Pola Hidup Sehat: 6 Cara CERDIK Agar Sehat & Bugar Setiap Hari

Ilustrasi pola hidup sehat

Adakah di dunia ini yang tidak ingin hidup sehat? Rasanya hanya orang tidak waras saja yang tidak mau hidup sehat. Semua orang pasti ingin selalu sehat walafiat.

Sayangnya, keinginan itu ternyata banyak yang masih hanya sekadar slogan. Tidak didukung dengan kesadaran untuk menjaga hidup selalu sehat.

Buktinya, masih banyak orang yang tidak peduli dengan apa yang mereka konsumsi setiap hari. Menariknya, hal ini justru lebih banyak dilakukan oleh mereka yang notabene punya kemampuan finansial mencukupi untuk menjalankan pola hidup sehat.

Saat Anda mengabaikan gaya hidup sehat, maka Anda sejatinya sudah menggadaikan kesehatan Anda di masa depan. Karena itu, segera manfaatkan waktu yang ada saat ini dengan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

Di artikel ini, saya akan menunjukkan Anda cara CERDIK menjalani pola hidup sehat. Saya optimistis panduan ini akan membantu Anda sehat dan bugar setiap hari. Mari kita mulai dengan penyebab hidup tidak sehat terlebih dahulu.

Penyebab Pola Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat

Loading...

Ada banyak pola hidup tidak sehat yang sudah menjadi sebuah kebiasaan dan keseharian. Sehingga kita tidak menyadari bahwa kebiasaan tersebut sebenarnya bukan hal yang baik bagi kesehatan.

Apa saja kebiasaan yang menjadi penyebab pola hidup tidak sehat itu? Berikut beberapa di antaranya:

1. Merokok

Tidak ada satu pun nilai positif bagi kesehatan dari kebiasan merokok. Asap rokok tidak hanya meracuni perokok, tapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya.

Bahkan ancaman penyakit yang diterima oleh  mereka yang bukan perokok jauh lebih besar dibanding perokok itu sendiri.

Nikotin yang ada di dalam rokok pun sangat bersifat candu. Itulah kenapa, meski banyak perokok aktif yang tahu keburukan dari kebiasaannya itu kerap sulit untuk berhenti.

2. Minum Alkohol

Ketika kandungan alkohol di dalam tubuh sudah terlalu tinggi, kesadaran orang yang meminumnya pun akan berkurang.

Selain itu, meminum minuman beralkohol akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Seperti jantung, pembuluh darah, hati, dan ginjal.

3. Makan Gorengan Berlebihan

Gorengan yang dimaksud di sini tidak hanya cemilan yang banyak dijual di pinggir jalan, melainkan semua makanan yang digoreng.

Terutama karbohidrat yang digoreng, karena akan merangsang terbentuknya zat karsigonogenik bernama akrilamida yang dapat memicu kanker.

Tingkat ancamannya akan lebih besar jika Anda sering jajan gorengan di pinggir jalan. Karena tingkat higienis makanan tersebut sangat diragukan. Terlebih, penggunaan minyak goreng yang berkali-kali yang tidak bagus bagi tubuh.

4. Kurang Minum Air Putih

Rasanya sudah banyak himbauan untuk minum air putih 6-8 gelas/hari. Tapi tampaknya yang tidak menghiraukan juga tak kalah banyak.

Gaya hidup di perkotaan cenderung membuat orang untuk memilih minuman bersoda yang terasa menyegarkan, tapi punya akibat buruk jika berlebihan.

Ketika seseorang tidak membiasakan minum air putih maka otomatis dia sudah membahayakan ginjalnya.

Saya pernah melihat langsung akibat tidak terbiasa minum air putih pada seorang teman. Hingga akhirnya ginjalnya bermasalah dan harus meninggal di usia yang relatif muda.

Sekadar info, sebagian besar tubuh manusia adalah berupa cairan. Sehingga ketika tubuh manusia kekurangan cairan, otomatis akan memicu berbagai masalah di dalam tubuh.

5. Jarang Berolahraga

Orang yang jarang berolahraga karena kesibukan atau memang sudah menjadi gaya hidup akan lebih mudah diserang penyakit dibanding mereka yang hobi berolahraga.

Ketika tubuh jarang dilatih ototnya, maka otot pun akan menjadi kaku. Inilah yang kemudian membuat Anda pun menjadi malas karena badan terasa berat untuk digerakkan.

