara Menjadi Pribadi yang Menarik dan Disukai Banyak Orang)

10. Merasa sendiri di antara kerumunan

Pernahkah Anda merasa kesepian meski berada di tengah keramaian? Orang-orang yang berada di sekitar Anda seakan tidak terkoneksi dengan diri Anda.

Rasa sepi di tengah kerumunan ini adalah imbas dari kesulitan mendengarkan inner voice atau monolog yang muncul dalam pikiran orang-orang introvert.

Karena Anda berada di tengah kerumunan yang menghasilkan suara yang cukup berisik.

Sebagai orang introvert, untuk bisa mencapai koneksi yang kuat butuh satu kondisi yang tak akan pernah didapat di tengah keramaian.

11. Hidup di dua dunia

Orang introvert memang akan cenderung menyendiri. Mereka akan memperoleh kebebasan dan disibukkan dengan mendengar suara hati mereka sendiri. Sekaligus menonaktifkan suara-suara dari luar.

Meski demikian, bukan berarti orang introvert ingin hidup sendiri. Sebagai manusia biasa, mereka tetap akan terhubung dengan orang lain. Hal ini tak bisa lepas dari kehidupan seorang yang  introvert.

Jadi, orang introvert akan menjalani hidup dalam dua dunia sekaligus. Mereka tetap bertemu dengan orang-orang, tapi tetap, kesendirian dan dunia pribadi akan tetap menjadi rumah yang nyaman bagi para introvert.

12. Selalu memberi respons paling terakhir

Orang introvert selalu menghindari menjadi pusat perhatian. Misalkan saat berada di kelas, meski Anda tahu jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru, Anda lebih menyimpannya sendiri dibanding membaginya dengan berbicara.

Contoh lain, di dunia pekerjaan, Anda tak banyak bicara ketika sedang rapat. Anda akan memilih menghampiri pimpinan setelah rapat dan berbicara empat mata.

Bahkan Anda akan memilih untuk mengirim email daripada berbicara di hadapan banyak orang.

13. Bisa terlihat lebih tua dan bijak

Satu ciri orang introvert yang rasanya tak banyak disadari adalah bersikap lebih dewasa daripada usianya.

Mengapa? Karena orang introvert akan selalu menyerap banyak informasi dan berpikir keras sebelum berbicara.

Sehingga ketika ada ucapan yang muncul dari orang-orang introvert adalah buah pikiran yang mendalam.

Karena itu, jangan heran jika orang introvert kerap terlihat lebih dewasa dari usianya. Mereka kerap mengutarakan hal-hal secara bijak dan dewasa.

14. Memilih untuk menuliskan dibanding membicarakannya

Jika diminta untuk memilih antara menulis dan membiacarakan apa yang ada di dalam pikiran mereka, orang-orang introvert akan lebih mengambil pilihan pertama.

Karena menulis akan memberi mereka waktu yang cukup dalam menyusun kalimat yang tepat.

Selain itu, menulis juga tidak punya tekanan sebesar ketika harus berbicara. Bahkan bagi sebagian dari para introvert, menulis merupakan upaya dalam mengekspresikan diri dan pencarian jati diri.

15. Sulit terkoneksi dengan lingkungan sekitar

Otak orang-orang introvert lebih condong dalam hal-hal internal dibanding eksternal. Kondisi ini membuat mereka sulit terkoneksi dengan lingkungan sekitar.

Saat orang-orang ekstrovert merasakan sebuah euforia ketika berada di antara teman-temannya, orang introvert justru tak merasakan hal yang sama.

Dengan kata lain, orang-orang introvert tak pernah merasa menonjol di antara yang lain. Meskipun pada faktanya mereka punya kemampuan yang lebih besar dibanding yang lain.

Penutup

Bagaimana, apakah ada ciri orang introvert di dalam keseharian Anda? Tak perlu cemas, karena ini adalah bukan sebuah kesalahan apalagi kejahatan.

Introvert bukanlah sebuah hal yang buruk. Faktanya, banyak tokoh besar di dunia ini yang merupakan orang-orang introvert.

Karena itu, tetap fokus pada pekerjaan dan tugas Anda dan berusahalah mendapatkan hasil yang terbaik dengan cara Anda sebagai orang introvert.

Loading...

Artikel Terkait: