9 Kiat Agar Resolusi Tahun Baru Anda Tercapai

Mewujudukan resolusi tahun baru

Pergantian tahun membawa semangat baru untuk memperbaiki diri di masa depan. Tak heran, banyak orang yang memanfaatkan momen tersebut untuk membuat resolusi.

Sayangnya, mayoritas orang yang membuat resolusi tahun baru gagal meraihnya. Alasannya beragam mulai dari malas hingga tidak punya waktu melakukannya. Apakah Anda termasuk ketegori orang ini?

Jika ya, jangan menyerah. Berikut 9 kiat yang dapat Anda lakukan agar resolusi tahun baru sekarang tercapai.

1. Fokus Pada Satu Hal

Memikirkan banyak hal untuk diperbaiki memang baik, namun seringkali orang menjadi kewalahan dan di tengah jalan merasa tidak sanggup lagi mengejar resolusi. Jika pernah merasakan hal ini, cobalah bagi fokus Anda pada satu hal di suatu waktu.

Misalkan Anda ingin mencoba fokus menurunkan berat badan dan juga mendapatkan kenaikan jenjang karier. Pilih salah satu yang akan lebih Anda beratkan porsinya, kemudian lakukan semua hal yang dapat membantu Anda meraih resolusi tersebut.

Anda bisa juga membagi satu tahun menjadi beberapa bagian bulan untuk fokus ke suatu hal. Seperti contoh di atas, cobalah menurunkan berat badan di 6 bulan pertama, kemudian setelah Anda merasa lebih sehat dan bugar, Anda dapat lebih fokus mengejar resolusi kedua, yaitu medapat kenaikan jenjang karier.

Loading...

2. Rencanakan Cara Mencapai Resolusi

Ingin lebih banyak membaca buku, ingin lebih sukses, ingin menikah, dan lain sebagainya hanya akan sebatas keinginan jika Anda tidak merencanakan bagaimana cara mencapainya. Ingatlah bahwa gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal.

Setelah Anda berpikir mengenai apa-apa yang ingin Anda capai tahun ini, cobalah untuk berpikir lebih jauh bagaimana cara Anda mencapai hal tersebut. Tuliskan resolusi tahun baru Anda bersama dengan minimal 3 cara mencapainya di suatu kertas.

Misalnya, Anda ingin lebih banyak membaca buku. Cara mencapainya bisa seperti ini:

  • mengunjungi perpustakaan umum lebih sering
  • menyediakan 5-20 menit sehari untuk membaca
  • menyediakan anggaran untuk membeli buku yang Anda sukai

3. Antisipasi Hal yang Menghalangi Terwujudnya Resolusi

Selain merencanakan hal-hal yang perlu Anda lakukan, antisipasi pula hal-hal yang kira-kira akan membuat rencana Anda berantakan. Untuk mengantisipasinya, Anda tentunya perlu mengenal karakter diri Anda lebih jauh.

Jika Anda menginginkan untuk berhenti merokok misalnya, antisipasi dengan membawa pengganti rokok seperti permen atau makanan lainnya yang dapat Anda kunyah ketika mulai merasa ingin merokok.

Mengantisipasi hal-hal yang menghalangi terwujudnya resolusi sama pentingnya dengan merencanakan apa-apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan resolusi.

4. Tunjang dengan Aplikasi Smartphone

Di zaman teknologi yang sudah maju ini, Anda tentu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang ada di smartphone demi tercapainya resolusi.

Sebagai contoh, jika Anda ingin berolahraga lebih sering, unduhlah aplikasi yang dapat mencatat seberapa jauh Anda berlari (misalnya aplikasi Pedometer) sehingga nantinya Anda dapat mengevaluasi sudah seberapa jauh resolusi Anda berjalan.

Melihat hal-hal yang sudah dikerjakan lebih penting dibandingkan melihat seberapa lama lagi Anda harus melakukan sesuatu. Dengan melihat kembali bahwa Anda sudah berjalan cukup jauh, Anda akan merasa sayang jika harus berhenti di tengah jalan.

5. Jalankan dan Jangan Berhenti

Setelah mempersiapkan berbagai keinginan, rencana, antisipasi, dan fasilitas aplikasi, saatnya menjalankan resolusi untuk satu tahun ke depan. Berikan 100% energi Anda untuk diri yang lebih baik.

