Cara Menggunakan Instagram untuk Meningkatkan Personal Brand Anda

Instagram untuk personal brand

Di era digital yang sudah sangat maju ini, setiap orang dapat memiliki akun media sosial untuk berinteraksi dan berbisnis. Selain itu, media sosial tersebut dapat juga untuk personal branding yaitu memberikan impresi awal bagi orang lain mengenai diri sendiri.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah Instagram. Media sosial milik Mark Zuckerberg ini ramai setiap harinya dengan postingan foto, gambar, dan video.

Di luar hiruk pikuk postingan remeh temeh, Anda dapat menggunakan Intagram untuk meningkatkan personal brand Anda. Bagaimana caranya? Ikuti langkah demi langkah berikut ini.

1. Gunakan Foto Sendiri untuk Gambar Profil

Walaupun Anda sedang membangun suatu usaha tertentu, jangan menggunakan logo usaha tersebut untuk gambar profil (profile picture) di Instagram pribadi Anda.

Alih-alih, gunakan foto diri Anda sendiri yang Anda rasa paling memberikan kesan positif. Jadi, pilih foto terbaik yang akan dilihat orang banyak dan paling menggambarkan diri Anda.

Sekadar informasi, banyak pula orang yang menggunakan gambar kartun, tulisan tertentu, atau gambar pemandangan untuk gambar profil di Instagram. Jangan ditiru karena ini kurang baik untuk personal brand Anda.

Loading...

Akan lebih mudah memberikan personal brand yang baik ketika yang pertama kali orang lihat adalah gambar wajah Anda yang ramah dan tersenyum.

2. Aktif Berinteraksi

Saat tengah membangun personal brand, banyak-banyaklah berinteraksi dengan orang lain di instagram. Interaksi dengan orang lain dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :

a) Membalas Komentar di Postingan Anda

Selalu lakukan hal ini, karena ini berarti Anda menunjukkan kepedulian pada orang lain. Selain itu, aktivitas ini akan membangun hubungan baik sepanjang komentar Anda tidak mengandung SARA.

b) Beri Perhatian pada Orang Lain

Ketika orang lain mengunggah foto yang bagus atau menarik, jangan diam saja, berikan like atau komentar. Hal ini akan menunjukkan rasa kepedulian dan perhatian Anda terhadap sekitar.

Jika Anda ingin mendapatkan banyak like dan comment, jangan lupa untuk lebih dahulu melakukannya pada orang lain.

c) Bawa Nilai yang Menginspirasi

Selain foto dengan kualitas baik, personal brand dapat dibangun dengan memberikan caption yang menginspirasi, memotivasi orang yang membacanya.

Mulai sekarang, dibandingkan terus mengeluh di postingan Anda, ubah kebiasaan dengan mengunggah kata-kata yang lebih positif.

3. Selalu Update dengan Perkembangan Terbaru

Kehidupan selalu berjalan, setiap harinya tentunya ada perubahan-perubahan kecil yang terjadi pada diri Anda.

Demi membangun personal brand yang baik, selalu update profil Anda dengan mengunggah foto-foto yang menggambarkan hal positif yang sedang terjadi di kehidupan Anda.

Saat orang lain membuka profil Anda, tentunya akan ada rasa penasaran sehingga akan membuka beberapa postingan-postingan terbaru Anda.

Jika postingan terakhir Anda dilakukan 3 tahun yang lalu, tentunya orang akan sulit menilai diri Anda saat ini.

4. Gunakan Hashtags

Gunakan hashtag pada Instagram untuk personal brand yang baik. Penggunaan hashtags ini bagaikan proses SEO untuk mesin pencarian di internet.

Anda bisa saja tidak menggunakannya, namun dengan memakai hashtags, postingan Anda akan lebih mudah terlihat orang lain yang sedang mencari topik yang sama.

Sebagai contoh, Anda ingin mengunggah foto langit senja di pinggir pantai. Maka beberapa hashtag yang bisa Anda gunakan adalah:

  • #sky
  • #beach
  • #sunset
  • #beautifulsunset
  • #ig_nature

Dengan demikian, ketika orang mencari gambar dengan kata kunci sky, sea, sunset, dan seterusnya, orang akan mudah menemukan foto Anda. Kemungkinan Anda mendapatkan like dan komentar akan lebih banyak.

5. Tingkatkan Jumlah Follower Anda

Personal branding Anda akan lebih efektif jika Anda memiliki banyak follower. Oleh karena itu, tingkatkan jumlah follower Anda mulai sekarang.

Anda bisa meningkatkannya secara manual yaitu dengan mengikuti akun Instagram orang lain sehingga mereka mengikuti Anda balik.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan tool khusus untuk Instagram. Tool yang kami rekomendasikan adalah Gramcaster.

Kelebihan tool ini adalah mengotomatiskan aktivitas Anda di Instagram sehingga menghemat waktu Anda. Seperti auto like, auto follow, auto unfollow, auto comment, dan schedule postingan.

Bagian terbaiknya? Dengan menggunakan Gramcaster, Anda bisa mendapatkan ribuan follower real dalam seminggu. Untuk lebih jelasnya, simak di Live Gramcaster.

Demikianlah cara menggunakan Instagram untuk personal brand Anda. Semudah menggerakkan jari di smartphone, kini Anda sudah paham bagaimana caranya membentuk impresi diri sendiri yang baik di media sosial tersebut. Selamat mencoba!

Loading...

Artikel Terkait