8 Tips Agar Anda Lulus Kuliah Tepat Waktu

Ilustrasi lulus kuliah tepat waktu

Banyak mahasiswa yang menganggap kuliah hanyalah lanjutan dari sekolah menengah atas, seperti layaknya seseorang yang lulus SMP melanjutkan ke SMA.

Mereka berleha-leha dan tidak serius kuliah. Tak mengherankan, tidak sedikit dari mereka mengulang sejumlah mata kuliah. Bahkan, ada yang lambat lulus kuliah dan terkena drop out.

Jika Anda sekarang ini mahasiswa (diploma, S-1, atau pascasarjana), pahamilah bahwa kuliah sangat jauh berbeda dengan sekolah. Cepat tidaknya Anda jadi sarjana bergantung seberapa gigih Anda belajar dan mengatasi segala tantangan yang ada.

Untuk membantu Anda lulus kuliah tepat waktu, berikut 8 tips yang perlu Anda coba.

1. Rajin kuliah

Strategi pertama adalah rajin kuliah. Mengapa? Karena dengan rajin kuliah, Anda bisa memperoleh lebih banyak ilmu dan pengetahuan.

Di perkuliahan, terdapat sistem pengambilan SKS (Satuan Kredit Semester) mata pelajaran. SKS ini bebannya lebih berat.

Loading...

Dengan mengambil satu SKS, berarti Anda harus belajar di kelas selama satu jam, belajar mandiri selama satu jam, dan mengerjakan tugas dalam satu jam.

Jadwal kuliah pun berbeda dengan sekolah yang padat. Anda bisa saja berkuliah pukul 7-9 pagi, kemudian mendapatkan jam kosong hingga pukul 3 sore. Biasanya hal inilah yang membuat seorang mahasiswa kemudian jarang masuk kelas.

Padahal, kelas di bangku perkuliahan lebih padat dengan materi yang jauh lebih banyak. Jadi jika tertinggal satu kelas saja, cukup banyak materi yang akan Anda lewatkan, dan dapat berdampak nilai yang kurang baik atau tidak lulus satu mata pelajaran.

Tidak lulus satu mata kuliah selanjutnya dapat memperlambat waktu kelulusan, karena tentunya Anda harus mengambilnya kembali di semester selanjutnya.

2. Perhatikan Jumlah SKS Minimal untuk Lulus

Di Indonesia, terdapat peraturan untuk mengambil 144 SKS jika ingin dinyatakan lulus dari suatu program studi. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan dari awal apa saja mata kuliah yang ingin diambil dan pastikan jumlahnya paling tidak 144 SKS.

Hal ini terkadang diabaikan sejumlah mahasiswa, yang kebanyakan mengambil mata kuliah hanya berdasarkan pilihan teman dekat dan ikut-ikutan.

Akibatnya, di tingkat akhir mereka baru menyadari bahwa SKS yang diambil belum cukup sehingga dan harus menambah beberapa semester lagi untuk menutupi kekurangan SKS tersebut.

Jadi, selagi masih berstatus mahasiswa baru atau tingkat awal, usahakan sudah memiliki rencana studi sendiri. Ingatlah, kemandirian sangat dituntut jika Anda ingin lulus kuliah tepat waktu.

3. Berpikir Jauh ke Depan

Untuk lebih termotivasi menyelesaikan masa studi tepat pada waktunya, cobalah luangkan waktu sejenak untuk memikirkan masa depan Anda setelah lulus kuliah. Apakah Anda ingin bekerja di perusahaan multinasional, bekerja di pemerintahan, atau menjadi pengusaha?

Dengan berpikir jauh ke depan, Anda jadi memiliki timeline hidup yang tentunya akan memotivasi Anda untuk lulus tepat waktu. Bangku perkuliahan merupakan persiapan besar untuk mewujudkan cita-cita Anda di masa depan.

Memiliki rencana setelah kuliah juga dapat membantu Anda menentukan mata kuliah apa saja yang kira-kira perlu Anda ambil selama masih berstatus mahasiswa.

Kebanyakan para mahasiswa berpikir mereka akan menemukan cita-citanya setelah lulus kuliah, hal ini pada akhirnya menjebak diri sendiri, dan membuat seseorang kurang memiliki tujuan yang jelas.

4. Pikirkan Biaya yang Harus Anda Keluarkan

Kuliah dapat dikatakan sesuatu yang mewah dan patut untuk Anda syukuri. Hanya sekitar 13% dari keseluruhan rakyat Indonesia yang beruntung menikmati pendidikan di perguruan tinggi.

