9 Kebiasaan Orang yang Tidak Bahagia

Ilustrasi orang yang tidak bahagia

Merasa bahagiakah Anda hari ini? Beberapa orang mendefinisikan bahagia dengan pekerjaan yang layak dengan gaji tinggi, barang-barang mewah, hubungan dengan pasangan dan keluarga yang harmonis, atau bisa berjalan-jalan keliling dunia.

Bagi sejumlah orang lainnya, bisa makan sesuatu dalam sehari saja sudah merupakan kebahagiaan tersendiri.

Tentunya, selain ada orang bahagia, ada juga orang tidak bahagia. Mereka ternyata memiliki sejumlah kebiasaan negatif yang membuatnya tidak bahagia. Berikut 9 contoh kebiasaan orang yang tidak bahagia.

1. Terlalu Banyak Mengelilingi Diri dengan Energi Negatif

Berhati-hatilah dalam memilih lingkungan pergaulan, karena lingkungan yang postif berpotensi membuat seseorang lebih bahagia dan sebaliknya lingkungan negatif membuat seseorang jenuh dan cenderung merasa tidak bahagia.

Semua hal yang manusia baca, tonton, dan dengar setiap harinya memiliki peran penting dalam menentukan indeks kebahagiaan.

Terlalu banyak energi negatif dari lingkungan sekitar membuat Anda kesulitan untuk berbahagia. Sebuah lingkungan bisa dikatakan negatif jika membuat Anda dipenuhi dengan ketakutan, rasa bahaya hidup di dunia, sehingga tidak ada kebahagiaan di dalamnya.

Loading...

Jika rasa tidak bahagia Anda disebabkan oleh hal ini, cobalah untuk mengubah sedikit kebiasaan Anda, seperti:

  • mendengarkan musik favorit
  • membaca buku yang lebih menginspirasi daripada membaca update status teman Anda yang provokatif
  • menonton acara televisi berkualitas yang dapat membuat Anda tertawa dan menikmati hidup.

2. Terus Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Salah satu hal yang secara tidak sadar sering dilakukan manusia adalah terus membanding-bandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain.

Memang sudah menjadi sifat manusia jika berambisi untuk menjadi yang terbaik. Namun jika dipikirkan kembali, sebenarnya hal ini merupakan kebiasaan orang yang tidak bahagia, karena dirinya terus-menerus merasa kurang dibandingkan orang lain.

Berbagai hal sangat rentan untuk dibandingkan dalam kehidupan, seperti gaji, kepemilikan benda-benda mewah, pekerjaan, hubungan dengan pasangan, popuaritas, hingga hal sekecil sepatu.

Merasa termasuk orang yang sering membandingkan? Dibandingkan dengan terus melihat orang lain, cobalah bandingkan diri sendiri saat ini dengan beberapa tahun silam dan lihat perubahan-perubahan yang membuat Anda lebih baik (simak cara menjadi diri sendiri apa adanya).

Kebiasaan ini lebih positif karena akan membuat Anda lebih bersyukur, serta berpikir bahwa Anda pun bisa juga meraih sebuah pencapaian.

3. Terlalu Perfeksionis

Salah satu kebiasaan orang yang tidak bahagia lainnya adalah selalu mencari kesempurnaan untuk setiap hal yang dikerjakannya, baik itu berupa pekerjaan maupun hal lainnya, yang akhirnya membuat suatu pekerjaan sulit sekali diselesaikan karena terasa belum sempurna.

Terlalu mengejar kesempurnaan sebetulnya juga merupakan kebiasaan yang kurang baik. Hal ini akan membuat Anda terus merasa tidak cukup baik, walaupun sebetulnya Anda sudah melakukan sesuatu dengan nilai-nilai tambahan yang membuat suatu pekerjaan bisa dibilang cukup baik walaupun tidak sempurna.

Untuk menghilangkan kebiasaan mencari kesempurnaan ini, cobalah menentukan batas waktu untuk setiap hal yang Anda kerjakan.

Misalnya Anda sedang menulis suatu buku atau mengerjakan laporan untuk pekerjaan, alokasikan waktu yang pas sehingga Anda tidak terlalu lama berkutat di suatu pekerjaan mencari kesempurnaan yang tidak pernah ada untuk manusia.

4. Tidak Hidup di Masa Kini

Banyak memikirkan masa lalu dan menyesali suatu hal atau terlalu khawatir akan masa depan juga berpotensi membuat sesorang kurang bahagia.

Walaupun sebenarnya tidak mungkin bagi seseorang untuk tidak melihat sekilas ke masa lalunya atau membuat rencana untuk masa depannya.

Namun terlalu banyak memikirkan masa lalu dan masa depan seringkali membuat manusia lupa bahwa waktu yang terpenting sebetulnya adalah saat ini. Masa lalu tidak lagi dapat diperbaiki, sementara masa depan belum jelas kepastiannya.

Jadi untuk merasa lebih bahagia, cobalah untuk benar-benar menghidupkan saat ini seutuhnya. Rasakan sungguh-sungguh udara yang sedang Anda hirup, rasa makanan yang Anda konsumsi, dan berinteraksilah dengan orang-orang di sekitar Anda saat ini.

