6 Tips Lulus Perguruan Tinggi Negeri Favorit

kiat lululs perguruan tinggi negeri

Perguruan tinggi negeri sampai saat ini masih merupakan idaman bagi semua siswa sekolah menengah atas (SMA). Selain biaya relatif lebih murah dibanding perguruan tinggi swasta, perguruan tinggi negeri memiliki sistem pendidikan dan reputasi yang baik dari tahun ke tahun.

Tak heran, persaingan masuk perguruan tinggi negeri ketat. Satu orang paling tidak harus mengalahkan sekitar dua puluh orang lainnya untuk bisa duduk di bangku perguruan tinggi favorit.

Jika Anda salah seorang yang sedang berjuang mendapatkan bangku tersebut, cobalah terapkan 6 tips lulus perguruan tinggi negeri favorit berikut.

1. Tentukan Pilihan Program Studi dari Jauh-Jauh Hari

Mencapai sebuah tujuan tentunya tidak akan berhasil bila Anda tidak tahu ke mana arah berjalan. Oleh karena itu, semenjak awal mulai SMA, sebaiknya Anda sudah mulai menentukan program studi apa yang akan diambil di perguruan tinggi nanti.

Dengan demikian, selama proses belajar di bangku sekolah, pikiran Anda sudah terfokus untuk mengincar satu bangku di perguruan tinggi negeri favorit.

Saat pikiran sudah terfokus, tentunya persiapan akan semakin matang untuk lebih dalam mempelajari bagaimana memasuki sebuah perguruan tinggi negeri yang Anda idam-idamkan.

Loading...

Coba pula mengambil tes psikologis yang ditujukan untuk pengembangan karier yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Hal ini akan cukup membantu dalam menentukan pilihan program studi.

2. Terus Mengasah Kemampuan Diri

Saat sudah tahu pilihan program studi apa yang ingin diambil, langkah selanjutnya adalah terus mengasah kemampuan diri demi peluang yang lebih besar memasuki perguruan tinggi favorit.

Mengasah kemampuan diri ini sangat banyak jalannya. Anda bisa saja mengikuti bimbingan belajar (bimbel) yang memang sudah dirancang khusus untuk menargetkan universitas tertentu. Di zaman sekarang sudah banyak sekali bimbel yang fokus seperti ini.

Selain mengikuti bimbel, Anda bisa pula mengambil les privat dengan pengajar dari almuni yang sudah berhasil memasuki program studi dari perguruan tinggi negeri favorit yang diinginkan. Tentunya alumni akan lebih paham seluk beluk serta kiat khusus memasuki perguruan tinggi negeri seperti yang pernah dialaminya dahulu.

3. Buat Rencana Ikut Tes Masuk PTN

Untuk lulus perguruan tinggi negeri favorit, tentu saja harus ada serangkaian tes yang dilalui. Saat ini, biasanya ada 3 buah jalur yang bisa dicoba yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur mandiri.

Jalur SNMPTN merupakan seleksi dengan melihat nilai laporan akademik semasa di bangku sekolah. Jika seorang siswa SMA masuk peringkat 5 besar di kelasnya, serta nilainya terus membaik dari waktu ke waktu, maka jalur SNMPTN ini wajib dicoba.

Jalur SNMPTN dikenal pula dengan jalur tanpa tes, dan murni hanya nilai rapor akademik yang dijadikan bahan untuk seleksi.

Jalur SBMPTN merupakan seleksi dengan tes tertulis. Tes ini diadakan serentak di sekitar bulan Mei atau Juni setiap tahunnya,sebelum dimulai ajaran baru.

Jalur SBMPTN ini tidak kalah ketatnya. Biasanya materi tes SBMPTN ada dua, yaitu TPA (Tes Potensi Akademik), dan pilihan IPA/IPS/IPC. Tes ini dilakukan hanya dalam waktu satu hari, namun tentunya membutuhkan persiapan ratusan hari sebelumnya.

