9 Cara Ampuh Mendapatkan Kesan Pertama yang Baik dari Teman Baru Anda

ilustrasi kesan pertama

Jika Anda ingin mendapatkan banyak teman di kehidupan sehari-hari, Anda tentu harus bertemu teman-teman baru. Mereka mungkin teman yang dikenalkan teman lama, teman baru saat Anda bergabung di suatu komunitas, atau teman baru yang Anda kenal di media sosial.

Siapa pun dia, kuncinya adalah kesan pertama Anda harus baik sehingga Anda membangun sebuah kesadaran bahwa Anda tulus, aman, dan dapat dipercaya. Menurut Nicholas Boothman dalam bukunya How to Make People Like You in 90 Seconds or Less, kesan ini terbentuk dalam 3 sampai 4 detik pertama dari sebuah pertemuan baru.

Meskipun waktunya demikian cepat, Anda bisa mendapatkan kesan pertama yang baik dari teman baru yang akan Anda temui. Sembilan cara di bawah ini bisa membantu Anda mewujudkannya.

1. Tetapkan tujuan

Untuk mendapatkan sesuatu yang baik, Anda perlu niat dan persiapan yang baik. Dalam hal persiapan, yang pertama Anda lakukan adalah menetapkan tujuan dari pertemuan baru tersebut.

Anda mungkin tahu tujuan tersebut. Jika sebaliknya, beberapa pertanyaan berikut bisa membantu Anda menetapkan tujuan:

  • Apakah Anda ingin mendapatkan klien baru?
  • Apakah Anda ingin memperoleh rekan bisnis?
  • Apakah Anda sedang mencari pasangan hidup?
  • Apakah sekadar ngobrol-ngobrol biasa?

Dengan mengetahui tujuan pertemuan, Anda akan memperoleh gambaran seperti apa pertemuan tersebut. Bukan tidak mungkin, Anda juga akan mempersiapkan beberapa topik ringan yang akan dibincangkan.

Loading...

2. Perhatikan penampilan Anda

Setelah Anda tahu tujuannya, siapkan juga penampilan Anda. Faktor penting dari penampilan adalah pakaian yang Anda gunakan. Berpakaian secara berlebihan akan menyatakan bahwa Anda lebih kaya, lebih berkuasa, atau lebih penting dari kenalan baru Anda. Berpakaian sekadarnya menunjukkan bahwa Anda tidak menghargai teman baru karena berpakaian semau Anda.

Dalam hal berpakaian, satu hal yang harus Anda ingat adalah pertemuan tersebut adalah mendapatkan rasa suka (setara), bukan superioritas Anda. Jadi, tidaklah relevan kalau cara berpakaian Anda menunjukkan bahwa Anda punya uang, kekuasaan, atau selera bagus. Oleh karena itu, siapkan pakaian yang sopan.

Jika pertemuan tersebut bukan untuk urusan bisnis besar, Anda tidak perlu membeli pakaian baru. Anda tidak perlu juga meminjam pakaian kepada keluarga atau sahabat Anda. Gunakanlah pakaian yang Anda miliki tanpa perlu malu.

3. Datang tepat waktu

Hal ketiga yang perlu Anda siapkan adalah datang tepat waktu. Disadari atau tidak, banyak orang yang menyepelekan hal ini sehingga tidak jarang mereka terlambat setengah jam atau satu jam dari waktu yang dijanjikan dengan suatu alasan.

Anda tidak boleh seperti mereka. Anda perlu datang tepat waktu karena hal tersebut menunjukkan bahwa Anda menghargai teman baru Anda.

Agar Anda datang tepat waktu, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Perkirakan waktu tempuh yang Anda perlukan untuk ke tempat pertemuan.
  • Keluar rumah 30 menit lebih awal. Sebagai contoh, jika Anda memiliki pertemuan jam 3 sore dan waktu tempuh ke tempat pertemuan sekitar satu jam, maka keluarlah dari tempat Anda pukul 13:30.
  • Catat nomor telepon genggam teman baru Anda. Hal ini penting karena jika ada kendala terjadi (misalnya macet), Anda bisa menghubunginya bahwa Anda sedang di perjalanan dan akan terlambat karena terjebak macet.

4. Buka dengan sikap dan bahasa tubuh yang positif

Kini saatnya Anda bertemu dengan kenalan baru Anda. Sambut dia dengan sikap dan bahasa tubuh yang positif. Sikap dan bahasa tubuh yang positif ini menunjukkan bahwa Anda membuka pertemuan dengan antusias dan ramah.

Sebagai contoh, Anda membukanya dengan tidak sedang menelepon, tidak merokok, atau membuka kaca mata hitam yang Anda gunakan. Jika Anda datang lebih dahulu dan duduk, bangkitlah dari tempat duduk Anda.

5. Lakukan kontak mata

Jadilah orang pertama yang melakukan kontak mata. Tatap mata teman baru Anda dengan ramah (tanpa melotot). Dengan menantap matanya, Anda menunjukkan rasa percaya diri Anda.

6. Senyumlah

Senyumlah kepada teman baru Anda. Dengan tersenyum, Anda menciptakan suasana positif. Selain itu, menurut Brian Tracy, salah satu pakar pengembangan diri, dengan tersenyum Anda juga menunjukkan bahwa teman baru Anda menarik dan menyenangkan.

Untuk mendapatkan senyuman yang tulus atau tidak dipaksakan, ingatlah hal-hal yang menyenangkan. Dijamin muka Anda tidak akan kaku saat tersenyum!

7. Sapa

Bersamaan dengan senyum dan kontak mata, sapa teman baru Anda. Anda bisa mengucapkan “Hai”, “Halo”, atau salam. Sebagai contoh, jika Anda muslim, Anda mengucapkan “Assalamualaikum”. Jika Anda dan teman baru tersebut berasal dari suku Sunda, setelah salam Anda bisa mengucapkan “Sampurasun”.

8. Jabat tangan

Setelah menyapa, condongkan sedikit tubuh Anda ke depan dan ulurkan tangan untuk berjabat tangan. Jika tidak memungkinkan berjabat tangan karena suatu hal (misalnya bukan muhrim), dengan mencondongkan diri Anda secara halus akan memberi kesan Anda menghormati teman tersebut.

Saat berjabat tangan, lakukan dengan tegas dan jadilah orang pertama yang memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama Anda. Contohnya, jika nama Anda Andre, Anda bisa mengenalkan diri, “Saya Andre” atau “Andre”.

9. Ucapkan Anda senang bertemu dia

Setelah berjabat tangan, ucapkan bahwa Anda senang bertemu dia. Sebagai contoh, jika teman Anda bernama Sule, Anda bisa mengucapkan: “Sule, senang bertemu dengan Anda” atau “Mas Sule, saya senang bertemu dengan Anda”.

Anda memiliki waktu tiga atau empat detik untuk membuat kesan pertama yang baik dari sebuah pertemuan baru. Cobalah melakukan kesembilan tips di atas jika Anda akan bertemu teman ataupun klien baru. Yakinlah, dengan niat dan cara yang baik, Anda akan mendapatkan teman-teman baru yang baik pula.

Loading...

Artikel Terkait