5. Membatasi Diri karena Pandangan Orang Lain

Ilustrasi kebiasaan orang yang tidak bahagia

Setiap orang dilahirkan menjadi pribadi yang unik. Perbedaan pendapat dan pillihan dalam hidup seharusnya menjadi sesuatu yang indah jika setiap manusia bisa bertoleransi.

Namun terkadang pandangan diri sendiri yang sedikit berbeda dengan orang lain membuat seseorang tidak percaya diri untuk berbicara dan mengungkapkan pendapatnya. Sebetulnya hal ini kurang baik karena berpotensi pula membuat seseorang tidak bahagia.

Anda harus sadar penuh bahwa orang-orang sebetulnya tidak terlalu peduli dengan apa yang Anda kerjakan dan pikirkan. Orang-orang lebih mengkhawatirkan kehidupannya masing-masing dibandingkan dengan memikirkan apa yang Anda pikirkan.

Simak juga: 12 Cara Ampuh Meningkatkan Percaya Diri Anda

6. Fokus pada Hal-hal Negatif

Terlalu memberi perhatian pada hal-hal yang negatif yang terjadi pada hidup juga bisa membuat seseorang merasa tidka bahagia. Saat Anda fokus terhadap hal negatif, bahkan orang-orang di sekitar Anda juga terkena dampaknya menjadi negatif pula dan kurang bahagia.

Mengatasi kebiasaan buruk ini butuh sedikit trik. Salah satunya adalah dengan menghilangkan sifat perfeksionis pada diri Anda, dan menyadari bahwa tidak semua hal dapat berjalan dengan sempurna tanpa sebuah cela.

Lepaskan hal-hal negatif yang mengganggu pikiran Anda secara emosional, sehingga tidak menumpuk dan membuat energi kebahagiaan sulit terpancar dari dalam diri.

Setelah menerima keadaan, Anda kemudian bisa berpikir lebih konstruktif, seperti memikirkan bagaimana cara mengubah detail negatif menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat dan positif, atau bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah.

7. Memperumit Hidup

Merasa terlalu banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan setiap harinya? Mungkin hal tersebut juga sebuah kebiasaan buruk yang membuat Anda akhirnya memperumit kehidupan yang sebetulnya sangat sederhana.

Saat Anda mulai kewalahan untuk mengatur fokus dan perhatian karena banyaknya hal yang harus diurus, cobalah lakukan satu hal saja hingga tuntas, tanpa memikirkan pekerjaan lainnya, sebelum memulai hal yang baru.

Buatlah to-do-list tentang apa yang harus Anda kerjakan, dan rencanakan dengan baik beserta alokasi waktunya.

Stress karena kewalahan bekerja juga dapat membuat hidup terasa rumit. Apalagi sat stres, biasanya akan terpikir pula masalah di masa lalu atau ketakutan akan masa depan.

Jika sedang merasa seperti ini, cobalah menarik nafas panjang selama 1-2 menit sebelum melanjutkan kembali pekerjaan.

8. Banyak Komplain

Pekerjaan yang tidak dihargai dengan upah yang memadai, kehidupan yang rasanya tidak seberuntung orang lain, birokrasi yang panjang, cuaca yang tidak menyenangkan, teman kerja yang saling menjatuhkan. Apapun bisa dikeluhkan oleh manusia. Namun manusia tentunya bisa memilih untuk berhenti mengeluh.

Terlalu banyak mengeluh juga biasanya tidak akan menyelesaikan masalah, hanya akan menambah rasa kesal dan amarah. Untuk itu, jika diri Anda mulai merasa ingin mengeluh, coba berhenti sejenak dan pikirkan apakah Anda rela menjadi tidak bahagia karena hal kecil yang sebetulnya tidak patut dikeluhkan?

9. Menunda-nunda

Hidup akan semakin bermakna dan lebih bahagia bila seseorang cukup berambisi untuk meraih pencapaian-pencapaian dalam hidupnya serta mimpi untuk menjadikan dunia lebih baik dan dirinya menjadi lebih bermartabat.

Salah satu ciri orang yang tidak bahagia adalah terus menunda-nuda diri melakukan hal-hal yang seharusnya diperjuangkan untuk kehidupan serta pencapaian dalam hidup yang positif.

Ingatlah bahwa langkah terberat saat berusaha mencapai sesuatu adalah mengambil langkah pertama. Setelah langkah pertama, penundaan akan lebih jarang terjadi sehingga dengan meraih pencapaian pun seseorang akan lebih merasa bahagia.

Demikianlah 9 kebiasaan orang yang tidak bahagia, sebaiknya jangan sampai ada dalam diri Anda, ataupun jika ada, cobalah mengatasinya mulai dari sekarang. Bahagia dimulai dari diri sendiri. Jika Anda tidak berubah, maka mustahil mencapai kebahagiaan sejati dalam hidup.

Loading...

Artikel Terkait