11 Ciri Pacar Posesif dan Overprotektif

Ilustrasi ciri pacar posesif

Setiap orang pasti ingin mendapatkan perhatian dari pacarnya. Disayang, dimanja, dan selalu ditanyakan kabar. Tentu rasanya menyenangkan, bukan?

Namun saat perhatian mulai berlebihan, ketika pacar selalu mengawasi gerak-gerik Anda, itu sih bukan lagi bentuk rasa sayang. Melainkan wujud dari sikap posesif dan overprotektif.

Biasanya, sikap posesif muncul tatkala pacar memiliki rasa takut akan kehilangan Anda. Sehingga membuat ia ingin mengendalikan hidup Anda. Tentunya sikap ini bukanlah hal baik. Selain membuat Anda merasa tak nyaman, juga bisa menghancurkan hubungan.

Nah, untuk mengenali apakah pacar Anda termasuk orang yang demikian atau bukan, Anda bisa melihat 11 ciri pacar posesif berikut ini.

1. Layaknya Stalker, Dia Selalu Mengecek Ponselmu

Ciri pacar posesif yang pertama, dia bersikap seolah-olah seperti detektif. Dia mematai-matai segala hal dalam hidup Anda. Termasuk menstalking isi ponsel Anda. Mulai dari pesan, panggilan telepon, hingga aktivitas Anda di sosial media.

Hampir tak ada satupun yang luput dari pengamatannya. Dan apabila dia menemukan Anda berinteraksi dengan lawan jenis, enggak peduli itu hanya teman atau patner kerja, dia pasti bakal langsung mengintrogasi Anda.

Loading...

2. Cenderung Mengitimidasi

Ciri kedua dari pacar posesif yakni dia cenderung mengintimidasi. Maksudnya, dia suka mengatur dan selalu membuat Anda mendengarkan perintahnya. Contohnya:

  • “Dengarkan, jangan pulang sore!”,
  • “Jangan berteman dengan dia!”
  • “Kamu harus selalu mengabari saya!”
  • “Jangan lakuin ini, jangan lakuin itu!”

Intinya, dia mencoba mengendalikan Anda. Dia merencanakan sesuatu, lalu memberitahu Anda apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Seandainya Anda menolak, maka dia akan menunjukkan sikap agresif, seperti marah dan ngambek.

3. Merasa Selalu Benar

Pacar yang posesif dan overprotektif juga kerap menganggap segala perilakunya benar. Dia tidak suka bila disalahkan atas sesuatu. Sekalipun perilakunya memang enggak benar, dia cenderung gengsi untuk mengakuinya.

Biasanya sih demi membuktikan kebenaran tindakannya, dia rela melakukan segala sesuatu. Yang jelas, dia bisa membuat posisi Anda benar-benar tersudutkan.

4. Dia Tidak Ingin Jauh Dari Anda

Salah satu ciri pacar posesif yang paling dominan, yakni dia selalu berada di dekat Anda. Tidak mau jauh-jauhan. Apalagi hubungan jarak jauh (LDR), itu bakalan sulit baginya.

Dia menuntut Anda untuk selalu memberikan kabar setiap hari. Begitupun dengan dirinya, ia juga senang mengirim pesan berkali-kali. Dikit-dikit telepon, dan selalu ingin bertemu.

Apabila keinginannya tersebut tidak terpenuhi maka dia jadi gampang ngambek. Misalnya saja, Anda enggak membalas pesan atau panggilannya, wah pasti dia marah-marah.

Tidak peduli apapun alasan Anda, walaupun Anda sedang sibuk, dia selalu punya senjata untuk memenangkan argumen. Contohnya, “Kan, ngirim pesan enggak sampai 5 menit, masa kamu enggak ada waktu?”

Ya begitulah, intinya dia nggak mau kalah.

5. Sangat Pencemburu

Cemburu tidak selalu menunjukkan bentuk kasih sayang. Terkadang cemburu yang berlebihan justru membuat pasangan jadi tertekan. Ya, kira-kira itulah yang dilakukan oleh pacar posesif. Dia adalah seorang pencemburu buta!

Dia tidak rela melihat Anda dengan siapa pun. Bahkan terkadang perkara-perkara kecil kerap dibuatnya menjadi masalah besar, hanya karena sifat cemburunya yang kelewat batas.

Lebih buruknya lagi, dia juga suka membandingkan cinta Anda dengan dirinya. Dia menganggap seolah-olah Anda tidak bisa membalas kasih sayangnya secara sempurna. Anda tidak bisa memberikan cinta seperti apa yang diharapkannya.

