Ingin Hidup Bahagia? Coba 10 Kiat Ini!

Ilustrasi kiat hidup bahagia

Siapa yang tidak ingin hidup bahagia? Saya pikir tidak ada karena dari mulai anak kecil hingga dewasa pasti ingin merasakan hidup bahagia.

Tapi ingat, bahagia itu bersifat unconditional. Kebahagiaan bisa muncul tiba-tiba dan menghilang begitu saja. Tergantung seperti apa yang ada dalam pikiran Anda saat itu.

Bukan berarti Anda tidak bisa memunculkan rasa bahagia. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar rasa bahagia bisa muncul dan bertahan lama di dalam diri dan pikiran.

Lagi pula, hidup bahagia itu sebenarnya relatif tidak sulit. Hal yang membuat sulit adalah Anda sudah membikin benteng terlebih dahulu, sehingga bahagia sulit untuk datang. Untuk membantu Anda bahagia, berikut 10 kiat hidup bahagia yang layak Anda coba mulai dari sekarang.

1. Perbanyak Bersyukur

Meski manusia merupakan ciptaan Tuhan paling sempurna, faktanya tidak ada kehidupan yang sempurna bagi manusia. Pasti ada kekurangan. Justru karena memiliki kekurangan itulah, sebagai manusia Anda perlu memperbanyak rasa bersyukur.

Dengan bersyukur, Anda akan selalu merasa cukup. Tidak akan dibebani rasa ingin yang berlebihan. Akan dijauhkan pula dari keinginan untuk serakah.

Loading...

Merasa cukup dan selalu bersyukur akan membuat hidup Anda lebih tenang. Dengan hidup yang tenang, maka kebahagiaan bakal ada di sekitar Anda.

2. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan salah satu kiat hidup bahagia yang bisa langsung Anda terapkan dalam keseharian. Dengan selalu berusaha menjaga pikiran tetap positif, Anda akan terhindar dari beban pikiran buruk yang justru menjauhkan diri dari rasa bahagia.

Seberapa besar dan rumit masalah yang Anda hadapi, tetap hadapi dengan pikiran positif. Bahwa tidak ada yang salah dalam kejadian buruk di hidup Anda.

Semuanya selalu menyimpan hikmah. Tinggal bagaimana cara Anda menyikapi makna dan hikmah dari setiap kejadian secara positif.

Ingatlah, orang yang menjaga pikirannya selalu positif akan jauh lebih bahagia dibanding mereka yang sibuk memikirkan keburukan dalam hidup.

3. Banyak Berbagi

Berbagi terhadap sesama merupakan tindakan yang sederhana tapi punya dampak besar dalam menciptakan rasa bahagia. Mulailah dari hal-hal kecil di rumah seperti membantu membereskan rumah atau ikut memasak di dapur.

Lihat di sekitar Anda apakah ada yang harus dibantu. Tidak harus berkaitan dengan materiil karena berbagi bisa dilakukan dalam banyak hal. Terutama dalam meringankan beban pikiran orang lain.

4. Cukup Beristirahat

Kiat hidup bahagia yang tak kalah penting adalah cukup tidur dan istirahat. Kenapa bisa begitu? Tubuh yang lelah setelah menjalani aktivitas seharian harus diistirahatkan.

Waktu ideal yang dibutuhkan untuk tidur bagi orang dewasa adalah antara 7-8 jam. Kurang dari itu artinya Anda bakal cenderung tidak bahagia.

Dengan tidur yang cukup maka tubuh punya waktu untuk pemulihan (recovery). Coba rasakan perbedaan ketika terbangun dari tidur yang cukup dengan kurang tidur karena habis begadang. Pasti lebih nyaman terbangun usai tidur cukup, bukan?

5. Perbanyak Tertawa

Tertawa untuk bahagia

Tertawa menjadi obat mujarab yang bisa langsung membuat hidup Anda bahagia. Ini merupakan terapi yang dianjurkan ketika Anda selalu diselimuti kegalauan dan kegelisahan.