Semakin lama akan semakin terasa berat dan membuat tubuh pun menjadi kurang sehat. Pendeknya, malas berolahraga hanya akan menurunkan imunitas tubuh.

6. Stres

Tekanan pekerjaan atau masalah dalam hidup di masa modern ini memang berat. Ketika Anda tidak bisa mengatasinya, yang muncul adalah rasa stres.

Meski sebenarnya stres lebih merupakan gangguan psikis, tapi akibatnya akan langsung dirasakan oleh tubuh atau fisik.

Seseorang yang mengalami stres cenderung butuh pelampiasan. Dan umumnya yang menjadi pelampiasan adalah makanan. Karena makanan tidak akan protes meski menjadi bahan pelampiasan, bukan?

Parahnya lagi, makanan yang jadi pelampiasan umumnya mengandung lemak tinggi. Ujungnya sudah tentu kondisi tubuh akan memburuk karena terlalu banyak kandungan zat yang tidak bermanfaat di dalam tubuh.

Sebenarnya masih ada banyak penyebab pola hidup tidak sehat yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Kesulitan mengubahnya menjadi pola hidup sehat menjadi sulit.

Mengapa? Karena umumnya orang tidak menyadari bahwa yang mereka lakukan itu tidak sehat.

Jadi, mulai kenali kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang sering Anda lakukan sehingga bisa segera dilakukan pembenahan menuju pola hidup yang lebih sehat.

Cara CERDIK Menjalani Pola Hidup Sehat

Anda sudah mulai mengetahui sejumlah penyebab pola hidup tidak sehat. Kini saatnya untuk memulai perubahan yang bisa menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar.

Ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih sehat dengan cara CERDIK. Ini adalah akronim dari:

  • Cek kesehatan secara berkala
  • Enyahkan asap rokok
  • Rajin melakukan aktivitas fisik
  • Diet gizi seimbang
  • Istirahat yang cukup
  • Kelola stres

Mari kita bahas satu per satu.

1. Cek Kesehatan Secara Berkala

Cek kesehatan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itulah, sangat penting untuk melakukan cek kesehatan secara rutin. Terutama bagi Anda yang akan memasuki atau sudah melewati usia 40 tahun.

Mengapa harus melakukan cek kesehatan secara berkala? Dengan melakukan cek kesehatan, setidaknya Anda bisa mendeteksi secara dini gejala munculnya penyakit berat. Seperti kegagalan jantung, stroke, diabetes yang sulit terdeteksi jika tidak dilakukan pemeriksaan secara detail.

Karena itu lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setidaknya tiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Rumah sakit besar biasanya memiliki unit medical check up. Umumnya setiap rumah sakit akan membuat beberapa paket khusus medical check up. Harga paket bergantung dari berapa banyak proses pemeriksaan yang dilakukan.

Untuk pemeriksaan standar, harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 620 ribu hingga Rp 735 ribu.

Ini merupakan paket yang biasa dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon karyawan. Untuk paket yang lebih lengkap dan detail tentu harganya akan semakin mahal.

Apa yang Harus Diperiksa?

Berikut adalah bagian-bagian yang menjalani pemeriksaan saat melakukan medical check up:

a) Fisik – Memeriksa kondisi fisik badan, apakah ada bagian yang sudah berkurang fungsinya. Contohnya mengetes kondisi jari-jari tangan masih dalam kondisi normal atau tidak.

b) Tes Laboratorium – Ini merupakan tes standar untuk mengetahui kondisi kesehatan melalui tes darah, urin, dan faeces di laboratorium.

c) Foto Rontgen/chest x-ray – Mengetahui kondisi organ tubuh melalui foto x-ray, terutama meliputi paru-paru, hati, dan jantung.

d) Mata – Kondisi mata masih normal atau harus menggunakan kacamata karena sudah berkurang kemampuan melihat jauh.

e) Audiometry – Tes ini melihat fungsi telinga masih cukup normal atau ada masalah yang harus dilihat lebih dalam lagi.

Selain itu, masih ada lagi jenis pemeriksaan yang tidak bisa dipandang sepele, yaitu pemeriksaan gigi. Kesehatan gigi kerap dipandang sebelah mata. Padahal, kondisi gigi bisa berpengaruh terhadap kesehatan secara umum.

Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. Setiap melakukan pemeriksaan, biasanya akan dilakukan pembersihan karang gigi. Kalau memang ada gigi yang bolong bisa langsung ditambal.

Bagi Anda wanita yang berencana hamil sebaiknya juga melakukan pemeriksaan gigi. Tujuannya untuk menghindari pencemaran terhadap calon bayi Anda akibat kondisi gigi yang buruk.

2. Enyahkan Asap Rokok

Enyahkan rokok

“Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”. Para perokok pasti sudah hapal isi peringatan yang selalu ada dalam setiap bungkus rokok yang dibelinya.

Tapi entah kenapa, peringatan tersebut seolah dianggap hanya sebuah tulisan tanpa arti. Padahal bahaya merokok memang persis seperti yang tertera dalam peringatan di setiap bungkus rokok.

Organ yang paling pertama mengalami kerusakan sudah tentu adalah paru-paru. Minimal mengalami peradangan, sehingga membuat napas para perokok menjadi pendek.

Pada setiap embusan asap rokok terkandung lebih dari empat ribu bahan kimia berbahaya. Tiga di antaranya merupakan bahan yang paling berbahaya yaitu nikotin, tar, dan karbonmonoksida.

Selain itu, zat beracun yang terkandung dalam asap rokok bersifat genotoxic. Maksudnya, asap rokok akan menyebabkan kerusakan pada sel DNA dan memicu terjadinya mutasi sel yang tidak terkendali (kanker).

Jangan lupa, asap rokok tidak hanya memberi dampak buruk bagi yang merokok. Orang-orang di sekitarnya yang ikut menghirup asap rokok juga akan ikut terdampak.

Penyakit Akibat Merokok

Malahan dampak yang akan dirasakan oleh para perokok pasif ini lebih buruk daripada perokok aktif sendiri. Berikut daftar penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok:

  • Kerusakan paru-paru
  • Jantung koroner
  • Impotensi
  • Kanker mulut, kerongkongan, dan usus
  • Katarak
  • Asma
  • Gigi rusak
  • Gangguan kehamilan

Khusus gangguan pada kehamilan, menurut data WHO pada 2008 terdapat 45 % wanita yang merokok dan 27% di antaranya merupakan wanita hamil.

Padahal wanita hamil yang merokok berpotensi menyebabkan berat badan lahir kurang, keguguran, lahir prematur, dan gangguan perkembangan janin.

Pasalnya, seorang ibu hamil yang merokok akan membuat janin di dalam kandungannya kekurangan oksigen. Seorang ibu yang menghabiskan 10 batang sehari bisa membuat anaknya menderita asma dengan kadar 2 kali lebih tinggi.

Di sisi lain, untuk berhenti merokok juga bukan sebuah perkara mudah. Karena yang akan berusaha ditinggalkan mengandung unsur candu yang selalu membuat ketagihan. Membuat Anda seperti merasa ada yang ganjil ketika mulut tidak menghisap rokok.

Tidak sedikit para perokok yang berusaha berhenti dari kebiasaan buruknya itu. Tapi tidak sedikit pula yang gagal dan justru makin sulit melepaskan diri dari rokok.

Tips Berhenti Merokok

Bagi Anda yang punya keinginan kuat untuk berhenti merokok, Anda sudah punya modal utama yaitu dari niat tersebut. Selanjutnya bisa melakukan tips-tips di bawah ini agar niat Anda untuk lepas dari jeratan rokok bisa terwujud:

a) Kurangi bertemu sesama perokok – Ketika sedang berkumpul bersama teman-teman, kecenderungan untuk merokok akan sangat besar.

Apalagi dengan dalih perkawanan, Anda pun harus ikut merokok. Karena itu hindari bertemu sesama perokok untuk sementara, setidaknya sampai Anda sudah kuat menahan godaan.

b) Ganti dengan yang lain – Permen dan cemilan kerap menjadi alternatif pengganti ketika seseorang sedang ingin merokok. Lakukan hal ini secara konsisten sampai keinginan merokok luntur dari diri Anda.

c) Lakukan bertahap – Tidak ada yang bisa berhenti merokok secara tiba-tiba dan drastis. Jika biasanya bisa menghabiskan 1 bungkus/hari, kurangi kuantitasnya secara bertahap.