Di sisi lain, kian hari biaya pendidikan semakin meningkat. Oleh karena itu, pikirkanlah beban yang harus ditanggung orang tua jika Anda berkuliah lebih lama dari seharusnya.

Pikirkan biaya hidup yang harus mereka keluarkan, biaya kuliahnya sendiri, biaya tempat tinggal, dan lain-lain jika Anda merantau.

Berlaku pula untuk Anda yang berkuliah menggunakan beasiswa. Pikirkan bahwa semakin lama Anda berkuliah, bisa jadi beasiswa dicabut, serta Anda pun lebih lama tidak mendapatkan penghasilan sendiri untuk menjadi mandiri.

5. Pintar-Pintarlah Memilih Teman

Ilustrasi teman kuliah

Bergaul dan membangun relasi memang penting di dunia perkuliahan, namun Anda juga harus cerdas dalam memilih teman yang akan memotivasi Anda untuk cepat lulus dan mengenakan toga.

Cobalah bergaul dengan teman yang cukup rajin, sehingga sadar atau tidak sadar, berada di dekatnya Anda selalu merasa malu karena kurang belajar dan akhirnya Anda belajar mandiri.

Bergaul dengan teman yang rajin berarti Anda telah berhasil mengelilingi diri Anda dengan energi positif. Strategi ini tidak sulit Anda lakukan sepanjang Anda ingin cepat lulus kuliah.

Berorganisasi memang cukup penting pula, tapi baiknya Anda juga belajar dari teman atau senior Anda yang pandai membagi waktu antara bergaul dan belajar.

6. Kerjakan Semua Tugas yang Diberikan

Berbeda dengan sekolah, tugas kuliah merupakan hal yang cukup signifikan berpengaruh pada nilai akhir suatu mata kuliah. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen, tentunya dengan usaha Anda sendiri.

Tugas yang diberikan dosen walaupun terkadang melebihi batas kemampuan Anda, namun sangat baik untuk melatih mental Anda dalam menghadapi tantangan serta lebih mengerti lagi secara mendalam mata kuliah yang Anda ambil.

Semakin tinggi tingkat pengertian Anda, semakin Anda andal menghadapi berbagai tantangan, terutama tantangan untuk lulus kuliah tepat waktu.

7. Jangan Malas Mencari Dosen

Salah satu dilema mahasiswa tingkat akhir yang sedang menggarap tugas akhir atau skripsi adalah kesulitan menghubungi dosen yang memang memiliki kesibukan tersendiri.

Saat megejakan skripsi, Anda harus proaktif untuk mencari dosen dan terus gigih  untuk melakukan bimbingan. Ingatlah bahwa sebagai mahasiswa Andalah yang membutuhkan ilmu dan bimbingan dosen untuk mencapai kelulusan.

Bangun hubungan yang baik dengan dosen pembimbing Anda. Pastikan dosen pembimbing mengenal Anda dengan baik sehingga mendukung proses Anda dalam lulus kuliah.

8. Dahulukan Urusan Kuliah di Atas Urusan Lainnya

Ketika sudah memasuki bangku kuliah, Anda seperti baru terbebas dari ikatan-ikatan seperti saat di bangku sekolah. Anda tidak lagi harus mengenakan seragam, jam kuliah yang tidak teratur juga memungkinkan Anda mengerjakan hal-hal lain selama jam kosong.

Kegiatan di jam kosong ini cukup banyak bentuknya. Anda bisa saja mengerjakan tugas, mengerjakan urusan organisasi, atau bahkan mengobrol dan berjalan-jalan dengan teman kuliah.

Di sinilah Anda harus bijak dan tegas untuk menolak segala ajakan yang kemungkinan akan mengganggu jam kuliah dan membuat fokus Anda terpecah.

Untuk mengenakan toga tepat waktu, dahulukan urusan kuliah di atas urusan-urusan lainnya. Jangan membuat-buat alasan yang membenarkan diri sendiri untuk bersenang-senang sekarang, namun menyesal kemudian karena terlambat lulus.

Demikianlah 8 tips untuk Anda yang ingin lulus kuliah tepat waktu. Di samping kiat-kiat tersebut, tentunya Anda perlu memohon restu orang tua dan fokus demi masa depan gemilang. Semoga perjalanan menuju kelulusan Anda lancar jaya!

Loading...

Artikel Terkait