Anda dapat pula berkomitmen dengan membuat kartu-kartu yang akan disimpan di tempat yang sering Anda lihat. Kartu ini berisikan janji Anda pada diri sendiri, seperti ‘Saya akan lebih menghargai hidup tanpa asap rokok’ atau ‘Saya akan lebih tenang menghadapi tekanan pekerjaan’ dan lain sebagainya.

Bisa juga kartu tersebut berisi kata-kata motivasi misalnya kutipan dari tokoh dunia favorit Anda. Lihat kumpulan kata motivasi ini jika Anda belum punya atau ingin menambah kata-kata motivasi.

Simpan kartu ini di ruang tidur, cermin kamar mandi, dan tempat lainnya yang pasti Anda lihat setiap hari. Lama-kelamaan kata-kata ini akan tertanam dalam diri Anda dan membantu Anda lebih bersemangat lagi mewujudkan resolusi.

6. Ceritakan Pada Teman dan Keluarga

Salah satu kunci keberhasilan resolusi adalah dengan membaginya bersama dengan orang-orang terdekat Anda yang Anda temui hampir setiap hari, seperti teman kerja dan keluarga. Ceritakan dan berbagilah mengenai resolusi Anda di tahun sekarang.

Dengan begitu, Anda akan selalu memiliki orang-orang yang terus mengingatkan resolusi yang belum tercapai. Anda juga pastinya mendapatkan dukungan mereka atau dapat saling mendukung jika membuat sebuah resolusi yang sama.

Menceritakan resolusi mungkin membutuhkan keberanian lebih, namun hasilnya dukungan yang Anda terima pun akan lebih terasa.

7. Sedikit Namun Kian Lama Membukit

Anda akan melewati hari-hari yang sulit dengan berbagai alasan. Berolahraga di awal tahun dan di tengah tahun akan terasa berbeda dengan semakin meningkatnya kesibukan. Padahal, Anda sudah melakukan resolusi dengan cukup baik di awal bulan. Namun rasanya sulit untuk tetap melanjutkannya hingga akhir tahun.

Jika merasa seperti itu, mungkin hal ini dapat Anda coba, yaitu dengan menjadwalkan porsi yang lebih sedikit ketika situasi kurang begitu mendukung. Walaupun sedikit, namun karena Anda melakukannya dengan konsisten, niscaya resolusi pun hanya tinggal menunggu waktu untuk Anda raih.

8. Terimalah Kegagalan sebagai Proses

Pada suatu titik, walaupun Anda rasanya sudah melakukan semua hal agar resolusi terwujud, tetap saja ada satu dan lain hal yang menghambat Anda di tengah jalan. Namun jangan membenci diri Anda saat Anda tiba-tiba mulai kembali merokok atau berhenti berolahraga.

Terimalah bahwa Anda memang sedang berproses, dan lihat kembali seberapa lama Anda sudah tidak merokok, atau seberapa banyak Anda sudah menggerakkan tubuh di pertengahan periode.

Kemudian niatkan kembali dalam diri Anda dan lakukan upaya lebih dari sebelumnya. Ingat, manusia yang terus berusahalah yang lebih mulia hidupnya. Coba lagi dan lagi, hingga suatu saat Anda akan tersenyum bangga melihat resolusi tahun baru Anda tercapai.

9. Beri Hadiah untuk Keberhasilan

Jika kemudian Anda telah berhasil mencapai suatu resolusi, jangan lupa membahagiakan diri sendiri dengan menentukan hadiah atas keberhasilan Anda. Hadiah adalah salah satu cara untuk menjaga Anda tetap berusaha memerjuangkan resolusi di hari-hari sulit.

Hadiah dapat berbentuk apa saja, seperti misalnya mentraktir diri sendiri dengan makanan kesukaan, merawat tubuh di salon favorit, atau berjalan-jalan ke tempat yang Anda sukai. Ingatlah bahwa Anda berhak untuk itu karena telah bersusah payah mendisiplinkan diri untuk mencapai resolusi.

Resolusi tahun baru adalah sesuatu yang bagus namun tidak gampang dilaksanakan atau diwujudkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba 9 kiat di atas agar resolusi tahun baru Anda tercapai. Selamat mencoba!

Loading...

Artikel Terkait