Terakhir, jalur mandiri yang dibuka universitas biasanya setelah tes SBMPTN rampung dilaksanakan. Jalur ini juga berbentuk tes dengan tingkat kesulitan yang mirip dengan SBMPTN.

Pilihlah jalur yang sesuai dengan kemampuan diri. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyiapkan rencana cadangan, sehingga ketika tidak diterima di salah satu jalur, Anda sudah siap untuk menjalani proses di jalur penerimaan lainnya.

4. Up To Date dengan Informasi Terkini

Seiring perkembangan zaman, informasi menjadi hal yang sangat mudah diakses oleh semua orang melalui internet. Oleh karena itu, jangan sampai Anda yang masih duduk di bangku SMA ketinggalan informasi dan tidak tahu kondisi terkini untuk lulus perguruan tinggi favorit.

Jalur masuk bisa berubah-ubah dari tahun ke tahun. Jenis soal tes bisa bervariasi dari tahun-ke tahun. Informasi mengenai pelaksanaan tes juga cukup penting, sehingga Anda harus tetap fokus mencermati informasi sehingga tidak ketinggalan kereta saat teman-teman lain sudah fokus mengikuti proses seleksi.

Untuk mendapatkan informasi terkini, banyak-banyaklah berkonsultasi dengan guru konseling di sekolah yang biasanya tahu mengenai berita terkini proses seleksi.

Jangan lupa pula untuk sering berbagi informasi dengan teman-teman Anda, karena dengan sering berbagi, Anda sendiri juga mendapatkan informasi lebih banyak.

5. Jaga Tubuh Tetap Bugar

Tentunya Anda tidak ingin jatuh sakit di saat proses tes masuk perguruan tinggi negeri sehingga tidak maksimal dalam mengerjakan soal dan hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

Oleh karena itu, jangan sampai mengabaikan kesehatan tubuh ketika mempersiapkan diri untuk mengikuti tes. Memang rasanya setiap hari akan terlalu banyak soal-soal yang belum terpecahkan, namun tubuh juga perlu diistirahatkan untuk kondisinya yang terjaga prima hingga hari-H tes.

Belajar dengan sungguh-sungguh boleh saja, namun jaga kesehatan pula dengan sungguh-sungguh. Jatuh sakit ditengah proses persiapan juga terkadang bisa mengganggu proses belajar.

Jangan lupa pula untuk melakukan sedikit refreshing setelah berhasil menyelesaikan Try Out, sehingga pikiran tidak jenuh dan keesokan harinya sudah siap lagi berjuang.

6. Jangan Menyerah Ketika Gagal

Dengan persaingan yang begitu ketat dan waktu persiapan yang singkat, tentunya banyak orang yang tersisihkan saat pertama kali mencoba untuk lulus perguruan tinggi favorit yang diidam-idamkannya.

Namun ketika gagal, jangan menyerah. Cukup banyak pula orang yang mengambil jeda satu tahun untuk lebih banyak belajar dan mempersiapkan diri sehingga mendapatkan hasil tes yang lebih baik di tahun berikutnya.

Anda juga harus paham bahwa saingan Anda bukan hanya siswa-siswa seangkatan, namun juga orang-orang yang sudah mempersiapkan dirinya dengan sungguh-sungguh selama satu tahun.

Bagi Anda yang sudah mempersiapkan diri dengan tambahan waktu satu tahun, mintalah restu kedua orang tua sehingga lebih tenang saat menjalani tes SBMPTN. Ketenangan sebetulnya juga sebuah keuntungan yang bisa membuat pikiran lebih jernih saat mengerjakan soal SBMPTN.

Demikianlah 6 cara untuk membantu Anda lulus perguruan tinggi negeri favorit. Jangan lupa niatkan untuk mengasah diri lebih baik lagi dan untuk membahagiakan kedua orang tua atau keluarga sehingga jalan meraih perguruan tinggi negeri favorit semakin terang. Selamat mencoba!

Loading...

Artikel Terkait