Tapi tetapkan batas waktu dalam beberapa minggu Anda sudah bisa mengurangi secara total kebiasaan merokok.

d) Denda – Bila dirasa masih kurang, cari teman yang juga berniat untuk berhenti merokok. Buat kesepakatan di antara kalian siapa yang diketahui merokok harus membayar denda.

Dendanya jangan tanggung-tanggung, 5 atau 10 juta rupiah untuk sekali merokok. Anda pasti akan berpikir berkali-kali jika nekat tetap merokok.

Jika Anda ingin mempunyai pola hidup sehat, mulai detik ini jauhi asap rokok. Karena rokok hanya membuat Anda menjadi tidak sehat. Dengan merokok Anda tidak hanya meracuni diri sendiri, tapi juga orang-orang yang ada di dekat Anda.

3. Rajin Melakukan Aktivitas Fisik

Rajin olahraga

Pengertian mudah dari aktivitas fisik adalah semua kegiatan yang melibatkan langsung fisik atau tubuh kita untuk bergerak dinamakan aktivitas fisik.

Salah satu aktivitas fisik adalah olahraga. Dari mulai olahraga ringan seperti berjalan kaki, joging, hingga melakukan pertandingan.

Pola hidup sehat adalah dengan rutin melakukan aktivitas fisik. Jangan melakukan aktivitas fisik ketika mau saja. Harus dilakukan secara konsisten.

Jika memang jarang melakukan aktivitas fisik, mulailah dengan hal yang ringan. Seperti push up sekali sehari, atau berjalan kaki selama 30 menit setiap hari.

Ketika badan sudah mulai terbiasa,bisa ditingkatkan menjadi joging selama 30 menit juga. Tingkatkan terus aktivitas fisik ini sesuai dengan kondisi kebugaran Anda.

Manfaat Aktivitas Fisik

Satu hal yang pasti Anda rasakan saat beraktivitas fisik adalah aliran darah yang lebih lancar. Karena saat melakukan  aktivitas fisik, jantung ikut terpacu memompa darah segar ke seluruh bagian tubuh.

Berikut manfaat lain dari aktivitas fisik:

a) Melatih paru-paru – Saat berjalan atau berlari, Anda akan butuh masukan oksigen lebih banyak dibanding hanya duduk saja di depan tivi.

Dengan demikian, paru-paru akan terlatih meningkatkan kapasitasnya menyerap oksigen lebih banyak.

b) Memperkuat jantung – Ketika asupan oksigen lebih banyak, jantung pun bakal memompa darah lebih sering untuk mendistribusikan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Otot Jantung bisa lebih lebih kuat karena terlatih secara teratur.

c) Mengatur tekanan darah – Melakukan olahraga adalah sebuah terapi yang baik untuk mengurangi stres.

Termasuk mengatur tekanan darah bisa berada dalam kondisi normal. Karena ada sejumlah hormon yang membuat Anda lebih tenang usai melakukan olahraga.

d) Menurunkan kadar gula darah – Olahraga juga bisa membantu Anda yang mengalami masalah kadar gula darah dalam tubuh.

Saat berolahraga gula darah yang berlebih akan diubah menjadi energi. Risiko mengalami diabetes bisa dikurangi.

e) Mengontrol berat badan – Saat berolahraga timbunan lemak dan kalori di dalam tubuh akan diubah menjadi energi. Semakin sering berolahraga, semakin kecil timbunan kalori dan lemak di dalam tubuh.

f) Mencegah kanker – Merutinkan berolahraga memang banyak memberi manfaat. Salah satunya adalah menghindarkan Anda dari terkena risiko kanker. Terutama kanker payudara, rahim, dan usus besar.

Jika motivasi Anda masih kurang untuk berolahraga, awali berolahraga secara bersama-sama. Bisa dengan teman atau sahabat. Bisa juga dengan anggota keluarga yang lain.

Ketika anda melakukan aktivitas fisik dengan perasaan senang, Anda pasti lebih bersemangat berolahraga meski hanya sendirian.