Perbanyak bertemu teman-teman yang bisa membuat Anda tertawa. Dengan tertawa secara otomatis keruwetan dalam hidup akan menghilang.

Menurut hasil penelitian, ketika kita tertawa maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang memicu rasa bahagia. Tertawa akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja 87% lebih efektif. Jadi, dengan tertawa, Anda tidak hanya akan bahagia tapi juga hidup yang lebih sehat.

6. Bangun Lebih Pagi

Rutin bangun pagi selain akan membuat badan lebih sehat juga pikiran yang lebih segar. Dengan kondisi pikiran segar dan penuh optimis, Anda pun bakal mampu menghadapi semua tantangan kehidupan.

Pasalnya, dengan optimisme yang ada di dalam dada, orang akan lebih tenang dalam menjalani hidup. Mereka selalu yakin bahwa setiap aktivitas yang diliputi aura positif akan menghasilkan hasil yang baik. Salah satunya adalah bisa merasakan hidup bahagia. Dan, itu dimulai dengan rutin bangun pagi.

7. Rutin Berolahraga

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Maka itu berolahragalah secara teratur. Tidak perlu harus menjadi anggota klub  fitnes yang mahal. Olahraga ringan seperti joging di pagi hari akan membantu hidup Anda menjadi lebih bahagia.

Kenapa orang yang rutin olahraga bisa bahagia? Olahraga merupakan aktivitas yang bisa meningkatkan jumlah hormon serotonin di dalam tubuh.

Hormon ini memicu rasa bahagia dalam pikiran dan jiwa kita. Semakin rutin kita berolahraga, maka kita akan terus merasakan bahagia.

8. Berlibur ke Tempat yang Tenang

Salah satu hal yang membuat hidup tidak bahagia adalah kondisi pikiran yang tidak tenang. Nah, kiat hidup bahagia selanjutnya adalah coba berlibur ke tempat yang tenang.

Kalau menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, setiap melihat ada warganya yang sering marah-marah atau terlihat kurang bahagia maka dia menganjurkan untuk berlibur.

Memang benar, dengan berlibur pikiran Anda akan lebih tenang. Karena itu, usahakan tempat liburan yang dituju adalah yang bisa memberi ketenangan. Seperti desa-desa di Ubud, Bali, yang penuh ketenangan dan kedamaian.

Jangan berlibur ke tempat yang banyak dikunjungi orang seperti Kebun Binatang. Karena hal tersebut hanya akan usaha membuat diri Anda bahagia jadi berantakan.

9. Jangan Membandingkan Rumput Tetangga

Rumput tetangga memang kerap terlihat lebih hijau. Jangan pernah melihat kondisi orang lain dari sudut pandang ujar-ujaran tersebut.

Bahkan, ketika Anda selalu merasa iri dengan kesuksesan yang dialami orang lain, maka otomatis Anda akan terbelenggu dengan pikiran negatif. Anda pun akan selalu terbebani sehingga stres sendiri.

Ingat, setiap orang sudah ditentukan takdir hidupnya dan tidak pernah ada yang sama persis. Boleh jadi mereka yang sukses secara finansial ternyata tidak sebahagia Anda dalam menikmati hidup.

10. Perbanyak Investasi Akhirat

Percaya atau tidak, hidup di dunia ini sementara, yang kekal itu di akhirat. Oleh karena itu, perbanyaklah investasi akhirat Anda. Dengan begitu, Anda memiliki modal untuk kebahagiaan hakiki kelak.

Jika Anda muslim, investasi akhirat Anda dapat berupa menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Melaksanakan shalat 5 waktu, membayar zakat, puasa di bulan Ramadan, menunaikan haji/umrah, dan menyantuni anak yatim merupakan contoh-contoh menjalankan perintah Allah SWT.

Bahagia itu bukan harta melimpah, bukan pula jabatan dan popularitas yang tinggi. Namun, bahagia itu muncul dalam hati yang bersih dan jiwa yang tenang. Semoga 10 kiat hidup bahagia di atas membantu Anda hidup Anda bahagia mulai dari sekarang.

Loading...

Artikel Terkait