Panduan Tahap demi Tahap Memprogram Pikiran Bawah Sadar Anda

ilustrasi memprogram pikiran bawah sadar

Banyak pakar pengembangan diri yang menyatakan bahwa kesuksesan seseorang sangat dipengaruhi pikirannya. Alasannya, pikiran mengendalikan perilaku (attitude) dan keterampilan (skills) yang merupakan modal sukses.

Berbicara mengenai pikiran, ada pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar memiliki kekuatan hampir sembilan kali lebih besar dari pikiran sadar.

Jika Anda ingin mengeksplorasi atau memanfaatkan kekuatan tersebut, Anda harus mengirimkan pesan (keinginan Anda) kepada pikiran bawah sadar Anda. Proses penyampaian pesan inilah yang dikenal sebagai pemrograman pikiran bawah sadar.

Baru mendengar istilah tersebut? Tidak masalah. Anda bisa memprogram pikiran bawah sadar sehingga seluruh potensi diri Anda tergerakkan dalam meraih semua keinginan Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah tahap demi tahap berikut.

1. Spesifikan keinginan Anda

Anda memiliki banyak keinginan? Mungkin saja keinginan tersebut belum spesifik. Oleh karena itu, Anda mesti membuatnya spesifik (jelas dan ringkas) sehingga pemrograman pikiran bawah sadar berlangsung dengan baik.

Mengapa? Karena pikiran bawah sadar tidak menanggapi pesan yang tidak jelas.

Loading...

Contohnya, bila salah satu keinginan Anda adalah menjadi blogger sukses, maka bentuk spesifiknya adalah menjadi blogger dengan penghasilan Rp 100 juta per bulan.

Apakah keinginan ini muluk-muluk? Tentu tidak karena Anda bebas menentukan keinginannya. Selain itu, menetapkan keinginan tidak sama dengan menetapkan sasaran.

2. Masuki kondisi gelombang otak alfa

Setelah keinginan Anda spesifik, langkah berikutnya adalah memasuki kondisi gelombang otak alfa (alpha brain waves). Ini adalah kondisi yang sangat rileks dan menyenangkan. Mirip dengan kondisi ketika Anda berkhayal atau melamun.

Untuk menciptakan kondisi alfa, Anda bisa melakukan cara berikut:

  • Cari tempat yang tidak ada gangguan (misalnya kamar tidur atau ruang kerja sendiri)
  • Duduk atau berbaring dengan rileks dan nyaman
  • Pejamkan mata Anda
  • Tarik napas panjang dan dalam
  • Rasakan udara yang masuk lewat hidung Anda
  • Nikmati kondisi ini beberapa saat

Jika ada gangguan, misalnya batuk, buka mata Anda dan kemudian pejamkan lagi. Lanjutkan dengan menarik napas panjang sampai Anda menikmati kondisi alfa.

3. Lakukan self-talk

Setelah menikmati kondisi alfa beberapa saat, kini tiba saatnya Anda menyampaikan pesan kepada pikiran bawah sadar dengan berbicara kepada diri sendiri (self-talk). Ini bisa dengan pengucapan atau dalam hati saja.

Pesan yang disampaikan harus bersifat pribadi dan positif. Contohnya, keinginan Anda adalah menjadi blogger dengan penghasilan Rp 100 juta sebulan. Maka, pesan yang bisa Anda sampaikan adalah saya bisa menjadi blogger dengan penghasilan Rp 100 juta per bulan.

Saat melakukan self-talk ini, mungkin Anda akan berpikir keinginan itu sulit atau tidak mungkin: “Jangankan Rp 100 juta per bulan, Rp 10 juta per bulan saja sulitnya minta ampun”.

Hal ini wajar karena pesan yang Anda sampaikan tersebut disaring RAS. Meskipun demikian, teruslah menyampaikan keinginan Anda.

4. Bayangkan keadaan saat Anda meraih keinginan Anda

Setelah melakukan self-talk, bayangkan keadaan saat Anda meraih keinginan tersebut. Pada contoh di atas, bayangkan Anda mendapatkan Rp 100 juta setiap bulannya.

Imajinasikan hal-hal yang Anda lakukan dengan uang tersebut. Misalnya, membeli apartemen, jalan-jalan ke luar negeri, bersedekah, membangun mesjid, membeli mobil sport, membelikan mobil untuk orang tua, dan sebagainya.

Jangan malu atau ragu-ragu karena semua itu Anda yang tahu. Pokoknya, gambarkan dengan sejelas-jelasnya sehingga Anda benar-benar dapat melihat diri sendiri atau hidup yang benar-benar Anda inginkan di pikiran Anda.

5. Tambahkan perasaan positif saat keinginan Anda tercapai

Saat membayangkan, tambahkan perasaan atau suasana hati positif yang Anda miliki saat keinginan itu tercapai. Misalnya, Anda diliputi perasaan bahagia, senang, dan bersyukur. Ambil napas panjang dan dalam, nikmati perasaan positif itu.

6. Keluar dari kondisi otak alfa

Setelah membayangkan keinginan tercapai dan menikmati perasaan positifnya, kini saatnya Anda keluar dari kondisi gelombang otak alfa (mengakhiri pemrograman pikiran bawah sadar).

Untuk itu, hitunglah secara perlahan dari 5, 4, 3, 2, 1. Dalam setiap hitungan, tarik napas yang panjang dan dalam. Setelah hitungan 1, bukalah mata Anda.

Setelah membuka mata, Anda mungkin merasa janggal atau aneh. Atau, Anda juga merasa mengkhayal terlalu tinggi. Tidak masalah, itu hal normal. Yang penting, apa yang Anda inginkan sudah Anda sampaikan pada pikiran bawah sadar Anda.

7. Ulangi sesering mungkin

Pengulangan sangat penting. Oleh karena itu, semakin sering Anda memprogram pikiran bawah sadar, semakin mudah pula pesan (keinginan) Anda masuk ke dalam pikiran tersebut.

Jangan khawatir Anda tidak memiliki waktu karena pemrograman pikiran bawah sadar hanya perlu 10-20 menit. Contohnya, Anda melakukannya sebelum tidur.

Penutup

Pemrograman pikiran bawah sadar memicu pro dan kontra. Pihak yang pro menyatakan bahwa pemrograman pikiran bawah sadar sangat efektif. Pihak yang kontra menyatakan bahwa hal tersebut buang-buang waktu dan omong kosong.

Apa pun itu, jika Anda tertarik memprogram pikiran bawah sadar, cobalah tahap demi tahap yang saya jelaskan di atas. Selamat mencoba!

Loading...

Artikel Terkait