4. Diet Gizi Seimbang

Diet gizi seimbang

Jika ingin memiliki pola hidup sehat, Anda harus bisa mengatur asupan makanan. Jangan hanya makan  makanan yang Anda mau. Tapi makan makanan yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet gizi seimbang. Ada tiga prinsip utama yang harus Anda pahami saat melakukan diet gizi seimbang, yaitu:

  • Keragaman makanan
  • Aktivitas fisik yang rutin
  • Perilaku hidup bersih

Jika hanya melakukan satu atau dua prinsip saja, artinya Anda belum melakukan diet gizi seimbang. Ketiga prinsip itu harus dijalankan secara bersamaan. Jadi terapkan pola makan dengan makanan beragam dan didukung dengan gaya hidup aktif dan bersih.

Mengapa kita harus memerhatikan keseimbangan gizi di dalam tubuh?

Dengan melakukan diet gizi seimbang Anda akan memiliki hidup yang lebih sehat, aktif, dan produktif. Ujungnya, kualitas hidup Anda dan keturunan Anda akan menjadi lebih baik di masa depan.

Selain itu, dengan melakukan diet gizi seimbang Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit berat seperti stroke, jantung, kanker, diabetes, atau hipertensi. Penyakit- tersebut tidaklah menular tapi memberi ancaman kematian.

Kelebihan Diet Gizi Seimbang

Jangan tertukar antara 4 Sehat 5 Sempurna dengan Diet Gizi Seimbang (DGS). Dalam 4S 5S hanya disarankan mengonsumsi nasi dengan lauk pauk sayuran, daging, dan susu.

Tidak dijelaskan berapa jumlah yang harus dikonsumsi setiap hari. Tidak ada anjuran juga untuk melakukan aktivitas fisik.

Dalam DGS tidak hanya memerhatikan keanekaragaman makanan saja, tapi juga himbauan untuk melakukan aktivitas fisik dan kebiasaan hidup bersih. Selain itu ada saran jumlah makanan dalam sehari per kelompok makanan.

Biasanya panduan DGS digambarkan dalam bentuk piramida. Tapi bisa juga digunakan piring sebagai panduan yang kualitasnya sama dengan bentuk piramida.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat panduan DGS di bawah ini:

  • ½ piring diisi sayur dan buah-buahan, isi dengan jenis dan warna bervariasi.
  • ¼ piring diisi protein seperti ikan, ayam, dan kacang-kancangan. Jangan terlalu banyak daging olahan.
  • ¼ piring untuk biji-bijian utuh seperti gandum atau beras.
  • Konsumsi air putih, teh, dan kopi. Untuk susu cukup 1-2 kali per hari. Jus dibolehkan satu gelas per hari.

Itu merupakan panduan untuk sekali makan. Jadi pastikan pembagian piring tersebut selalu ada setiap kali Anda makan.

Dan jangan lupa dukung dengan aktivitas fisik yang rutin dan perilaku hidup bersih. Maka Anda sudah melakukan Diet Gizi Seimbang dan pola hidup sehat yang benar.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup

Anda merasakan mood yang kurang stabil? Bisa jadi itu disebabkan karena Anda kurang istirahat.

Melakukan istirahat yang cukup tidak hanya membuat badan lebih segar, tapi juga pikiran dan mood Anda akan lebih terkontrol.

Tidur merupakan bagian dari istirahat. Untuk orang dewasa, waktu tidurnya adalah antara 7-8 jam. Sementara bagi anak-anak jumlah jamnya bisa lebih banyak.

Anak usia sekolah setidaknya butuh tidur minimal 9 jam. Sementara balita harus tidur selama 13-14 jam sehari.

Istirahat merupakan pola hidup sehat yang harus dijaga. Karena dengan mempunyai istirahat yang cukup Anda akan memiliki hidup yang lebih berkualitas. Tubuh Anda akan lebih kuat dari serangan berbagai penyakit.

Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, tidur yang cukup juga akan membuat Anda punya ingatan yang lebih kuat. Karena saat kita tidur, otak akan memproses dan menggabungkan ingatan dari aktivitas sepanjang hari.

Orang yang kurang tidur tidak akan mengalami proses tersebut dan memorinya akan melemah.

