7 Pertanyaan untuk Membantu Anda Menemukan Passion

Ilustrasi menemukan passion

Passion (minat besar) adalah sesuatu yang sudah tertanam pada setiap manusia yang merupakan anugerah dari Sang Pencipta. Passion bukanlah angan-angan, keinginan, impian, atau ambisi, namun passion bermula dari kesadaran, bukan pemikiran.

Passion dapat dikatakan sebagai jejak dari tujuan hidup. Sering pula orang mengatakannya sebagai panggilan hati, karena memang saat menjalani passionnya, seseorang akan lebih hidup dan memiliki performa yang sangat baik.

Walau penting, banyak orang yang tidak mengenali atau mengetahui passion-nya. Ujung-ujungnya, mereka merasa “tersesat”, sulit menentukan pilihan hidup, atau lelah menjalani pekerjaan karena terpaksa. 

Apakah Anda seperti mereka? Jika ya, jangan bersedih. Berikut 7 pertanyaan untuk membantu Anda menemukan passion.

1. Hal Apa yang Membuat Anda Merasa Bersinar Ketika Melakukannya?

Tanyakan kepada diri Anda sendiri, bukan hanya apa yang dapat menggerakkan Anda, namun juga yang membuat Anda merasa bersinar saat berhasil melakukannya.

Suatu ketika Jacqueline Novogratz, pendiri The Acumen Fund yang bergerak di bidang sosial, pernah menjelaskan tentang passion menurut para warga kurang mampu di Bombay, India.

Loading...

Seorang yang diwawancarainya mengatakan bahwa tidak ada hal yang indah di lingkungan sekitar tempat ia hidup. Perempuan tersebut terus bekerja keras sebagai tukang kebun. Namun, ketika musim semi datang, barulah hasil kerja kerasnya menumbuhkan bunga-bunga di taman, dan ia merasa dirinya cantik.

Novogratz kemudian menambahkan, penting sekali untuk berpikir saat-saat Anda merasa paling hidup, baik ketika menyelesaikan masalah, mendirikan sesuatu, atau berhubungan dengan orang lain.

2. Adakah Sesuatu yang Anda Sangat Percayai Namun Belum Banyak Orang Lain yang Setuju?

Pertanyaan ini diajukan oleh salah satu pendiri PayPal, Peter Thiel, yang kemudian banyak membantu orang menemukan 2 hal di dalam dirinya: apa yang Anda pedulikan dan apakah hal tersebut layak diperjuangkan karena keunikannya.

Thiel mengatakan bahwa pertanyaan ini cukup menantang karena bisa jadi cukup sulit bagi seseorang untuk menemukan ide atau keyakinan yang belum banyak dibagikan oleh orang lain. Originalitas ide memang menjadi sesuatu yang mahal saat ini.

Saat Anda berhasil menjawab pertanyaan ini, berarti Anda sudah menemukan passion di dalam diri Anda yang membuat Anda unik dan berbeda dari orang lain.

3. Apa ‘Kekuatan Super’ Anda?

Kombinasi dari karakter kuat Anda dan bakat yang Anda miliki bisa menjadi kunci untuk mengetahui passion yang Anda miliki.

Dalam film web berjudul ‘The Science of Character’ yang disutradarai oleh Tiffany Shlain, disebutkan bahwa jika Anda dapat menemukan kekuatan super karakter Anda dan terus berusaha membangunnya, maka hidup akan semakin bahagia dan sukses.

Setidaknya ada 34 bakat ‘kekuatan super’ masing-masing orang, seperti misalnya kemampuan analitis, kemampuan beradaptasi, komunikasi, fokus, disiplin, dan lain sebagainya yang dapat Anda temui melalui The Clifton StrengthsFinder.

Tentunya setelah lebih mengenal diri Anda sendiri, secara sadar Anda akan lebih mudah mengetahui passion yang Anda miliki.

4. Apa Hobi Anda di Usia 10 Tahun?

Terkadang melihat kembali masa lalu akan menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya sebelum Anda terpengaruh oleh orang lain yang terus menyarankan apa yang harus Anda pelajari dan Anda lakukan.

Anak 10 tahun sedang bermain

Jadi, tanyakan kembali dan ingat-ingat aktivitas apa yang paling Anda gemari ketika berusia 10 tahun. Seorang psikoterapi bernama Eric Maisel menyebutkan bahwa hal-hal yang disukai seseorang semasa kecilnya cenderung masih disukainya walaupun ia telah beranjak dewasa.