Dengan kata lain, cinta yang Anda berikan tak pernah cukup bagi dia.

6. Dia Selalu Menekankan Rasa Cintanya Berulang Kali

Pria posesif dan pacarnya

Ciri pacar posesif selanjutnya, dia selalu memberitahu Anda tentang betapa besar cintanya kepada Anda. Dia menekankan rasa sayang berulang kali. Seolah-olah dia tak bisa hidup tanpa Anda.

Memang terdengar romantis. Namun faktanya, dia mengekspresikan cintanya dengan cara keliru. Dia hanya terobsesi untuk memiliki Anda.

Dia tidak peduli dengan perasaan Anda. Yang dia lakukan hanyalah bersikap agresif dan overprotektif. Sehingga mungkin itu akan membuat Anda merasa tak nyaman.

7. Suka Mengatur Penampilan Anda

Pacar Anda peka dan perhatian terhadap penampilan Anda? Tentunya Anda merasa senang, kan? Itu tandanya dia peduli dengan Anda.

Namun bila sikapnya mulai berlebihan, yaitu ia selalu mengomentari penampilan Anda setiap waktu. Melarang Anda mengenakan ini-itu, meminta Anda menggunakan sesuatu sesuai kemauannya.

Wah, kalau begitu pastinya bikin risih, ya? Bagaimana tidak, Anda enggak bisa berekspresi secara bebas. Bahkan ruang gerak Anda dibatasi. Lama-kelamaan Anda bisa kehilangan jati diri, tuh!

Sebenarnya, kalau tujuannya baik sih enggak apa-apa. Namun jika dia berusaha mengubah Anda sesuai keinginannya, itu artinya dia tidak mencintai Anda apa adanya. Anda harus waspada!

8. Ketika Ada Masalah, Dia Selalu Menjadikan Anda Kambing Hitam

Tidak cukup mengatur hidup Anda, pacar posesif juga gemar menyalahkan Anda atas segala sesuatu yang terjadi. Dia cenderung bersifat egois.

Apabila ada masalah, dia tidak memberikan kesempatan pada Anda untuk mengklarifikasi. Kalau toh Anda mencoba meluruskan, tetap saja dia keras kepala dan menganggap Anda sebagai kambing hitamnya.

9. Membatasi Ruang Lingkup Pertemanan Anda

Entah karena takut kehilangan atau tak senang melihat Anda bergaul, seorang pacar yang posesif cenderung membatasi ruang gerak Anda.

Dia menentukan dengan siapa saja Anda boleh dan tidak boleh berteman. Tentunya hal itu bukan didasarkan pada penilaian rasional. Melainkan hanya menuruti egonya semata.

Dia juga gemar mengintrogasi seperti menanyakan dengan siapa Anda pergi, apakah si-A ikut, si-B ikut, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang sebenarnya berlebihan.

Tentunya hal itu enggak baik. Pasalnya, lama-kelamaan bisa membuat Anda semakin terasingkan dan dijauhi teman-teman.

10. Dia Merasa Jengkel Bila Anda Memuji Orang Lain

Ciri pacar posesif selanjutnya yakni dia tidak suka bila Anda memuji lawan jenis lain, kecuali dirinya. Walaupun maksud Anda hanya sekadar memuji atas kekaguman atau mungkin sekedar bercanda, tetap saja itu tak bisa membuat dia menerimanya.

Intinya, dia sangat pencemburu. Oleh karena itu, dia berharap menjadi satu-satunya sosok yang Anda kagumi. Satu-satunya sosok yang ada di hati Anda. Tidak boleh ada lainnya!

Baca juga:

11. Selalu Mencampuri Urusan Anda

Belum menjadi pasangan halal, tapi sikapnya sudah seperti pasangan beneran. Itulah salah satu ciri dari pacar posesif. Dia selalu mencampuri urusan Anda! Mulai dari hal paling kecil sampai yang paling besar. Apa pun itu, dia akan selalu terlibat di dalamnya.

Tidak cukup hanya melibatkan diri, dia juga cenderung mengatur dan memaksakan kehendaknya. Selalu ingin menang sendiri. Tidak pernah peduli dengan pendapat Anda.

Demikianlah 11 ciri pacar posesif dan overprotektif. Nah, bagaimana apakah pacar Anda juga punya karakter demikian? Jika ya, coba pertimbangkan ulang, apa Anda benar-benar ingin menjadikannya pasangan seumur hidup?

Loading...

Artikel Terkait