Istirahat juga tidak semata hanya tidur saja. Ada banyak hal lain yang masuk kategori istirahat. Berikut beberapa contoh istirahat yang bisa Anda lakukan:

  • Tinggalkan gadget – Sepanjang hari mata Anda pasti cukup banyak tertuju pada gadget. Beristirahatlah dengan meninggalkan sementara gadget Anda. Lakukan aktivitas lain yang bisa melenturkan tangan dan badan Anda.
  • Bersosialisasi – Bertemu teman atau kerabat merupakan cara lain untuk beristirahat dari kesibukan. Ikatan sosial yang kuat secara tidak langsung akan memberi semangat untuk lebih produktif dalam bekerja.
  • Berlibur – Ini merupakan cara efektif untuk meredakan stres akibat tekanan pekerjaan. Berlibur bisa mengembalikan mood dan semangat bekerja. Jadi menabunglah agar Anda bisa punya berlibur demi kerja yang lebih produktif.

Kiat Mengatasi Insomnia

Di sisi lain, ada banyak orang yang justru kesulitan untuk bisa beristirahat di malam hari dengan cukup karena insomnia. Penderita insomnia di Indonesia sendiri mencapai 28 juta orang.

Apakah Anda juga mengalami insomnia? Jika ya, berkut beberapa tips yang bisa membantu Anda terlepas dari insomnia:

a) Konsumsi kafein maksimal hanya di siang hari – Minum kafein setelah sore hanya akan membuat mata Anda terjaga di malam hari.

b) Buat diri Anda senyaman mungkin – Dimulai dengan mandi sepulang beraktivitas. Kemudian atur kondisi kamar senyaman mungkin.

Hindari cahaya berlebih, karena hanya akan membuat mata Anda sulit terpejam. Atur posisi tidur yang nyaman, paling ideal adalah dengan miring ke sisi kanan.

c) Konsumsi cukup cairan sebelum tidur – Idealnya sekitar 1 jam sebelum Anda tidur minumlah segelas air putih. Air susu hangat bisa ditambahkan, karena ini akan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

d) Insomnia tidak lepas dari gaya hidup Anda – Jadi, perbaiki gaya hidup Anda menjadi lebih sehat sehingga hidup akan lebih berkualitas.

6. Kelola Stres

Kelola stres

Tidak ada manusia di dunia ini yang bebas dari stres. Meskipun dalam kadar yang berbeda-beda. Stres adalah hal yang wajar dalam kehidupan manusia.

Hal terpenting adalah Anda bisa mengelola stres sehingga bisa mendapatkan pola hidup sehat yang diidamkan.

Stres adalah sebuah kondisi di mana individu mengalami ketidaksesuaian antara kemampuan dengan tuntutan yang ada di lingkungannya.

Ketika muncul ketidaksesuaian tersebut orang cenderung akan merespons secara negatif. Karena itulah dibutuhkan kemampuan untuk mengelola stres dengan baik.

Tips Mengatasi Stres

Kita tidak bisa menghindari stres. Untuk itu tidak ada jalan lain kecuali Anda menghadapi stres. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres adalah:

a) Temui teman-teman terdekat – Anda bisa menceritakan masalah Anda kepada sahabat untuk meringankan tekanan yang  memicu stress.

Kalaupun tidak, berkumpul dengan teman-teman dekat yang memancing canda dan tawa akan membuat perasaan dan hati Anda lebih tenang dan rileks.

b) Atur dan kelola waktu secara efisien – Boleh jadi cara Anda alam mengelola waktu menjadi penyebab munculnya stres.

Mulailah mengelola stres dengan mengatur waktu secara lebih efisien. Dengan perencanaan yang matang, setiap kegiatan bisa berlangsung lancar dan tidak akan menghasilkan stres.

c) Jaga kebugaran tubuh – Berolahraga secara rutin sudah terbukti bisa mengurangi kadar stres seseorang. Ada banyak hormon positif yang muncul ketika Anda berolahraga. Dengan berolahraga, Anda bisa mengurangi tekanan stres.

d) Having fun – Menjalani aktivitas menyenangkan tidak harus pergi jauh. Bisa dilakukan di rumah atau lingkungan dekat Anda.

Kalau Anda hobi masak, buatlah masakan spesial untuk orang-orang terdekat Anda. Aktivitas menyenangkan ini akan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.

Penutup

Pola hidup sehat memang terlihat mudah diucapkan tapi akan sulit dilakukan. Kuncinya adalah Anda punya motivasi dan niat yang kuat untuk bisa mempunyai tubuh yang sehat dan bugar setiap hari.

Semoga cara CERDIK di atas memotivasi dan memperkuat niat Anda untuk menjalani pola hidup sehat mulai sekarang.

Loading...

Artikel Terkait