Cobalah untuk membuat data aktivitas menyenangkan sewaktu kecil, dan lihat realitanya pada saat ini. Anda mungkin pernah menyukai sesuatu yang sekarang sudah tidak ada lagi, atau sesuatu yang sama sekali tidak berhubungan dengan hidup Anda saat ini, namun Anda selalu bisa menemukan versi yang baru dari aktivitas tersebut.

5. Apa yang Ingin Anda Coba Saat Ini?

Salah satu cara terbaik untuk menemukan tujuan hidup dan passion adalah melalui serangkaian percobaan berdasarkan intuisi. Anda memerlukan curahan waktu, rencana, dan percobaan untuk menemukan jalan hidup paling ideal sebelum akhirnya dapat beraksi.

Passion bisa ditemukan lebih cepat dengan terus mempelajari buku-buku self-help, mencari nasihat dari berbagai ahli, hingga akhirnya Anda tercerahkan sendiri akan passion yang Anda miliki dan sangat percaya diri melangkah ke arah tersebut.

Sangat mungkin Anda terlebih dahulu harus menjalani serangkaian trial and errors, namun paling tidak dalam prosesnya And akan belajar praktik secara langsung dan mencicip realitas.

6. Apa yang Ingin Anda Capai 20-30 Tahun dari Sekarang?

Berbicara tentang passion, tentunya harus ada hasil yang Anda capai 20-30 tahun ke depan dengan jalan hidup yang Anda pilih. Maka tanyakan pada diri Anda hal apa saja yang ingin Anda capai saat sudah mapan nanti.

Dalam sebuah wawancara, CEO LinkedIn, Jeff Weiner, menjelaskan bahwa ia seringkali bertanya pada calon karyawan yang terlihat memiliki prospek baik dengan pertanyaan di atas. Namun, sangat sedikit yang sudah memiliki jawaban untuk hal tersebut.

Oleh karena itulah, ini merupakan kesempatan baik bagi Anda untuk menjawabnya terlebih dahulu. Hal-hal apa saja yang ingin Anda masukkan ke daftar mimpi dan pencapaian Anda ke depan?

Bukan hanya setahun ke depan seperti layaknya resolusi, namun lebih jauh Anda dituntut untuk menggali lebih dalam bagaimana hidup Anda dapat menjadi berarti. Ibaratnya, berpikir mulai dari jauh di depan, kemudian mundur dan menyadari apa passion Anda sesungguhnya.

7. Apa Satu Kalimat yang Menggambarkan Diri Anda?

Satu kalimat ini haruslah menjadi sebuah semboyan yang selalu berhasil menggambarkan diri Anda seutuhnya, siapa Anda dan apa yang sudah Anda kerjakan, dan diatas segalanya, apa yang ingin Anda raih.

Seorang anggota kongres, Clare Booth Luce, pernah mengekspresikan perhatiannya terhadap presiden John F. Kennedy pada masa pemerintahannya, bahwa sang presiden mungkin saja dalam bahaya karena ulahnya.

Luce mengatakan kepada presiden bahwa orang yang hebat adalah “a man with a sentence”, yang artinya seorang pemimpin hebat dengan visi yang kuat dan jelas dapat dirangkum pribadinya dalam satu kalima sederhana, seperti misalnya Abraham Lincoln: menjaga persatuan dan membebaskan para budak.

Kalimat tersebutlah kemudian yang akan dikatakan orang untuk mengenang Abraham Lincoln. Kalimatnya bisa jadi berbeda-beda, seperti misalnya: “dialah yang menemukan teknologi yang memudahkan semua orang”, atau “ia membesarkan keempat anaknya menjadi anak-anak yang sukses, bahagia,dan sehat”.

Apapun itu, setiap hal yang dilakukan dengan passion pasti akan semakin menunjukkan citra diri seseorang. Jadi pastikan Anda tahu ingin dikenal sebagai apa dan siapa.

Demikianlah 7 pertanyaan yang sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu untuk menemukan passion Anda. Jujurlah pada diri sendiri, karena passion adalah produk hati, bukan produk pikiran. Selamat menemukan passion Anda!

Loading...

Artikel Terkait